Rekomendasi Road Trip Jogja Bali

Mar 31, 2022.By
Bagikan
Foto: Sumber Image

Jogja dan Bali, kedua daerah ini menjadi destinasi wisata populer yang banyak dikunjungi turis setiap tahunnya. Kamu yang punya waktu luang dan pengen berpetualang bisa banget mencoba road trip Jogja Bali yang pastinya bakal seru dan menyenangkan. Gimana nggak seneng, sepanjang perjalanan kamu bisa menikmati kearifan lokal dari masing-masing kota yang disinggahi plus berwisata kuliner.

Ditambah lagi, di kota tersebut juga pasti ada destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi kalo ada waktu dan nggak melenceng dari jadwal yang udah kamu bikin sebelum berangkat. Dari sini aja udah kebayang asyiknya kan, Blibli Friends? Makanya, yuk siapkan dirimu buat merasakan perjalanan panjang yang bikin liburanmu berkesan.

Baca juga: Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Bagai di Khayangan


Tips Road Trip Jogja Bali

Pertama, cek kendaraanmu apakah dalam kondisi baik sebelum berangkat. Ini penting dan vital banget dilakukan karena berhubungan sama keselamatan kamu dan pengguna jalan yang lain. Kalau udah direncanain mau road trip Jogja – Bali dengan rute yang panjang ada baiknya kamu ke bengkel dari jauh-jauh hari biar pemeriksaan kendaraan bisa lebih teliti dan detail.

Kedua adalah bikin itinerary selama perjalanan sesuai dengan waktu yang kamu punya, bujet dan juga destinasi yang ingin dikunjungi. Jangan lupa memasukkan bermalam di kota tertentu ke dalam jadwal kegiatanmu karena nggak mungkin kamu gaspol terus tanpa tidur di malam hari. Makanya, ada baiknya kamu juga mulai cari-cari hotel atau penginapan yang sesuai bujet sebelum berangkat

Ketiga, siapkan kesehatanmu. Ini persiapan yang nggak kalah vital karena kalo kamu sampe sakit di tengah perjalanan pasti bakalan ribet dan paling buruk, rencanamu gagal total. Jaga makan, banyakin istirahat dan jangan lupa minum vitamin supaya saat tur nanti badanmu segar dan bugar. Perjalanan jadi lebih fun kalo kamu sehat, kan?

Terakhir, pastikan kamu beristirahat di tengah perjalanan misalnya setiap 3 jam sekali. Kamu bisa ngerencanain ini dengan cara cek rute perjalanan dan lihat dimana aja kamu bisa berhenti untuk sekedar ke toilet atau mengisi perut. Bahkan kamu juga bisa memanfaatkan waktu ini buat tidur sebentar di mobil biar nggak ngantuk waktu mengemudi. Bahaya!

Selempang Eiger RoadTrip Pouch 1989

Rekomendasi Destinasi Wisata Saat Road Trip Jogja Bali


  • Benteng Van den Bosch, Ngawi

    van den bosch
    image source: www.pinterest.com

Ngawi bisa jadi kota pertama yang kamu singgahi saat tour Jogja – Bali. Wilayah ini sering dijadikan tempat istirahat buat bus ataupun mobil besar yang hendak ke daerah Jawa Timur dari Jawa Tengah. Di sini kamu bisa istirahat sebentar lalu mengunjungi Benteng Van den Bosch yang terkenal. Setelah itu, manjakan lidahmu dengan kulinernya, mulai botok tawon sampai coklat tempe.


  • Simpang Lima, Kediri

    simpang lima kediri
    image source: www.pinterest.com

Dari Ngawi kamu gaspol aja ke Kediri. Di sini ada satu spot yang terkenal karena merupakan replika Arc de Triumph yang ada di Perancis, namanya adalah Simpang Lima Gumul. Dari pagi sampe malam Simpang Lima nggak pernah sepi pengunjung yang sibuk berfoto-foto. Kamu juga jangan mau kalah dan ambil sebanyak mungkin potret yang bagus. Jangan lupa cicipi Sate Emprit dan Gelato Bli Puthu, ya.


  • Eco Green Park, Batu, Malang

    eco green park
    image source: www.pinterest.com

Melintasi Jawa Timur nggak afdol rasanya bila nggak mampir ke Malang yang adem. Di sini kamu bisa merencanakan menginap semalam di hotel karena besoknya ada banyak destinasi wisata untuk dikunjungi, salah satunya adalah Eco Green Park yang bikin mata segar dengan memandang kekayaan fauna yang bisa kamu ajak foto-foto juga. Untuk kulinernya, kamu bisa menjajal Sate Kelinci Batu ataupun Bakso Kota Cak Man. Mantap, deh.


  • BJBR, Probolinggo

    road trip jogja bali
    image source: www.pinterest.com

Meneruskan perjalanan dari Malang, kamu boleh transit sebentar di Probolinggo. Di kota ini ada destinasi wisata bernama BJBR Probolinggo, yang punya kepanjangan Bee Jay Bakau Resort. Dari namanya kamu pasti paham kalo konten utama dari tempat ini adalah konservasi hutan bakau. Di sini juga ad ataman bermain yang memiliki sejumlah wahana. Wajib kamu coba pokoknya.

Untuk kulinernya Probolinggo punya Soto Kraksaan yang bumbu sotonya kerasa banget di lidah. Ada juga Kepiting Olok buat yang suka sama makanan laut. Untuk kuenya, kamu bisa mencicipi prol tape yang lembut dan manis dan ditambah dengan wedang pokak untuk menghangatkan tubuhmu.


  • Alun-Alun Kota Taman Blambangan, Banyuwangi

    road trip jogja bali
    image source: www.promoliburan.com

Begitu sampai di Banyuwangi, kamu tinggal sedikit lagi sampai ke tujuan tur-mu. Di sini ada satu spot di tengah kota yang bisa kamu jadikan persinggahan sebelum lanjut menginap di hotel buat istirahat. Namanya adalah Taman Blambangan. Alih-alih taman Bungan, Taman Blambangan sebenarnya adalah alun-alun kota yang didesain begitu apik sehingga sedap dipandang mata.

Kalau ingin bermalam di Banyuwangi sebelum nyebrang di Pelabuhan Ketapang, coba deh menginap di Dialoog. Hotel ini istimewa karena ngasih kamu pemandangan laut yang super duper indah. Bayangin aja, malam hari kamu bisa lihat tenangnya lautan, dan paginya kamu disuguhi panorama matahari terbit yang memanjakan penglihatan.


  • Uluwatu, Bali

    road trip jogja bali
    image source: www.pinterest.com

Finally, kamu sampe di Bali! Setelah bermalam sebentar di Banyuwangi kemudian menyebrang Pelabuhan Ketapang, kamu akan tiba di Pelabuhan Gilimanuk. Nah, dari sini kamu bisa mulai menjalankan rencana jalan-jalanmu setelah sebelumnya mampir dulu ke hotel buat naruh semua barang bawaan.

Bali emang terkenal dengan wisata pantainya jadi kamu bisa mengunjungi mulai Pantai Sanur sampai Lovita. Di samping itu, Bali juga punya destinasi wisata lainnya yang nggak kalah keren misalnya aja Uluwatu dimana kamu bisa lihat pagelaran Tari Kecak yang bisa bikin merinding saking mistis dan megahnya.

Jansport LBJST501003 Superbreak Backpack - Navy

Perkiraan Budget Road Trip Jogja Bali

Kalo ngeliat berbagai destinasi dan juga kuliner yang ditawarkan di berbagai kota yang kamu lewati, rasanya jadi nggak pengen pulang dan maunya tur terus. Pertanyaannya apa bujetmu cukup? Jawabannya tergantung karena anggaran dana buat road trip ini bisa disesuaikan sama kondisi keuanganmu, tanpa harus menguras tabungan.

Misalnya nih, kamu kasih bujet 300 ribuan untuk setiap kota yang dikunjungi selain Bali. Kalo ada lima kota untuk singgah maka kamu perlu 1.5 juta. Kalo merencanakan nginap semalam di 3 kota, kamu pasang bujet 500 ribuan semalam yang berarti total 1.5 juta. Untuk di Bali nanti, kamu spare dana 700 ribu untuk hotel dikalikan 2 malam sehingga totalnya 1.4 juta. Untuk wisata di Bali kamu alokasikan 1 juta.

Dari sini kamu dapet angka 5.4 juta sebelum bensin. Selanjutnya, bisa kamu hitung sendiri, deh. Tapi, angka ini sama sekali nggak mutlak karena kamu bisa menurunkan atau menaikan nominalnya tergantung dari kondisi finansialmu sehingga lebih fleksibel.


Baca juga: Pilihan Tempat Bukber yang Bernuansa Islami di Jakarta

Jadi, udah siap belum nih untuk road trip Jogja – Bali? Jangan lupa buat nyiapin juga segala kebutuhan selama perjalanan ya, mulai dari makanan ringan, makanan instan sampe air minum aneka rupa yang bisa kamu dapetin di Blibli. Mumpung lagi ada Promo Ramadhan, buruan deh belanja biar makin murah!

Tag:
Apa Yang Kamu Fikirkan?
0
0
0
0
0
0
0
0
0 Komentar

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel