me

Review Skintific 5x Ceramide Barrier Repair Moisture Gel

Aug 18, 2023.By Blibli Friends
Bagikan
Blibli.com
KKE

Review Skintific 5x Ceramide Barrier Repair Moisture Gel Kulit wajah, telinga dan leher merupakan bagian yang paling sensitif terhadap perubahan lingkungan dan cuaca. Area kulit ini juga melepaskan sel lebih cepat daripada bagian tubuh lainnya, oleh karena itu kulit kita membutuhkan kelembapan untuk memperbaiki dirinya sendiri, yang memungkinkan sel-sel kulit yang lebih muda muncul ke permukaan. Itulah mengapa moisturizer menjadi tahapan skincare yang vital dalam menjaga kesehatan kulit wajah. 

Nah, kali ini aku akan review Skintific 5x Ceramide Barrier Repair Moisture Gel. Moisturizer ini dikenal karena mengandung 5 tipe ceramide yang dapat menjaga kelembapan kulit dan memperkuat skin barrier, kemudian akan memperbaiki sel kulit yang rusak, mengurangi kemerahan dan juga menghaluskan tekstur kulit. Yang lebih menariknya lagi, moisturizer ini dibilang cocok untuk semua jenis kulit loh.

Yuk langsung aja ikutin aja review aku sebagai berikut! 

Baca juga: Review SKINTIFIC Mugwort Anti Pores & Acne Clay Stick


Klaim Moisturizer Skintific 5x Ceramide

Klaim Skintific Ceramide Moisturizer

Skintific 5x Ceramide Barrier Repair Moisture Gel mengklaim menggunakan teknologi 5X Ceramides atau 5 jenis kandungan ceramide yang meniru struktur skin barrier kita. Selain dapat mengunci hidrasi kulit, moisturizer ini dapat memperkuat dan mengatasi permasalahan skin barrier seperti jerawat, kemerahan, kulit kering dan kulit bertekstur.  

Nggak hanya itu aja loh, klaim lainnya juga dapat mengendalikan minyak berlebih pada wajah dengan menjaga level kelembapan kulit kita dan mengurangi inflamasi pada kulit. Pastinya bahan yang digunakan pun tidak mengandung alkohol, paraben, mineral oil maupun pewarna, membuatnya sangat aman dan nyaman untuk kulit kita.  

Baca juga: Perbedaan Moisturizer Skintific Biru dan Pink

Kemasan Moisturizer Skintific 5x Ceramide

Kemasan Skintific Ceramide Moisturizer

Skintific 5x Ceramide Barrier Repair Moisture Gel 30gr ini memiliki kemasan luar dus dengan dominasi warna biru muda yang cantik dan memberi kesan soft. Terdapat informasi mengenai nama produk, kandungan, klaim produk, cara pemakain, tanggal kadalurwarsa dan informasi lengkap lainnya terkait produk ini.

Moisturizernya sendiri dikemas dalam jar kaca yang tergolong kokoh dengan bahan doff yang berwarna biru muda, tutup berwarna putih dengan desain simple, elegan dan modern. Pada tutupnya sendiripun terdapat inner lid yang memisahkan moisturizer dengan tutupnya sehingga menjaga agar produk tidak menempel dan berantakan. Selain itu, juga disediakan spatul kecil yang berfungsi untuk mengaplikasikan moisturizer pada kulit kita sehingga tetap higenis.  

Walau terlihat agak besar, produk ini cukup ideal untuk dibawa berpergian karena dapat masuk ke dalam pouch yang relatif kecil. Hal ini menjadi poin pertama yang aku sukai! 

Baca juga: Review SKINTIFIC MSH Niacinamide Brightening Moisture Gel

Formula Moisturizer Skintific 5x Ceramide

Skintific 5X Ceramide Barrier Moisture Gel 30gr

Bahan utama yang akan dibahas adalah 5 jenis ceramide. Sebenarnya apa sih manfaat dari Ceramide ini? Ceramide adalah salah satu jenis asam lemak yang secara alami sebenarnya udah ada di sel-sel kulit dan membentuk sekitar 50% lapisan kulit luar (epidermis). Masalahnya meskipun diproduksi oleh tubuh, kualitasnya bisa menurun dan berkurang seiring bertambahnya usia kamu. Menarik ya? Berikut Kandungan Ceramide yang dimiliki oleh Skintific 5x Ceramide Barrier Repair Moisture Gel: 

  • Ceramide NP — Memperbaiki kekuatan skin barrier 
  • Ceramide AS — Menghalangi masuknya bakteri ke skin barrier 
  • Ceramide EOP — Menyatukan lapisan skin barrier  
  • Ceramide AP — Menyimpan Fatty Acid esensial di dalam epidermis (lapisan kulit luar) 
  • Ceramide NS — Mengunci kadar air dalam kulit agar tetap terhidrasi 

Selain 5 ceramide yang diklaim menyerupai skin barrier kita, moisturizer ini juga mengandung bahan aktif utama lainnya, seperti:  

  • Hyaluronic Acid – Memberikan hidrasi bagi kulit dengan cara mempertahankan dan mengisi kelembapan kulit. 
  • Centella Asiatica – Berguna sebagai anti radang atau inflamasi yang membantu menenangkan kulit yang iritasi sekaligus meningkatkan hidrasi kulit. 
  • Marine Collagen – Efektif meningkatkan elastisitas kulit agar lembap dan kencang 
  • Panthenol (Vitamin B5) Memiliki efek anti inflamasi, melembapkan dan menenangkan kulit. 

Walau mengandung banyak Bahan aktif, Skintifix 5x Ceramide ini tetap memiliki formula yang ringan loh, karena moisturizer  ini tidak mengandung alkohol, paraben, mineral oil, pewarna dan parfum sehingga aman untuk digunakan semua jenis kulit terutama untuk kulit kering, kulit bertekstur seperti beruntusan atau bintik kecil pada wajah dan juga kulit sensitif yang berjerawat. 

Aku sendiri yang memiliki tipe kulit normal cenderung kering ini cukup happy dengan formula dan kandungan dari Skintific 5x ceramide ini.  

Baca juga: Review SKINTIFIC Truffle Biome

Manfaat Moisturizer Skintific 5x Ceramide

Pada umumnya moisturizer adalah salah satu skincare yang memiliki manfaat untuk menjaga kelembaban kulit. Namun berbeda dengan moisturizer Skintific 5x Ceramide yang memiliki 5 jenis Ceremide dan bahan aktif lainnya, yang mana membuat moisturizer memiliki banyak manfaat, seperti:

  1. Memperkuat sekaligus memperbaiki masalah skin barrier
  2. Mengunci kelembaban kulit sepanjang hari
  3. Menjaga elastisitas kulit, menghaluskan tekstur kulit, dan mencegah penuaan dini seperti garis halus dan kerutan
  4. Menenangkan kulit dan merawat kulit yang sedang memiliki masalah inflamasi (kemerahan)

Baca juga: Review SKINTIFIC Symwhite 377 Moisture Gel Cream

Tekstur, Warna dan Aroma Moisturizer Skintific 5x Ceramide

Tekstur, Warna dan Aroma Skintific Ceramide Moisturizer

Sesuai dengan namanya, Skintific 5x Ceramide Barrier Repair Moisture Gel ini memiliki tekstur seperti gel krim yang cenderung watery, sehingga terasa ringan dan mudah terserap pada kulit. Saat diaplikasikan pun terdapat sedikit sensasi dingin yang menyegarkan di kulit ku dan yang paling penting tidak menimbulkan kesan lengket dan berminyak. 

Moisturizer ini berwarna putih susu yang kemudian akan berubah menjadi transparan ketika diaplikasikan ke wajah. Untuk aromanya sendiri cenderung lembut dan netral, tidak ada bau yang mencolok dan mengganggu. Menurut ku ini salah satu poin penting yang berarti kandungan moisturizer ini natural dan tidak ada campuran parfum di dalamnya. 

Cara Penggunaan Moisturizer Skintific 5x Ceramide

Skintific 5x Ceramide Barrier Repair Moisture Gel ini sebenarnya bisa digunakan kapan saja saat Blibli Friends membutuhkannya. Tapi dalam percobaan kali ini, aku akan menggunakan satu spatula penuh sebanyak 2x sehari di pagi hari dan malam hari, dalam kondisi kulit wajah yang bersih. Dan untuk area aplikasi ke seluruh permukaan wajah dan juga leher. 

Saat di pagi hari Blibli Friends bisa layer moisturizer ini dengan sunscreen loh. Karena formulanya yang ringan terasa nyaman di kulit ku yang kering dan menjaga kulit tetap terhidrasi sepanjang hari walau menggunakan make-up. Selain itu, ketika diaplikasikan moisturizer ini juga dapat dengan cepat menyerap ke dalam kulit. 

Hasil Pemakaian Moisturizer Skintific 5x Ceramide

Hasil Pemakaian Skintific Ceramide Moisturizer

Kondisi kulit ku Sebelum menggunakan Skintific 5x Ceramide Barrier Repair Moisture Gel ini cenderung kering. Terutama saat menggunakan make-up, akan terlihat crease di bagian garis senyum sekitar hidung, kantung mata, dan juga kerutan pada dahi. Selain itu, terdapat tekstur kulit di sekitar tulang pipi dan juga bagian yang kusam di bagian t-zone.  

Setelah rutin pemakaian selama 3 minggu, di pagi hari sebelum sunscreen dan malam hari setelah toner, aku pribadi merasakan perbedaan yang cukup signifikan terhadap kondisi kulit. Bagian kulit wajah yang kering terasa terhidrasi dengan baik dan tidak berlebihan hingga terasa greasy atau berminyak. Terutama di pagi hari, kulit terasa kenyal dan lembap yang kemudian saat di layer oleh make-up, bisa menyatu dengan baik.  

Hasil Pemakaian Jangka Panjang Moisturizer Skintific 5x Ceramide

Di minggu pertama, aku sudah dapat merasakan perbedaannya di pagi hari saat bangun tidur. Kulit terasa lebih sehat dan terlihat glowing walau belum menggunakan produk apapun. Namun untuk perbaikan skin barrier aku belum bisa merasakan perbedaannya di minggu pertama ini. Beruntusan di sekitar tulang pipi masih ada dan begitu juga pada bagian kulit yang kusam.  

Salah satu manfaat Skintific 5x Ceramide Barrier Repair Moisture Gel yang diklaim adalah dapat mengunci kelembapan selama 24 jam. Namun aku pribadi belum bisa merasakan ini, dikarenakan rata – rata jangka pemakaian dalam 1 hari adalah 9 – 12 jam.  

Sedangkan untuk pemakaian jangka panjang di minggu ke 2 sampai 3, selain kulit terasa kenyal dan terhidrasi, tekstur kulit ku yang tadinya agak kasar sudah jauh lebih membaik dan halus. Sedangkan untuk bagian wajah yang kusam terlihat lebih cerah dan glowing. Secara kesulurahan, aku cukup puas dengan moisturizer ini. 


Baca juga: Review Skintific Panthenol, Pelembap yang Bikin FOMO!

Nah Blibli Friends, penasaran kan jadi kesimpulannya apa sih dari hasil pemakaian ku ini? Secara keselurahan aku bisa memberi verdict 9/10 untuk produk Skintific 5x Ceramide Barrier Repair Moisture Gel ini. Apa yang di klaim dapat aku rasakan sendiri manfaatnya. Namun untuk Blibli Friends yang memiliki masalah dengan jerawat dan kemerahan aku gak bisa kasih ulasan terkait dua hal tersebut. 

Menurut ku pribadi, dengan harga 139.000 untuk kemasan 30gr yang dapat digunakan dalam kurang lebih satu bulan, produk ini worth to try. Aku sendiri cukup puas dan senang dengan kondisi kulitku setelah pemakaian selama 3 minggu terakhir ini. Kulit lebih terhidrasi, tekstur kulit membaik dan area wajah yang kusam menjadi glowing! 

Tag: