Kamera manakah yang menjadi favorit kamu? Kamera pada smartphone, compact camera (kamera saku), atau kamera DSLR? Mungkin, sebagian besar dari kamu lebih suka dengan kamera smartphone atau compact camera karena selain faktor harga, kedua kamera tersebut juga lebih ringan, dan fleksibel untuk dibawa kemana-mana.

Tapi, jika kamu memiliki hobi menjepret atau sangat suka dengan fotografi, DSLR adalah kamera wajib. Apa sih kelebihan kamera DSLR ini dan kenapa kamu sebaiknya meninggalkan kamera smartphone dan compact camera. Ayo simak dulu 7 hal berikut ini!

1. Menangkap gambar dengan cepat (tanpa shutter lag)

menangkap gambar Via Borisgodin

Dibandingkan dengan kamera lainnya, kamu bisa menangkap gambar paling cepat dengan menggunakan kamera DSLR. Dengan kamera DSLR, kamu juga akan mengalami shutter lag atau jeda di antara setiap pengambilan gambar yang sangat minim atau bahkan tidak ada.

Kamu pasti menggunakan kamera untuk menangkap dan menyimpan momen-momen berharga, kan? Bayangkan kalau di saat momen langka tersebut muncul, smartphone kamu malah lemot saat menyalakan kamera, atau compact camera kamu kurang cepat menangkap gambar sehingga hasilnya blur, pasti kesel, dong?

2. Menangkap gambar lebih baik saat minim cahayaminum cahaya

Via Belfot

Kalau kamu coba mengambil gambar di malam hari atau di tempat yang gelap dengan smartphone atau compact camera, kamu akan kesulitan mendapat hasil yang bagus. Kamu akan sulit fokus ke objek dan hasilnya juga menjadi blur. Namun, dengan DSLR, kualitas penangkapan gambar ketika minim cahaya akan jauh lebih unggul dibanding kamera lainnya.

Meski sudah menyalakan flash, kamera smartphone dan compact camera tetap akan kalah bila diadu dengan flash eksternal DSLR yang bisa disinkronisasi dari jarak jauh.

3. Sensor gambar yang besarsensor gambar

 Via AllWallpaper

 Sensor pada DSLR berukuran lebih besar dibandingkan pada smartphone maupun compact camera. Dengan sensor yang besar, maka cahaya yang masuk akan lebih banyak sehingga kualitas gambar yang ditangkap juga lebih bagus.

Semakin besar sensor yang ada pada kamera, maka akan menciptakan piksel yang lebih besar dan noise yang lebih kecil di hasil pemotretan.


BACA JUGA 5 Teknik Sederhana DSLR Yang Membuatmu Terlihat Profesional


4. Lensa dapat digonta-gantilensa gambar Mungkin awalnya akan terdengar repot karena kamu perlu membawa banyak lensa kemana-mana. Tapi, untuk kamu yang cinta fotografi, sebaiknya mulai mempelajari jenis lensa beserta fungsinya. Kamu menjadi tahu lensa mana yang perlu dibawa ketika berburu foto-foto tertentu.

Justru dengan menggunakan lensa yang berbeda-beda ini akan memberikan kualitas foto yang memuaskan. Masing-masing lensa akan berfungsi baik di momen-momen tertentu. Misalnya, lensa wide angle untuk mengambil gambar pemandangan yang luas.

5. Kemampuan zoom-in yang lebih baik dan cepatzoomin

Via Youtube

Mungkin smartphone atau compact camera kamu juga bisa melakukan zoom-in dengan cepat. Namun, jika dibandingkan dengan kamera DSLR, kamu juga bisa mengambil fokus objek foto dengan cepat setelah melakukan zoom-in.

Selain itu, ada juga lensa telephoto yang bisa dipasang pada DSLR untuk mendapatkan gambar zoom-in yang jelas dan tajam. Tidak seperti hasil potret kamera smartphone yang cenderung pecah bila di zoom-in.

6. Bebas bereksperimen dengan kontrol manualkontrol manual

 

Via ClippingPathService

Dengan kamera DSLR, kamu bisa mengotak-atik setting kamera untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, seperti pengaturan ISO, white balance, pencahayaan, fokus, dan masih banyak lagi. Contohnya, di saat mengambil gambar yang terlalu dekat atau terlalu minim cahaya, seringkali kamera smartphone dan compact camera gagal melakukan auto-focus. Di situlah kontrol manual beraksi.

Walaupun terkesan repot, fotografer yang ahli justru mampu memaksimalkan kreativitasnya dengan pengaturan manual. Hasil-hasil jepretannya juga menjadi lebih orisinil, jauh lebih mengesankan dibanding setting-an otomatis.

7. Gambar dalam bentuk RAWRAW

Via The Geeks Club

Jika hasil foto dari smartphone atau compact camera akan tersimpan dalam bentuk file JPEG, DSLR akan menyimpan foto dalam bentuk RAW.

Berbeda dengan JPEG, format RAW akan menghasilkan gambar dengan kualitas yang tetap tinggi walaupun sudah di-edit. Kualitas gambar akan tetap terjaga sehingga tidak pecah. Keren banget ya?

 

Gimana guys? Kamera DSLR keren banget, kan? Wajar kalau kamu langsung jatuh hati dan ingin berpindah ke DSLR. Jika kamu sedang mencari DSLR terbaik dengan harga lebih hemat, kamu bisa temukan di Blibli.com!

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY