Samsung Galaxy Watch Active 2 Vs Apple Watch 4, Mana yang Lebih Cerdas?

Teknologi electrocardiogram (ECG) pada sebuah smartwatch baru dimiliki oleh kedua produk saja sampai saat ini. Samsung Galaxy Watch Active 2 dan Apple Watch 4 menjadi kedua produk tersebut. Dua perangkat ini juga memiliki beragam fitur cerdas yang bisa digunakan saat berolahraga, tapi sebenarnya keduanya jauh dari kesan identik.

Lalu apa saja perbedaan di antara dua smartwatch ini? Mari kita bedah lebih dalam bersama-sama.

Sistem operasi dan prosesor

Via cdn.pocket-lint.com

Mari kita mulai dari yang jelas-jelas membedakannya. Dua perangkat ini memiliki sistem operasi yang berbeda. Samsung Galaxy Watch Active 2 berjalan di sistem operasi Tizen, sedangkan Apple Watch 4 mengandalkan watchOS. Penggunaan watchOS ini memiliki sedikit keterbatasan karena sistem operasi ini hanya cocok dengan sistem operasi yang berbasis Apple saja. Sementara itu, Tizen bisa digunakan oleh keduanya, baik Android ataupun iOS.

Via iytimg.com

Selain perbedaan sistem operasi, kedua smartwatch ini juga menggunakan asisten AI yang berbeda, Siri pada Apple Watch 4 dan Watch Active 2 mengandalkan Bixby. Dari fitur ini, Siri lebih unggul dari segi keluwesan, tapi Bixby pun tetap mengembangkan fungsinya agar lebih baik.

Watch Active 2 memiliki prosesor dual-core Exynos 9110, kapasitas penyimpanan 4GB dan RAM mulai dari 768MB sampai 1.5GB. Sementara Apple Watch 4 mengandalkan chipset dual-core Apple S4, kapasitas sebesar 16GB, dan tidak memiliki RAM.

APPLE WATCH 4 MEMILIKI VARIAN WARNA GOLD YANG SANGAT CANTIK, LIHAT BARANGNYA DI SINI

Tampilan desain dan layar

Via peopledotcom

Secara umum, Watch Active 2 memiliki desain yang sama dengan Samsung Galaxy Watch Active. Layarnya melingkar dengan dua tombol di sisi kanannya dari bingkainya. Smartwatch ini hadir dengan dua variasi ukuran, 44 mm (layar 1.4 inci) dan 40 mm (layar 1.2 inci).

Apple masih menggunakan desain tradisional mereka untuk smartwatch, yaitu bentuk yang agak mengotak. Ukurannya juga memiliki dua variasi, 40 mm dan 44 mm yang dilengkapi dengan bodi alumunium atau stainless steel.

Via cnet1.cbsistatic.com

Untuk kualitas layarnya, Watch Active 2 memiliki resolusi layar sebesar 360×360 dan 324×394 (untuk model 40mm), sedangkan Apple Watch 4 memiliki resolusi 368×448 untuk model ukuran 44mm. Kedua smartwatch ini sama-sama memiliki fitur tahan air sedalam 50 meter.

CEK DI SINI UNTUK MEMBELI SAMSUNG GALAXY WATCH ACTIVE

Fitur unggulan dan kemampuan fitness tracker

Via stuff.tv

Seperti yang telah disebutkan di awal, kedua smartwatch ini memiliki teknologi terkini yang diterapkan pada sebuah smartwatch. Teknologi tersebut adalah ECG (electrocardiogram), sebuah fitur yang mengukur ritem dan aktivitas jantung dan menampilkan data-data yang biasa terdapat pada atrial fibriliation (aktivitas denyut jantung). Fitur ini belum digunakan oleh wearable lainnya selain Apple Watch 4 dan Watch Active 2.

Untuk fitur navigasi, Samsung tetap mengandalkan sistem digital rotating bezel-nya yang telah digunakan pada perangkat-perangkat smartwatch yang terdahulu. Fitur ini memang menjadi idola bagi para pengguna smartwatch Samsung sebelumnya karena melakukan navigasinya sangat mudah dan bisa meminimalisir kejadian “salah pencet.”

CEK SAMSUNG AFC 25W DUO PAD WIRELESS CHARGER UNTUK MENGISI DAYA SAMSUNG GALAXY WATCH ACTIVE DI SINI

Via mondrian.mashable.com

Sementara itu sistem navigasi di Apple Watch 4 mengandalkan digital crown di sisi kanan layar. Cara kerjanya pun kurang lebih sama, pengguna tinggal memutar kenop ini untuk memilih menu apa yang ingin ditampilkan.

Kedua smartwatch ini sama-sama memiliki pemantau detak jantung, NFC, GPS, dan fitur kebugaran lainnya yang cukup lengkap. Selain itu, untuk konektivitas keduanya dibekali jaringan LTE sehingga masih tetap berfungsi jika pengguna berada cukup jauh dari smartphone-nya.

LIHAT KOLEKSI APPLE WATCH 4 NIKE+ DI SINI

Kedua smartwatch ini memang bisa dibilang kategori flagship di pasar smartwatch. Perbedaan harga mungkin terasa cukup signifikan di sini. Samsung membanderol Galaxy Watch Active 2 mulai dari Rp4 jutaan, sedangkan Apple Watch 4 memiliki harga mulai dari Rp6 jutaan. Sekarang pilihannya ada di kamu sebagai pengguna, smartwatch mana yang terasa lebih nyaman digunakan untuk mendukung aktivitas sehari-hari kamu?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY