me

Road Trip Jawa Bali, Kira-Kira Mana Aja Ya, Rute Paling Enak?

Mar 31, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

image source: www.instagram.com/explorebali

Menjalani rutinitas yang itu-itu aja tiap hari kadang bikin kamu bosen dan ngerasa nggak semangat. Mau ambil cutipun kalo nggak ada rencana yang seru buat menghabiskan waktu juga makin menambah rasa jenuh. Nah, kalo kamu punya kesempatan mengambil libur yang lumayan panjang, tahun ini kamu bisa nyobain serunya road trip Jawa Bali yang bikin pikiran fresh sekaligus menambah pengalaman baru.

Road trip sendiri adalah istilah keren buat perjalanan lintas kota atau pulau dengan kendaraan pribadi, misalnya mobil. Walaupun kamu bakalan capek karena nyetir sendiri, tapi itu sebanding sama kesenangan yang didapatkan. Bisa tau tempat wisata atau kulineran yang dilalui sepanjang perjalanan, ngerasain vibes yang beda-beda di setiap kota, dan sebagainya. Yuk, intip dulu rute mana aja yang bisa kamu pilih.

Baca juga: Rekomendasi Road Trip Jogja Bali


Rekomendasi Rute Road Trip Jawa – Bali

road trip jawa bali
image source: www.unsplash.com

Kalo kamu ambil starting point keberangkatan dari Jakarta, perjalanan Jawa – Bali bakalan lebih mudah dibayangkan sebelum beneran eksekusi. Kamu tinggal masuk aja ke tol Jakarta – Cikampek terus lanjut ngikutin tol Trans Jakarta. Tapi namanya road trip nggak afdol kalo ngacir tanpa mampir-mampir. Di tengah perjalanan kamu bisa menepi sebentar di Pemalang buat makan dan istirahat.

Setelahnya, lanjutkan perjalananmu ngelewatin beberapa kota seperti Pekalongan, Batang, Kendal, dan Tol Semarang – Salatiga. Diterusin dikit ke Boyolali terus nyampe Ngawi yang sering jadi tempat transit kendaraan yang perjalanan dari Jogja ke Jawa Timur. Habis itu, kalo nggak capek kamu bisa langsung gas melewati kota Nganjuk, Kediri, Jombang lalu masuk wilayah Malang yang banyak objek wisatanya.

Dari Malang, kamu bakal melewati beberapa kota yaitu Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, dan terakhir adalah Banyuwangi dimana kamu akan nyebrang ke Bali lewat Pelabuhan Ketapang. Dilihat dari jumlah kota yang kamu lewati selama perjalanan road trip Jawa Bali ini emang panjang dan makan waktu. Tapi, kalo dijalani dengan happy dan santai justru bisa bikin liburanmu lebih lively!

Kota-kota yang Dilewati Saat Road Trip Jawa – Bali

road trip jawa bali
image source: www.unsplash.com

Perjalanan darat dari Pulau Jawa ke Bali dengan tujuan Gilimanuk sebagai pelabuhan setelah nyebrang dari Ketapang bisa makan waktu bahkan beberapa hari karena nggak mungkin kamu gas pol tanpa istirahat sama sekali. Ditambah lagi ada banyak kota yang kamu lewati selama waktu ini jadi sayang sekali kalo kamu nggak singgah walopun cuman buat melepas penat sesaat.

Kalo kamu mulainya dari Jakarta, di Jawa Barat sendiri ada beberapa kota yang bakal kamu lewatin tapi mungkin males buat mampir karena kan masih baru berangkat jadi belom capek. So, kita nggak banyak bahas area ini ya, Blibli Friends. Nah, kalo udah mulai masuk Jawa Tengah, kamu mungkin mulai perlu istirahat atau ke toilet nih dimana bisa kamu lakukan salah satunya di kota Pemalang.

Dari Pemalang, kamu juga ngelewatin beberapa kota yaitu Pekalongan, Batang Kendal, Semarang dan Salatiga. Kalo mau, kamu bisa ngerencanain nginep di salah satu kota ini. Ada beberapa penginapan yang nyaman tapi nggak ngempesin kantongmu di beberapa wilayah tersebut.

Di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur kamu akan ngelewatin kota Ngawi yang jalanannya banyak dilalui sama truk dan kendaraan super besar jadi kamu mesti ekstra hati-hati. Dari Ngawi, kamu bisa lanjut ke Nganjuk, Kediri, Jombang dan Malang yang berarti perjalanan udah tinggal dikit lagi. Lanjut ke Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, dan terakhir adalah Banyuwangi.

Rekomendasi Hotel di Bali Saat Road Trip

Sampe di Bali, kamu bisa bernafas lega karena perjalananmu udah selesai sebelum nantinya balik lagi ke Jakarta untuk back to routine. Setelah perjalanan lebih dari 900 kilometer ini pastinya hal pertama yang kamu pengen adalah rebahan sehingga nemuin hotel atau penginapan yang nyaman banget di Bali bisa jadi surga duniamu. Berikut adalah beberapa rekomendasi hotel di Bali yang layak dicoba.

1. Hotel Niki

road trip jawa bali
image source: https://www.instagram.com/hotelniki/

Hotel Niki terletak di Jalan Pogot Gang III No. 166, Gilimanuk, Bali. Meskipun bukan hotel bintang lima dan lebih cocok disebut sebagai penginapan tapi kamu nggak bakalan nyesel istirahat sejenak di sini sebelum menghabiskan liburanmu yang sesungguhnya di Pulau Dewata.

Rate-nya sendiri termasuk murah yaitu mulai 275 ribuan aja semalam dan udah termasuk sarapan, jadi kamu nggak usah bingung cari-cari resto di pagi hari. Fasilitasnya sendiri cukup standar yaitu lobi, jaringan internet gratis di area hotel Niki dan tempat parkir.

2. Grand Inna Kuta

road trip jawa bali
image source: https://www.instagram.com/innakuta/

Habis rehat semalam begitu nyampe Bali, mungkin kamu pengen nostalgia ke Pantai Kuta yang nggak pernah sepi wisatawan. Pun merencanakan nginep di daerah Kuta, kamu juga punya pilihan hotel yang oke punya misalnya Grand Inna Kuta yang berlokasi di Jalan Jalan Pantai Kuta No.1, Bali. Harga kamar per malamnya mulai dari 460 ribuan.

Harga ini nggak termasuk sarapan ya, Blibli Friends. Meskipun kamu jadi harus berburu makan di luar hotel tapi kamu nggak rugi nginep sini karena fasilitasnya nggak kaleng-kaleng. Ada kolam renang, resto, sampe bar.

Voucher Hotel Grand Inna Kuta Bali Indonesia

3. Aston Kuta Hotel & Residence

road trip jawa bali
image source: https://www.instagram.com/astonkutabali/

Nggak perlu diragukan lagi sih kalo kualitas dari hotel Aston termasuk yang ada di Jalan Wanasegara No. 2 – 5, Kuta, Bali. Dengan harga kamar mulai 350 ribuan kamu bisa dapetin tempat nginep yang super nyaman dengan pelayanan yang ramah dan bikin kamu pengen lama berada di sana. Tapi harga ini nggak termasuk sarapan.

Tenang, kamu bisa ngicipin menu yang ditawarkan Aston di bar dan juga resto yang jadi satu di Kawasan Aston. Soal rasa nggak perlu diragukan lagi. Habis sarapan, kamu bisa kembali menjelajah daerah KUta baik ke pantai atau destinasi lainnya yang bikin liburanmu makin berkesan.

Voucher Hotel Aston Kuta Hotel and Residence Bali Indonesia

4. Kastara Resort Ubud

image source: www.instagram.com/kastara_resort/

Nggak lengkap rasanya kalo main ke Bali tanpa menghabiskan waktu di Ubud yang kental banget sama tempat wisata budayanya, termasuk Pasar Seni Sukowati. Selama berada di Ubud kamu bisa menyerahkan masalah akomodasi dan penginapan ke Kastara Resort yang terletak di Jalan Bangkiang Sidem, Keliki, Ubud.

Ini termasuk penginapan yang premium Blibli Friends karena konsepnya adalah resort yang lebih private tapi juga lebih nyaman. Dengan harga 1.2 jutaan per malam kamu udah bisa menikmati malam yang menyenangkan dan tenang plus menu sarapan yang bikin semangat menjalani hari-harimu di Ubud.

5. The Wakanda Resort

wakanda
image source: wakandaubud.com/

Wah, jadi inget film Black Panther, deh. The Wakanda Resort berlokasi di Banjar Sumampan, Ubud. Penginapan premium ini menawarkan floating breakfast yang ikonik di banyak vila dan penginapan di Bali. Bukan cuman sarapannya aja yang berkesan, layanan kamarnya juga oke punya sehingga nggak nyesel nginep di sini.

Harga per malamnya juga nggak mahal untuk sekelas The Wakanda Resort. Kalo pengen sekalian sama sarapannya yang nikmat, kamu cukup bayar sekitar 1.1 jutaan aja per malam. Liburan road trip yang nggak selalu tiap tahun wajib dimaksimalkan di berbagai aspek, kan?


Baca juga: Road Trip Jakarta Jogja, Serunya Jalan Jalan di Jawa Tengah

Puas banget sih road trip Jawa Bali kalo disiapkan dengan matang, termasuk berbagai keperluan dan perbekalanmu yang tersedia di Blibli. Ada Promo Ramadhan juga nih, yang bikin belanja kebutuhan liburanmu lebih hemat dan mudah. Cuss, kepoin sekarang juga.

Tag: