Road Trip Jakarta Jogja, Serunya Jalan Jalan di Jawa Tengah

Mar 31, 2022.By
Bagikan
Foto: Sumber Image

Road trip atau perjalanan darat yang mengelilingi suatu wilayah lagi banyak digemari buat liburan murah yang penuh petualangan nih, Blibli Friends. Kalo biasanya kamu hanya pergi ke satu destinasi atau satu kota aja dalam sekali liburan, kali ini kamu bisa mampir ke beberapa tujuan dalam sekali jalan. Misalnya aja waktu kamu road trip Jakarta Jogja.

Nyetir sendiri lintas provinsi gini nggak lantas bikin kamu capek dan lesu karena berhenti dari satu kota ke kota lain sampe Jogja ngasih kamu keseruan tersendiri. Nah, kalo ini pertama kalinya kamu road trip dengan rute ini ada beberapa hal yang mesti kamu lakukan biar perjalananmu lebih lancar dan nyaman sampai tujuan nanti.

Baca juga: 5 Tenda Camping Terbaik, Cek di Sini, Kuy!


Tips Road Trip Jakarta Jogja

road trip jakarta jogja
image source: www.pinterest.com

Road trip Jakarta Jogja adalah perjalanan yang cukup panjang jadi kamu harus lebih cermat dan hati-hati saat menyiapkan semuanya. Pertama, pastikan kendaraanmu dalam kondisi terbaiknya. Kalo udah ada wacana mau bikin road trip, dari jauh-jauh hari ada baiknya kamu bawa mobilmu ke bengkel supaya pemeriksaan mesin dan semua bagiannya bisa dilakukan dengan seksama biar aman dan nyaman di jalan.

Kedua adalah bikin jadwal kegiatanmu selama road trip atau itinerary yang sesuai dengan waktu yang kamu punya, bujet dan juga destinasi mana aja yang pengen kamu kunjungi. Kalo merencanakan bakal bermalam di salah satu kota yang kamu lewati, cari referensi hotel yang nyaman dengan harga bersaing. Dengan begini kamu bisa langsung punya jujugan buat istirahat begitu sampai kota tersebut.

Ketiga, siapkan semua perbekalan mulai dari makanan ringan, minuman yang jaga kamu dari dehidrasi, baju hangat, sampe uang tunai karena kamu nggak pernah tahu kapan perlu mengeluarkan uang cash dimana di sekitarmu nggak ada ATM yang bisa diandalkan. Bawa kamera juga ya, Blibli Friends, biar berbagai momen seru nggak terlewat begitu aja.

Dan yang terakhir adalah siapkan kesehatanmu. Meskipun banyak menghabiskan waktu di dalam mobil perjalanan panjang tetep akan bikin kamu lelah. Makan yang bergizi, tidur yang cukup dan minum vitamin biar badanmu lebih segar dan bugar selama perjalanan sampai ke destinasi tujuan. Kan sayang udah jauh-jauh Jakarta – Jogja, eh ternyata ga bisa ngapa-ngapain karena sakit.

Rekomendasi Destinasi Wisata Saat Road Trip Jakarta – Jogja

2D ENJOY JOGJA by JavaTraveller

Namanya road trip, kamu nggak hanya fokus sama tujuan akhirmu aja yang berada di Jogja. Sejak berangkat dari Jakarta kamu bakal melewati beberapa kota yang masing-masing pasti punya destinasi wisata yang bisa kamu nikmati juga. Berikut ini adalah rekomendasi tujuan wisata selama road trip Jakarta – Jogja yang asik buat kamu coba.

1. Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Cirebon

masjid agung
image source: www.pinterest.com

Kota pertama yang kamu singgahi dalam rute perjalanan Jakarta – Jogja adalah Cirebon. Dikenal juga dengan nama Kota Udang, Cirebon punya sejumlah tempat wisata yang oke juga buat dikunjungi sekaligus melepas penat sesaat salah satunya adalah Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Sambil ishoma sebentar kamu bisa menikmati keindahan arsitektur masjid yang kental banget sama budaya Jawa.

Setelah mampir ke Masjid Agung, jangan lupa buat ngisi perutmu dengan kuliner lokal yang memanjakan lidah. Salah satu menu khas Cirebon yang perlu dijajal adalah Nasi Jamblang. Harganya yang merakyat ditambah porsinya yang pas bikin perutmu kenyang dan siap melanjutkan perjalanan sampe ke pemberhentian selanjutnya, yaitu kota Tegal.

2. Pemandian Air Panas Guci, Tegal

pemandian air panas
image source: www.pinterest.com

Setelah berkendara sekitar 80 kilometer dari Cirebon, kamu akan sampe di kota Tegal. Di sini kamu bisa banget berencanakan untuk bermalam supaya tubuhmu bisa istirahat dengan sempurna jadi besoknya kamu lebih siap melanjutkan petualangan. Ada satu tempat menginap yang bagus dan ada sumber air panasnya juga yaitu Pemandian Air Panas Guci.

Sambil melepaskan lelah dan kekakuan di badan, kamu bisa menikmati nyamannya berendam di sumber air panas ini. Suasana sekitar pemandian juga asri banget lho, dikelilingi pepohonan dan kamu juga bisa melihat bukit-bukit hijau yang nampak seperti lukisan. Selama berada di sini, jangan lupa juga buat nyobain kuliner khasnya yaitu Kupat Glabed.

3. Museum Batik, Pekalongan

museum batik
image source: www.pinterest.com

Setelah istirahat di Tegal, lanjutkan perjalananmu dan berhenti di kota Pekalongan yang terkenal dengan batiknya. Di kota ini kamu bisa mengunjungi Museum Batik yang punya koleksi lebih dari 1000 buah batik tradisional maupun modern. Dan mumpung berada di Kota Batik, nggak ada salahnya kamu hedon dikit dengan beli beberapa potong kain batik yang bisa kamu pake buat oleh-oleh istimewa.

Untuk mencari kain batik yang mau inginkan dengan harga yang sangat bervariasi, ada setidaknya 3 tempat yang bisa kamu kunjungi yaitu International Batik Center (IBC), Pasar Grosir Setono dan juga Pasar Banjarsari. Sebelum lanjut, jangan lupa isi perut dulu ya karena habis ini kamu bakalan pindah kota.

4. Dusun Semilir, Semarang

road trip jakarta jogja 2
image source: www.pinterest.com

Pemberhentian selanjutnya adalah kota Semarang dimana kamu juga bisa bermalam dengan santai di sini. Setelah memesan hotel atau penginapan yang sesuai sama bujet dan keinginanmu, yuk mulai menjelajah daerah sekitar salah satunya adalah Dusun Semilir. Obyek wisata ini cocok banget dikunjungi sama pasangan dan keluarga karena konsepnya emang buat family vacation.

Ada ecopark sampe seluncuran warna-warni yang bisa jadi spot menarik untuk foto-foto. Harga tiketnya juga nggak mahal sama sekali, cuman goceng! Dengan 5 ribu per orang kamu udah bisa nambahin koleksi foto estetikmu di Instagram. Kalo udah puas main di Dusun Semilir, jangan lupa berwisata kuliner dengan mencoba Lumpia, nasi ayam, sampe chiffon cake Pelangi. Yummm…

5. Malioboro, Jogja

road trip jakarta jogja
image source: www.unsplash.com

Sehabis main dan tidur nyenyak di Semarang, kalo mau kamu bisa langsung gaspol ke Jogja setelah ngelewatin Salatiga. Karena perjalananmu ke titik ini lumayan panjang, ada baiknya untuk langsung mampir ke hotel yang udah kamu pesen terlebih dahulu supaya bisa istirahat sejenak sambil membersihkan diri.

Kalo udah seger lagi, yuk lah mulai mengeksplor kota Jogja dengan datang ke pusat keramaiannya yang ikonik yaitu Kawasan Malioboro. Saat malam hari Malioboro akan gemerlap dan rame dengan para musisi jalanan yang kreatif dan juga angkringan yang menjajakan aneka makanan khas Jogja mulai Gudeg sampe bakpia. Cek harganya dulu sebelum beli ya, Blibli Friends, supaya nggak bayar kemahalan.

2D JOGJA INSTAGRAMABLE by JavaTraveller

Perkiraan Bujet Road Trip Jakarta – Jogja

Kalo ngomongin bujet biasanya kamu langsung pusing karena ngebayangin tabunganmu bakalan ludes gara-gara perjalanan ini. Padahal nggak harus demikian karena semuanya bisa diatur. Kendati kamu bakalan mampir ke beberapa kota dan melakukan kegiatan seru di sana, pengeluaranmu nggak harus banyak sampai dompet kering kerontang.

Misalnya nih, untuk setiap pemberhentian kamu kasih bujet 400 ribuan, dan kamu berhenti di lima kota yang berarti pengeluaran pertama adalah 2 juta. Kemudian ada rencana menginap 3 kali di Tegal, Semarang dan Jogja. Kamu bisa pasang anggaran menginap 500 ribuan sekali menginap yang berarti 1.5 juta. Ditambah dengan bensin 1 juta, maka bujet yang perlu disiapkan adalah sekitar 4 jutaan aja.

Angka ini tentunya hanya perkiraan. Kamu yang pengen road trip ala backpacker yang lebih hemat masih bisa memangkas pengeluaran misalnya dengan mengalokasikan dana lebih sedikit buat kamar hotel. Road trip nggak selalu mahal kok, karena semuanya tergantung dari perencanaanmu.


Baca juga: Rekomendasi Vitamin dan Suplemen Terbaik Untuk Jaga Imunitas Tubuh

Gimana nih, udah siap berpetualang dari Jakarta ke Jogja? Jangan lupa siapkan semua kebutuhanmu selama perjalanan dengan baik ya, dan minta bantuan Blibli supaya belanjamu lebih happy. Mumpung lagi ada Promo Ramadhan kamu bisa dapetin harga lebih miring plus gratis ongkir! Makanya jangan sampe ketinggalan promonya dan pastikan semua kebutuhan road trip udah masuk keranjang.  

Tag:
Apa Yang Kamu Fikirkan?
0
0
0
0
0
0
0
0
0 Komentar

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel