me

Review DJI Rs 3 Mini, Gimbal Compact dengan Fitur Memumpuni!

May 24, 2024.By Jarvis
Bagikan

doss.co.id
Ciptakan foto dan video yang stabil dengan gimbal DJI Rs 3 Mini ini!

Cicilan 0% Gadget

Kebutuhan akan peralatan kamera yang lebih canggih semakin tinggi di era sekarang ini. Banyak pekerja profesional yang membutuhkan hasil foto dan perekaman video yang stabil, jernih, dan juga alami. Makanya sekarang banyak produk gimbal kamera dengan berbagai keunggulan. 

Salah satunya ialah DJI Rs 3 Mini. Gimbal kamera ini terkenal dengan ukurannya yang compact dan ringan tapi punya spek yang powerful. Seperti apa sih gimbal kamera satu ini? mari kita lihat sama-sama reviewnya di bawah ini!

Baca juga:


Waktu Rilis DJI Rs 3 Mini

Waktu Rilis DJI Rs 3 Mini
doss.co.id

Pada 10 Januari 2023, Erajaya Active Lifestyle secara resmi meluncurkan DJI RS 3 Mini, sebuah stabilizer untuk kamera mirrorless yang dirancang khusus untuk kebutuhan gimbal ringan bagi para content creator. Selain itu, Erajaya juga memperkenalkan paket terbaru DJI Mic (1 TX + 1 RX), yang terdiri dari satu unit transmiter dan satu unit receiver, untuk mendukung produksi konten audio yang berkualitas.

CEO dari Erajaya Active Lifestyle, menyatakan bahwa sistem stabilisasi kamera seperti DJI Rs 3 mini kini telah menjadi fitur dasar yang sangat diharapkan oleh para pencipta konten, baik yang terintegrasi langsung di kamera maupun melalui perangkat tambahan seperti gimbal.

Tabel Spesifikasi DJI Rs 3 Mini

Tabel Spesifikasi DJI Rs 3 Mini
store.dji.com

Berikut spesifikasi lengkap dari DJI Rs Mini 3:

Model Baterai HB7-2450mAh-7.2
Tipe Baterai 18650 Li-ion 2S
Kapasitas Baterai2450 mAh
Daya17.64 Wh
Lama Pengoperasian10 jam
Spesifikasi Charger5 V/2 A
Lama Pengisian Sekitar 2.5 jam
Temperatur pengisian daya yang disarankan5°-40° C
Aksesoris Port1/4″-20 Mounting HoleRSS Camera Control Port (USB-C)NATO Expansion Port
Kecepatan Rotasi MaksimumPan: 360°/sTilt: 360°/sRoll: 360°/s
KoneksiBluetooth 5.1USB-C Charging Port
Kompatibilasi AplikasiiOS 11.0 dan di atasnyaAndroid 7.0 dan di atasnya
Range MaksimalPan Axis: 360° continuous rotationRoll Axis: -95° to +240°Tilt Axis: -110° to +210°
BobotGimbal: 795 gram (portrait mode) dan 850 gram (horizontal shooting mode) keduanya termasuk Quick-Release Plate dan tidak termasuk Extended Grip/TripodExtended Grip/Tripod: sekitar 128 gram
DimensiDilipat: 323×195×98 mm (tinggi tidak termasuk Extended Grip/Tripod)Tidak dilipat: 180×159×296 mm (tidak termasuk kamera dan Extended Grip/Tripod)

Fitur Menarik/Unggulan DJI Rs 3 Mini

store.dji.com

Ini dia beberapa fitur menarik DJI Rs 3 Mini yang patut kamu pertimbangkan:

Fitur Dual-Layered Quick Release Plate

DJI RS 3 Mini dilengkapi dengan pelat lepas cepat yang memiliki dua lapisan. Desain ini memungkinkan pengguna untuk memasang dan melepas kamera dengan mudah dan cepat, menghemat waktu saat perlu beralih antara pengambilan gambar yang berbeda.

Dengan desain ini, kamera dapat dipasang dalam orientasi vertikal secara langsung tanpa memerlukan aksesoris tambahan. Ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang ingin membuat konten dalam format vertikal, yang semakin populer di berbagai platform media sosial seperti Instagram Stories, TikTok, dan YouTube Shorts.

Fitur ini dirancang untuk memenuhi permintaan yang semakin meningkat akan video dengan format vertikal. Dengan kemampuan memasang kamera secara vertikal dengan mudah, content creator dapat menghasilkan konten yang sesuai dengan tren dan preferensi penonton saat ini.

Fitur Bluetooth Shutter Control 

Salah satu fitur unggulan DJI RS 3 Mini yang nggak boleh dilewatkan adalah Bluetoooth Shutter Control. Fitur ini menawarkan kemudahan dan efisiensi dalam penggunaan, khususnya bagi para pengguna kamera mirrorless. Fitur kontrol Bluetooth pada DJI RS 3 Mini mendukung berbagai jenis kamera mirrorless mainstream. 

Setelah pemasangan awal berhasil dilakukan, kamera akan terhubung secara otomatis ke gimbal melalui Bluetooth. Ini menghilangkan kebutuhan untuk menghubungkan kembali secara manual setiap kali digunakan, sehingga menghemat waktu dan usaha.

Setelah koneksi Bluetooth terjalin, pengguna dapat mengontrol fungsi perekaman video dan pengambilan foto langsung dari tombol rekam yang ada di gimbal. Ini berarti pengguna nggak perlu lagi menyentuh kamera untuk memulai atau menghentikan perekaman, yang sangat berguna dalam situasi di mana stabilitas dan kemudahan penggunaan sangat penting.

Fitur Portofolio Stabilizer Ronin

Gimbal DJI RS 3 Mini menggunakan teknologi stabilisasi yang sama dengan yang ditemukan pada produk-produk stabilizer Ronin lainnya. Ini berarti gimbal ini mampu memberikan stabilisasi yang sangat halus dan presisi, memungkinkan pengguna untuk menghasilkan video yang stabil dan bebas dari guncangan, bahkan dalam kondisi pengambilan gambar yang menantang.

Seperti halnya stabilizer Ronin lainnya, DJI RS 3 Mini dilengkapi dengan algoritme stabilisasi yang canggih. Algoritme ini mampu menyesuaikan dengan berbagai gerakan dan kondisi, memastikan bahwa kamera tetap stabil apakah digunakan untuk pengambilan gambar dengan gerakan cepat, sudut rendah, atau dalam situasi dinamis lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan DJI Rs 3 Mini

Kelebihan dan Kekurangan DJI Rs 3 Mini
store.dji.com

Kelebihan DJI Rs 3 Mini

Bobot Ringan 

DJI RS 3 Mini memiliki bobot hanya 795 gram, membuatnya 50 persen lebih ringan dibandingkan dengan DJI RS 3 Pro. Berat yang ringan ini memberikan kemudahan bagi para content creator untuk menggunakannya dalam waktu lama tanpa merasa cepat lelah.

Meskipun ringan, DJI RS 3 Mini mampu membawa beban hingga 2 kg. Kapasitas ini memungkinkan stabilizer ini untuk digunakan dengan berbagai kamera mirrorless lengkap dengan lensa mereka. Hal ini memberikan fleksibilitas yang lebih besar bagi para pengguna.

Kompatibilitas dengan Beragam Kamera

DJI RS 3 Mini dirancang untuk mendukung berbagai jenis kamera mirrorless, baik full frame maupun APS-C. Fleksibilitas ini memungkinkan pengguna untuk mengombinasikan gimbal ini dengan berbagai model kamera arus utama, memberikan kemudahan dalam pemilihan peralatan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Motor Torsi Tinggi

Gimbal ini dilengkapi dengan motor torsi tinggi yang mampu mempertahankan stabilitas pengambilan gambar, bahkan saat melakukan zoom hingga panjang fokus maksimum pada sebagian besar lensa. 

Hal ini dilakukan tanpa memerlukan penyeimbangan ulang, sehingga pengguna dapat mengubah panjang fokus dengan cepat dan tetap mendapatkan hasil gambar yang stabil.

Kekurangan DJI Rs 3 Mini

Nggak Bisa Rotasi Vertikal Penuh

DJI RS3 Mini memiliki keterbatasan pada sumbu roll, yang mencegahnya berputar penuh untuk mencapai posisi vertikal sepenuhnya. Hal ini berarti jika kamu ingin merekam konten dalam format vertikal, seperti cerita Instagram atau video TikTok, kamu harus bersiap untuk meluangkan waktu dan usaha tambahan. 

Prosesnya cukup rumit dan memakan waktu, sehingga mungkin nggak sepadan kecuali kamu berencana menggunakan mode ini untuk jangka waktu yang lama. Langkah-langkah yang perlu kamu lakukan termasuk, melepaskan kamera, dudukan dasar, dan pelat dasar, kemudian melepas batang yang mendukung kamera. 

Selanjutnya, kamu harus memasukkan dudukan dasar ke lengan samping tempat batang sebelumnya berada, memasang kembali kamera, dan menyeimbangkannya ulang. Prosedur ini bisa menjadi penghalang bagi pengguna yang mencari kemudahan dan efisiensi, namun penting untuk mencapai orientasi vertikal yang benar pada DJI RS3 Mini.

Harga DJI Rs 3 Mini

Harga DJI Rs 3 Mini
store.dji.com

DJI RS 3 Mini akan tersedia di pasaran dengan harga Rp 4.695.000, menawarkan teknologi stabilisasi canggih dalam perangkat yang ringan dan portabel, ideal untuk para content creator yang membutuhkan alat yang andal dan mudah digunakan. 

Harga yang ditawarkan DJI untuk gimbal teknologi tinggi ini sangat rasional jika dibandingkan dengan fitur dan spesifikasi yang ditawarkan.


Baca juga

Dapatkan DJI Rs 3 Mini ini di DJI Official Store yang ada di Blibli. Semua kamera serta perangkatnya terkenal dengan kualitas dan keasliannya so nggak usah berlama-lama langsung aja beli di sana!