me

Rekomendasi Rute Road Trip Jakarta Bali

Mar 31, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

image source: www.pexels.com

Bepergian pake kendaraan pribadi emang lebih enak. Selain santai dan fleksibel, kamu juga lebih bebas menentukan rute perjalananmu sendiri termasuk ketika road trip dari Jakarta ke Bali. Jarak Jakarta – Bali yang tembus 900 kilometer lebih emang bikin kamu capek fisik sehingga disarankan supaya kamu nyetir bergantian dengan teman seperjalanan.

Untungnya sekarang ada tol Trans Jawa yang memangkas waktu perjalanan yang panjang ini. Kalo biasanya dari Jakarta ke Bali butuh waktu lebih dari 40 jam, sekarang cukup 20an jam kamu udah bisa sampai di Pulau Dewata dengan aman sentosa. Kira-kira rute mana yang bisa kamu ambil biar lebih cepat sampai ke tujuan? Yuk, simak informasinya berikut ini.

Baca juga: Road Trip Jakarta Jogja, Serunya Jalan Jalan di Jawa Tengah


Cara Menentukan Rute Road Trip

bali
image source: www.pinterest.com

Sebelum masuk ke rekomendasi rute dari Jakarta ke Bali, ada baiknya kamu tau gimana caranya nentuin rute road trip tersebut. Tujuannya adalah agar kamu bisa menemukan jalur terbaik dari titik keberangkatan ke tempat tujuan manapun yang nggak hanya cepat tapi juga bikin penumpang senang dan nyaman selama perjalanan.

Untuk menentukan rute perjalananmu, satu hal yang mesti kamu pertimbangkan adalah siapa aja yang ada di dalam mobil. Kalau kamu bepergian sambil bawa anak-anak ada baiknya untuk membagi rutemu jadi 2, misalnya Jakarta – Surabaya dan Surabaya – Bali. Hal ini bertujuan agar mereka nggak terlalu capek di perjalanan dan tetep bisa menikmati tour yang makan waktu lama ini.

Selain itu, pertimbangkan juga keberadaan jalan tol yang bisa memangkas waktu perjalanan bahkan sampai setengahnya. Walaupun mungkin kamu bosan dengan pemandangan jalan tol yang hanya lurus, mulus tanpa apapun yang bisa dilihat, opsi ini tetep yang terbaik agar bisa lebih cepet sampai ke tujuanmu.

Dan yang terakhir, pastiin kamu udah menentukan beberapa pemberhentian sebelumnya saat merancang rute perjalananmu. Jarak Jakarta – Bali yang jauh bikin pengemudi lelah dan ngantuk walaupun udah pakai sistem shift. Pemberhentian yang kamu rencanakan di titik tertentu saat road trip bisa bantu kamu nyari tempat buat istirahat sejenak sambil ngopi atau makan biar badan lebih fresh.

SIDOMUNCUL STMJ Minuman Energi Minuman Serbuk (1 Toples / 25 Sachet)

Rekomendasi Rute Road Trip Jakarta – Bali

rute road trip jakarta bali
image source: www.unsplash.com

Kamu yang memulai perjalananmu dari daerah Jakarta atau Jabodetabek punya seenggaknya dua pilihan rute road trip yang bisa dicoba. Dua-duanya sama-sama efisien, efektif dan cepat karena memakan waktu sekitar 20 sampai 26 jam aja untuk sampai ke Bali. Yang paling penting adalah kamu musti nyiapin saldo e-toll yang banyak karena perjalanan panjang ini perlu biaya tol kurang lebih 700 ribu.

Nah, kalo kamu berangkat dari Jakarta, Blibli Friends, kamu bisa melaju ke arah Tol Dalam Kota dan ke Tol Layang Baru yang ada di Tol Jakarta – Cikampek. Begitu nyampe sini kamu tinggal ngikutin arah ke Tol Trans Jawa sepanjang sekitar 900 kilometer sampai keluar di Tol Probolinggo, Jawa timur. Dari sini kamu bisa ambil Jalur Pantura untuk sampai di Pelabuhan Ketapang lalu nyebrang deh ke Pulau Bali.

Sedangkan rute yang kedua adalah dari Tangerang. Sebagai awal, kamu bisa masuk ke Tol Jakarta – Merak lewat pintu tol Karawaci, Tangerang. Setelah itu, masuk ke Tol Dalam Kota, Tol Jakarta Cikampek lalu Tol Trans Jawa. Sampai sini kamu tinggal ngikutin jalur aja hingga keluar di Tol Probolinggo. Ambil Jalur Pantura buat sampai di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi dan tinggal nyebrang selat aja, deh.

Walaupun perjalanannya memakan waktu 50% lebih cepat daripada jalur biasa non-tol, tetep aja kamu bakalan capek dan butuh istirahat sebentar. Kamu bisa stop sesaat di rest area yang ada di tiap jalur tol misalnya aja ketika udah sampai di Salatiga atau sekalian di Surabaya karena Jakarta – Surabaya udah ngelewatin separuh perjalanan.

Tips Cegah Tersesat Saat Road Trip Jakarta – Bali

rute road trip jakarta bali
image source: www.unsplash.com

Kamu yang udah pernah melakukan perjalanan Jakarta – Bali dengan kendaraan pribadi nggak akan mengalami kendala berarti ketika menempuh jalur ini lagi karena sebenernya nggak sulit atau membingungkan. Apalagi kamu lewat jalan tol yang mulus, tinggal lurus aja mengikuti rute. Saat ngerasa capekpun kamu bisa langsung rehat sejenak di berbagai titik istirahat yang ada di sepanjang perjalanan.

Masalahnya adalah kalo kamu adalah “petualang” baru, perjalanan yang panjang ini kadang bikin bingung kalo dibayangin. Gimana nggak bingung, pintu masuk dan keluar tol kan ada banyak. Kalo salah ambil jalur bisa-bisa kamu gagal nyampe di Pulau Dewata dan malah tiba di tempat lain yang di luar rencana. Nggak hanya buang tenaga dan waktu, tapi juga buang duit buat bensin dan lain-lain.

Sedikit tips buat para pemula, sebelum berangkat ada baiknya kamu cari dulu informasi lengkap rute Jakarta – Bali dengan aplikasi peta atau apapun yang ngasih detail terkecil dari perjalananmu. Selain itu, pastikan kamu punya cukup paket data selama perjalanan just in case kamu perlu memeriksa rutemu dengan Google Map dan Navigation biar nggak nyasar kemana-mana.

Atau, biar lebih mantep lagi nggak ada salahnya ngajakin temen atau kenalanmu yang udah pernah ngelakuin trip seperti ini dengan tujuan yang sama biar kamu punya pemandu di sampingmu. Meskipun kamu bisa liat sendiri rutenya di map, tapi perasaanmu akan lebih yakin dan pede kalo ada orang yang lebih expert dan siap ditanyain saat kamu bingung nentuin arah.

Kartu Flazz Reguler Biru Berlogo Baru

Persiapan Menjelang Road Trip Jakarta – Bali

road trip jakarta bali
image source: www.unsplash.com

Sekarang kamu udah tahu nih, jalur mana aja yang bisa diambil kalo mau perjalanan dari Jakarta ke Bali. Sebelum mengeksekusi rencana ini, kamu wajib bikin sejumlah persiapan supaya perjalananmu lancar, aman dan menyenangkan, Blibli Friends. Persiapan ini meliputi kendaraan, logistik makanan dan juga pakaian.

Beberapa hari sebelum memulai road trip pastikan mobilmu dalam kondisi terbaiknya. Kalo nggak yakin, jangan ragu bawa mobilmu ke bengkel buat dicek segala sesuatunya mulai mesin sampai ban. Pengecekan ini penting banget mengingat perjalananmu bukan ke kota sebelah tapi lintas pulau yang berjarak 900 kilometer lebih. Pengecekan kendaraan ini bikin perjalananmu lebih aman dan nyaman.

Selanjutnya, pastikan kamu bawa perbekalan yang cukup. Emang kamu nggak mau piknik di dalam mobil tapi seenggaknya kamu nyiapin kotak es berisi mulai air putih, isotonik dan minuman lain yang kamu suka buat jaga tubuh dari dehidrasi. Bawa juga makanan karbo macem roti buat ganjel perut saat lapar dan malas buat masuk rest area. Kalo perlu, bawa obat-obatan pribadi buat jaga-jaga.

Dan yang terakhir adalah pakaian yang meliputi baju hangat seperti jaket atau sweater dan juga kaos ganti. Walaupun mobilmu full AC kadang keringat yang udah numpuk di baju bikin gatal dan nggak nyaman sehingga sempatkan ke toilet rest area buat ganti baju sebentar.

Ben & Bella Changing Chest Sweatshirt Sweater Pria - Navy


Baca juga: Rekomendasi Road Trip Jogja Bali

Semoga road trip Jakarta – Bali kamu lancar dan bikin happy, ya. Biar nggak ada yang kelupaan pastikan kamu udah belanja semua kebutuhan perjalananmu mulai makanan sampai minuman di Blibli yang lagi ngadain Promo Ramadhan. Bukan cuman harganya yang miring terus-terusan, kamu bahkan bisa dapetin gratis ongkir berkali-kali. Sayang banget sih kalo nggak dimanfaatin.

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya