Ingin Punya Hunian Yang Ramah Lingkungan? Yuk, Cari Tahu Di Sini!

Segala yang berbau ramah lingkungan kini memang sedang tren diperbincangkan, tak terkecuali untuk tempat tinggal. Konsep eco-house bahkan kini sudah mulai dilirik banyak orang saat membangun hunian.

Eco-house berarti mendesain rumah dari segala aspek baik luar maupun dalamnya yang dalam pembangunannya, penggunaannya, sampai perawatannya tak akan berdampak buruk bagi lingkungannya. Metode dari rumah ini adalah membuat rumah yang dapat menyimpan energi untuk membuat lingkungan jadi lebih asri, termasuk penggunaan material yang baik untuk lingkungan untuk menghemat biaya pengeluaran.

Tertarik untuk menerapkannya di rumahmu? Yuk, simak beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penerapannya agar hunian jadi semakin nyaman dan tetap memerhatikan keindahan estetika bangunan.

Menghemat Listrik

null
Via Pixabay

Sesuai dengan namanya, konsep eco-house atau rumah ramah lingkungan haruslah sesuatu yang berhubungan dengan atau dapat menjaga lingkungan. Kamu bisa menggunakan kebaikan alam, seperti menggunakan cahaya matahari sebagai penerang alami di siang hari atau udara yang menyejukkan untuk mengurangi penggunaan AC. Hal ini juga sangat berhubungan dengan meminimalkan penggunaan listrik berlebihan setiap harinya. Oleh karena itu, desain rumah ramah lingkungan didesain sedemikian rupa agar cahaya matahari dan udara dapat masuk dengan maksimal.

Pilihlah lampu yang terang namun tetap hemat energi dan juga awet. Seperti halnya lampu LED dan CFL yang lebih tahan lama daripada lampu pijar tradisional. Lampu tersebut dapat menghemat biaya di waktu yang lama dan cocok untuk eco-house. Selain lampu, pemilihan perangkat pendingin udara juga perlu kamu perhatikan. Kamu juga bisa memilih pendingin udara yang hemat listrik untuk memaksimalkan konsep eco-house di dalam rumah.

YUK, CARI PILIHAN AC INVERTER UNTUK MAKSIMALKAN FUNGSI ECO-HOUSE DI RUMAHMU. 

Mengurangi Polusi Udara

null
Via Pixabay

Polusi udara memang memiliki dampak buruk buat kesehatan kita yang dapat menyebabkan berbagai pernyakit seperti infeksi saluran pernapasan. Nah, salah satu keuntungan dalam mengusung konsep eco-house di rumah kamu adalah untuk menimimalkan polusi udara yang dapat menularkan penyakit.

Caranya, sediakan ruang terbuka untuk dijadikan taman yang hijau sehingga dapat polusi udara. Selain lingkungan rumah akan terasa lebih sehat, pemandangan pun akan dimanjakan dengan kesejukan yang menenangkan. Jika kamu gak memiliki lahan sisa untuk dijadikan taman, kamu tetap bisa menyiasatinya dengan menerapkan rooftop garden atau vertical garden dengan aneka tanaman hias di dalam rumah yang ditata di sebuah rak.

KAMU BISA PILIH BIBIT TANAMAN UNTUK MENGISI TAMAN AGAR TERLIHAT SEMAKIN CANTIK DI SINI!

Material Dengan Bahan Alami

null
Via Pixabay

Material menjadi salah satu pokok utama dalam mendesain eco-house. Pilihlah material yang berbahan alami seperti semen, batu bata, bambu, kayu, keramik, baja, dan sebagainya. Mendaur ulang material lama ataupun yang sudah tidak terpakai bisa menjadi salah satu cara untuk mendekor rumah. Untuk lantai, kamu bisa menggunakan granit, parkeet, keramik, bambu, marmer. Agar lebih ramah lingkungan, kamu juga bisa memakai kayu dan bambu untuk kamar tidur.

CEK PILIHAN LANTAI PARKEET YANG BISA KAMU GUNAKAN DI RUMAH DI SINI

Perhatikan Layout Rumah

null
Via Freepik

Saat akan membangun atau melakukan renovasi untuk fungsi ruang di rumah, sebaiknya benar-benar memerhatikan layout denah rumah. Hal ini akan menentukan jumlah ruangan dalam rumah juga fungsinya. Fungsi ruang tentunya akan mempengaruhi perletakkannya di dalam rumah, seperti menentukan ruangan mana yang lebih banyak membutuhkan pencahayaan dan sirkulasi udara alami. Sehingga ruangan akan termanfaatkan dengan baik.

Selain itu, ada baiknya untuk ciptakan ruangan yang terbuka di dalam rumah. Tujuannya selain menekan biaya konstruksi, juga akan meningkatkan pemasukan cahaya dan udara ke rumah. Dalam tataan yang minim partisi, penataan furniture pun juga lebih mudah.

PILIHAN FURNITURE DARI BAHAN KAYU INI AKAN MENYEMPURNAKAN KONSEP ECO-HOUSE DI RUMAH. 

Well, nyatanya nggak sulit, kan, untuk mulai menerapkan konsep eco living pada rumahmu? Nah, untuk memenuhi segala kebutuhan dalam memaksimalkan konsep eco-house di rumahmu, Blibli.com hadir dengan pilihan yang lengkap dan pastinya penuh dengan penawaran yang akan memanjakan kamu. Yuk, scrolling sekarang juga!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY