Menyulap Botol Bekas Jadi Barang Baru, Ini Kisahnya Robries

robries

Mengolah sampah memang bukan perkara mudah. Apalagi, kalau sampai menumpuk jadi gunungan di pojok ruangan. Sebenarnya, bisa sih kalau kamu mau mengurangi produksi sampah dengan menerapkan sustainable living sebagai gaya hidup. Tetapi, sudah berniat melakukannya sekalipun masih ada kendala yang menghadang. Misalnya, tiba-tiba lupa membawa tumbler atau rasa malas yang menjalar ke sekujur tubuh dan membuat kamu lebih memilih minuman kemasan sekali buang.

Padahal, sampah botol tersebut sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Nggak bisa lagi mendiamkan botol bekas menumpuk di depan kamar kos, teman-teman dari Robries menyulapnya jadi barang baru dengan nilai jual tinggi. Sukses menerapkan reduce reuse recycle, Robries berhasil menjadi finalis Top 20 Blibli Big Start Indonesia Season 4, lho. Buat tahu cerita lengkapnya, yuk simak di bawah ini!

SUDAH BACA CERITA FINALIS JAGOANMU DI BBS INDONESIA SEASON 4?

Berawal dari botol plastik yang menumpuk

robries

Terkenal dengan hawa panasnya yang super, Surabaya sukses membuat Nia lebih rajin mengonsumsi minuman. “Iya, jadi sering beli minuman kemasan yang dingin. Setiap pulang kuliah pasti beli,” ucapnya sambil tersenyum. Karena nggak kepikiran membawa tumbler, botol bekas minuman kemasan yang dibelinya setiap hari lama-lama mulai menumpuk. Terus, gara-gara kamar kosnya ada di lantai 2, Nia yang malas mengangkat galon lebih memilih air mineral dalam kemasan botol.

Nggak langsung dibuang, botol bekas minuman tersebut awalnya berniat dijual ke tukang loak. Tetapi, karena sibuk kuliah, tumpukan botol bekas di depan kamarnya tau-tau sudah menggunung setelah didiamkan selama seminggu. Nggak rela kosnya jadi mirip tempat pembuangan sampah, Nia dan teman-temannya mulai mencari cara mengolah botol bekas tersebut.

Berbekal ilmu desain produk yang menjadi jurusan kuliahnya, pemilik nama lengkap Syukriatun Ni’Amah mulai iseng bereksperimen. Awalnya, botol bekas tersebut dipotong-potong, dikukus, disetrika, bahkan digoreng. Begitu melihat iklan kacang panggang di TV, Nia dan teman-teman mulai mencoba memanggang botol bekas ke dalam oven. Nggak disangka, botol bekas tersebut meleleh sebelum akhirnya mengkristal seperti kaca. Waktu coba dicampur dengan resin, hasilnya justru mirip dengan bongkahan batu. Menarik banget!

PENASARAN DENGAN PRODUK-PRODUK ROBRIES? YUK, INTIP DI SINI!

Barang-barang unik dari Robries

robries

Walau menuai pro kontra dari netizen karena memakai campuran resin, Nia dan teman-teman Robries tetap maju pantang mundur. Setelah membuat mesin cacah sendiri, Nia lebih aktif mengolah botol bekas menjadi barang baru. Bukan sulap bukan sihir, di tangan Nia dan teman-temannya, botol bekas berubah menjadi gulungan headset, luggage tag, jam dinding, poster, kursi, meja, juga furnitur dan perabotan lainnya.

Dijual via online, produk yang dilirik bukan cuma barang-barang unik di atas. Nggak jarang, ada pelanggan yang membelinya dalam bentuk material lembaran untuk kemudian diolah kembali sesuai selera. Kece banget, produk-produk Robries nggak cuma laku di Indonesia. Nia mengaku sudah beberapa kali mengirim produknya ke negara-negara di benua Eropa. “Soalnya di sana kan aware banget sama lingkungan,” jawabnya singkat.

SIAPA YA FINALIS BBS INDONESIA SEASON 4 YANG BERHASIL SAMPAI DI GRAND FINAL?

Berani ikutan Blibli Big Start Indonesia Season 4

robries

Berawal dari iseng, sekarang malah jadi senang. “Ya, awalnya sih lihat infonya di sosmed, terus lihat lagi di TV,” ungkap Nia sambil tersenyum. Nggak menyia-nyiakan kesempatan yang ada, perempuan berumur 25 tahun ini memutuskan untuk mengikuti Blibli Big Start Indonesia Season 4. Di kompetisi ini, Nia punya keinginan besar untuk belajar banyak hal. Kalau nantinya menang, Nia sudah berencana buat mengembangkan Robries.

Mulai dari menambah SDM, sampai explore beberapa material yang belum sempat disentuh. “Setelah kenalan sama plastik, ternyata mereka banyak banget jenisnya,” ujarnya bersemangat. Nggak pelit ilmu, Nia juga memberi edukasi singkat selama sesi wawancara seputar jenis-jenis botol yang sering ditemui.

PENASARAN DENGAN PRODUK DARI FINALIS BBS INDONESIA SEASON 4 LAINNYA?


Setelah berbincang-bincang dengan Syukriatun Ni’Amah, makin penasaran nggak sih dengan cerita finalis lainnya? Yuk, cari tau di Blibli Big Start Season 4 di sini!

JANGAN SAMPAI KETINGGALAN INFO TERBARU BLIBLI BIG START SEASON 4 DI SINI!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY