me

Road Trip Jawa Tengah, Yuk Menjelajah Jateng Bersama!

Mar 31, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

image source: www.instagram.com/jawatengah

Jawa Tengah menyimpan banyak hal menarik yang bisa kamu temukan salah satunya dengan melakukan road trip alias perjalanan dengan kendaraan pribadi. Walaupun emang kudu nyiapin waktu tersendiri buat liburan ala bolang begini, kamu pasti puas dan malah ketagihan menjelajahi berbagai tempat dan kota yang ada di provinsi ini dengan santai bareng keluarga atau pasangan.

Kamu yang baru pertama kali road trip Jawa Tengah mungkin bingung tentang rutenya, gimana nanti perjalanannya dan banyak lagi. Nggak usah dipikir berat sampe stres karena di bawah ini kamu bisa dapetin semua rangkuman informasinya supaya lebih familiar sama gaya petualang masa kini.

Baca juga: Rekomendasi Road Trip Jogja Bali


Kelebihan Road Trip ke Jawa Tengah

road trip jawa tengah
image source: www.unsplash.com

Bali atau Lombok sering dijadiin destinasi buat road trip karena dua pulau tersebut yang lekat dengan imej liburan. Padahal, kamu yang tinggal di Pulau Jawa sebenernya nggak perlu jauh-jauh nyebrang pulau untuk dapetin pengalaman berpetualang di jalanan karena di Jawa Tengah aja ada cukup banyak hal menarik yang bisa kamu rasain selama perjalanan yang sekaligus jadi kelebihannya.

Jawa Tengah adalah jalur yang padat dan ramai karena menghubungkan bagian barat dan timur. Kamu yang pengen ngerasain dinamika di jalanan yang kadang sepi kadang ramai setengah mati bisa dapetin first hand experience yang nggak terlupakan di sepanjang perjalanan menyusuri Jawa Tengah. Tapi, karena hawa di Jawa Tengah cenderung gerah disarankan untuk gaspol di malam hari aja.

Nggak cuman jalanannya yang ramai dan berasa real, jalur road trip Jawa Tengah juga bikin kamu ngiler karena banyak kuliner pinggiran yang kamu temui selama tur. Garang asem, nasi tiwul, soto Kudus sampe lumpia, semua bisa kamu temukan sepanjang rute Jateng. Mampirlah ke berbagai resto yang jual makanan khas tersebut biar lidahmu nggak asing sama kuliner ikoniknya.

Selain faktor makanan, akomodasi dan penginapan juga recommended di daerah Jawa Tengah terutama untuk aspek harga. Di wilayah ini kamu nggak bakalan kesulitan menemukan penginapan yang sesuai sama anggaran dana liburan yang udah kamu rancang sebelumnya. Penginapan 200 ribuan sampai 1 jutaan semua ada di Jateng yang bikin perjalananmu macem paket komplit gitu, deh.

HomeStuff Organizer Portable Handbag Tas Travel

Kota yang Dilalui Saat Road Trip Jawa Tengah

road trip jawa tengah
image source: www.unsplash.com

Salah satu keasyikan road trip adalah kamu bisa mengunjungi atau singgah ke berbagai kota dalam sekali jalan sehingga liburanmu nggak cuman terpaku ke satu lokasi aja. Misalnya nih, kamu berangkat dari Brebes, kamu bisa gaspol ke Tegal yang menawarkan beberapa tempat wisata bersejarah dan ikonik seperti alun-alun dan masjid agung kota Tegal. Nggak ada salahnya juga buat mencicip makanan khasnya mulai nasi lengko sampe rujak teplak.

Dari Tegal, kamu bisa lanjutkan perjalananmu ke Pekalongan dimana kamu boleh mengunjungi sentra pembuatan kain batik yang legendaris. Jangan lupa juga cicipin kulinernya seperti kue lumpang dan ongol-ongol. Meskipun berjarak kurang dari 90 kilometer dari Tegal, menghabiskan malam di kota ini juga bisa jadi ide asyik bareng keluarga.

Besoknya, lanjutkan perjalananmu ke Semarang yang terkenal sama lumpia yang menggoyang lidah. Sebagai ibu kota provinsi Jawa Tengah, Semarang juga menyuguhkan sejumlah destinasi wisata yang beda dari tempat lain. Misalnya aja Dusun Semilir dan Pagoda Avalokitesvara yang megah dan estetik. Bagus nih buat nambahin koleksi foto Instagram kamu.

Rute terakhir adalah ke Solo, kota kecil yang jaraknya sekitar 1.5 jam aja menuju Yogyakarta. Di Solo, kamu bisa menghabiskan waktu lebih lama apalagi kalo ini adalah destinasi terakhirmu di road trip Jawa Tengah kali ini. Coba deh kamu pilih hotel yang premium biar closing event-nya lebih berkesan. Jangan lupa cobain kue-kue dan makanan yang enak di sini misalnya Tengkleng dan Serabi Solo.

Kartu Flazz Reguler Biru Berlogo Baru

Bujet Buat Road Trip Jawa Tengah

road trip jawa tengah
image source: www.unsplash.com

Ngomongin soal bujet atau anggaran dana yang mesti disiapkan buat road trip kadang bikin nyesek ya, Blibli Friends. Rasanya ngumpulin duit selama setahun bakalan kamu habisin dalam beberapa hari aja buat liburan dan berpetualang dari kota ke kota. Sayang nggak, sih? Enggak dong karena besarnya pengeluaranmu tergantung dari rencana perjalanan yang kamu bikin.

Misalnya nih dengan rute sebelumnya yaitu Brebes – Tegal – Pekalongan – Semarang – Solo kamu bisa menyiapkan bujet let’s say 500 ribuan per kota belum termasuk bensin. Kalo transit di empat kota tersebut, dengan asumsi nginep semalem di penginapan biasa yang bertarif 300 ribuan semalam, kamu masih punya sekitar 200 ribu buat wisata kuliner di sana. Artinya, 2 juta cukup buat road trip sederhana.

Namun, kalo pengen perjalanan yang lebih Sultan tentunya kamu bisa kasih spare dana yang lebih gede jadi bisa bebas memilih penginapan, main ke banyak destinasi wisata sampe memanjakan lidah dengan menu andalan yang kadang harganya lumayan. Dengan bujet lebih besar, kamu juga bisa beli oleh-oleh buat sahabat atau kolega yang kamu tinggal liburan.

Jadi, besar kecilnya bujet buat berkeliling Jawa Tengah bener-bener tergantung dari konsep liburan yang kamu mau. Sederhana dan simpel bisa, mewahpun oke aja. Yang terpenting adalah kamu nggak menguras tabungan sampe kering buat membiayai road trip ini.

Tips Road Trip Jawa Tengah

prambanan
image source: www.unsplash.com

Nah, biar perjalanan keliling Jawa Tengah lebih nyaman, aman dan berkesan, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Pertama adalah susun jadwal acara yang kamu jadiin acuan dari perjalananmu nanti. Kemana aja kamu mau mampir, dimana bakalan menginap kalo emang pengen bermalam, destinasi mana aja yang ingin dikunjungi, dan sebagainya.

Kedua, siapkan barang bawaan seperlunya, terutama kalo road tripmu nggak terlalu jauh. Kamu memang butuh baju ganti biar badan selalu segar tapi nggak perlu juga bawa banyak koper karena bakalan makan tempat di mobilmu. Jangan lupa bawa jaket dan obat-obatan pribadi buat jaga-jaga kalo kamu membutuhkan perlengkapan tersebut.

Ketiga, cek kondisi mobil sebelum mulai perjalanan. Ini penting banget Blibli Friends karena berhubungan dengan keamanan kamu dan juga pengguna jalan yang lain. Pengecekan ini sebaiknya dilakukan jauh hari sebelum road trip biar kamu nggak keburu-buru dan bisa menyiapkan kendaraan dengan lebih sempurna lagi. Aman di jalan, tenang di hati.

Terakhir, pastikan bawa perbekalan buat menemani perjalanan. Cemilan, roti, air putih, minuman dingin semua ini perlu dipersiapkan biar kamu nggak bingung cari toko atau kedai saat laper melanda. Kamu juga nggak akan dehidrasi di perjalanan karena dalam mobil udah sedia asupan cairan yang cukup.

Blackmores Bio C 1000mg Suplemen (30 caps)


Baca juga: Road Trip Jakarta Jogja, Serunya Jalan Jalan di Jawa Tengah

Buat kebutuhan perjalanan keliling Jawa Tengah ini, kamu bisa ngandelin Blibli yang sekarang lagi punya promo menarik yaitu Promo Ramadhan. Disini ada banyak pilihan kebutuhan mulai dari makanan ringan, makanan cepat saji sampe aneka jenis minuman yang menjamin perutmu kenyang selama di perjalanan. Buruan bikin daftar belanjaan dan masukin semua ke keranjang belanja. Jangan lupa checkout, ya.

Tag: