Riasan Tepat Si Kecil Untuk Hari Kartini

Peringatan Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April sudah semakin dekat. Biasanya, anak-anak akan diajak untuk mengikuti pawai serta peragaan baju adat dan kostum profesi yang diadakan di sekolah atau di lingkungan rumah. PR buat moms adalah mendadani si kecil sebaik mungkin.

Tetapi, “tantangan” Hari Kartini ini justru membuat moms bersemangat untuk memoles si kecil agar bisa tampil kece. Berikut tips mendandani anak di Hari Kartini.

Pilih Kosmetik yang Cocok untuk Kulit Anak

Photo by Pixabay

Kulit wajah si kecil sensitif, jadi moms perlu memilih kosmetik yang cocok untuk anak. Hal pertama yang harus diperhatikan pada produk kosmetik anak cap aman dari BPOM. Kalau bisa, pilih bahan kosmetik anak yang waterbase sehingga bisa langsung hilang jika terkena air. Syarat produk tata rias wajah anak lainnya adalah food grade, jadi tetap aman meski tertelan atau terhirup oleh anak-anak.

Selain itu, moms tidak perlu menggunakan semua kosmetik dan alat make up lengkap saat mendandani anak untuk pawai Hari Kartini. Hindari pemakaian foundation yang akan menutupi pori-pori wajah anak. Sebagai penggantinya, gunakan saja bedak bayi atau bedak tabur yang bertekstur lembut. Moms juga tak perlu mengaplikasikan eyeliner dan bulu mata palsu yang bisa membuat anak tak nyaman.

CEK PRODUK KOSMETIK YANG DIBUAT KHUSUS UNTUK ANAK USIA 3-12 TAHUN DI SINI.

Jangan Terlalu Menor

Photo by Pexels

Jangan merias wajah anak dengan tebal supaya tidak menimbulkan kesan menor. Ambil warna cerah dari palet eyeshadow, blush on, serta lipstik agar si kecil terlihat segar, dan tetap muda.

Pilihan warna eyeshadow yang cocok buat anak misalnya merah muda, peach, atau oranye. Sementara warna lipstik yang cantik misalnya nude. Sebagai catatan tambahan, sebaiknya moms menggunakan glossy lipstik yang bisa memberikan efek bibir berkilau. Hindari penggunaan lipstik matte yang bisa membuat bibir anak kering dan bahkan bisa sampai terkelupas.

SET MAKE UP DAN NAIL ART DARI TOMINDO INI COCOK BUAT SI KECIL YANG HOBI MAIN SALON-SALONAN.

Tatanan Rambut yang Sesuai

Photo by Pexels

Untuk menyempurnakan penampilan si kecil, moms bisa menata rambutnya dengan menguncir, mengepang, menyanggul, hingga menambahkan aksesoris. Sesuaikan tatanan rambut anak dengan tema pakaian adat atau kostum profesi yang dipilih. Misalnya, sanggul dengan hiasan bunga untuk yang sepadan dengan pakaian adat Jawa atau kebaya modern. Sementara itu, moms cukup mengaplikasikan jepit atau kunciran buat anak yang memilih baju profesi dokter atau chef.

Moms bisa belajar membuat sanggul sederhana dari rambut panjang si kecil tanpa harus menambahkan konde palsu. Jangan memaksakan membebani anak dengan konde besar Jawa dan semua aksesoris rambut yang biasa dipakai pengantin. Zaman sekarang, moms bisa kok mencari inspirasi tatanan rambut yang cocok untuk si kecil di Youtube.

AKSESORIS BLANKON ANAK INI BISA JADI PELENGKAP BAJU ADAT JAWA ANAK LAKI-LAKI DI HARI KARTINI.

Pilih Kostum yang Nyaman

Photo by Instagram – @gisel_la

Pilihan kostum pawai Hari Kartini harus nyaman di badan anak. Jika memungkinkan, moms mengambil baju adat dengan bahan yang menyerap keringat dan tidak gatal di badan si kecil.

Tetapi, tak bisa dipungkiri kalau kebanyakan bahan baju adat memang bikin gerah. Untuk menyiasatinya, moms bisa memakaikan kaus dalaman yang menyerap keringat pada si kecil.

KEBAYA KUTUBARU INI DIBUAT DARI BROKAT YANG NYAMAN UNTUK ANAK

Satu hal yang perlu moms ingat adalah cara mendandani anak-anak tidak sama dengan orang dewasa. Pastikan tata rias, tatanan rambut, dan gaya berpakaian si kecil sesuai usianya.

Untuk mendukung penampilan anak di Hari Kartini, moms bisa menemukan berbagai produk kosmetik dan pakaian yang dibuat khusus untuk anak di Blibli.com. Semoga peringatan Hari Kartini kali ini akan menjadi momen manis yang berkesan untuk moms dan si kecil.

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY