me

Review DJI Osmo Mobile 6, Gimbal Pertama dengan Active Track Versi 5.0!

May 24, 2024.By Jarvis
Bagikan

dji.com
Pertimbangkan sisi plus dan minus dari DJI Osmo Mobile 6 sebelum beli!

Cicilan 0% Gadget

Untuk content creator atau pekerja media professional, pasti sudah nggak asing lagi dengan gimbal. Yup, Gimbal adalah perangkat kamera yang dirancang untuk mengurangi goyangan dan getaran yang sering terjadi saat merekam video dengan tangan. 

Dengan stabilisasi tiga sumbu, gimbal memastikan bahwa video tetap halus dan bebas dari guncangan, bahkan ketika kamera sedang bergerak cepat atau dalam kondisi yang nggak stabil. Salah satu produk gimbal yang laris di pasaran adalah Dji Osmo Mobile 6. Seperti apa spesifikasinya? Mari ulas bersama di bawah!

Baca juga:


Waktu Rilis DJI Osmo Mobile 6

Waktu Rilis DJI Osmo Mobile 6
dji.com

Setelah beredar berbagai rumor dan spekulasi mengenai spesifikasi DJI OM 6 atau Osmo Mobile 6, akhirnya DJI secara resmi merilis stabilizer kamera terbarunya ini pada 22 September 2022. 

Peluncuran ini disambut dengan antusias oleh para penggemar teknologi dan fotografi, yang telah menantikan inovasi terbaru dari DJI dalam dunia stabilisasi kamera.

Tabel Spesifikasi DJI Osmo Mobile 6

Tabel Spesifikasi DJI Osmo Mobile 6
dji.com

Untuk lebih mengenal DJI Osmo Mobile 6, mari kita selami lebih dalam tentang spesifikasinya sesuai yang ada di tabel bawah ini:

Dimensi   276×111.5×99 mm (nggak dilipat)189×84.5×44 mm (dilipat)
Bobot309 g (Gimbal)31 g (Magnetic Phone Clamp)
Kompatibel Bobot Smartphone  170-290 g
Kompatibel Tebal Smartphone6.9-10 mm
Kompatibel Lebar Smartphone67-84 mm
Tipe BateraiLi-Po 2S
Kapasitas dan Daya  1000 mAh / 7.74 Wh
Suhu Pengisian Daya5° to 40° C (41° to 104° F)
Suhu Pengoperasian Baterai0° to 40° C (32° to 104° F)
Lama PengoperasianSekitar 6 jam 24 menit (tergantung kondisi dan kestabilan gimbal)
Lama Pengisian Daya  Sekitar 1 jam 24 menit (dengan charger Type-C 10W)
Roll-120.30° to 211.97°
Tilt-101.64° to 78.55°
Dimensi Grid TripodPanjang: 138 mm Diameter:32 mm
Bobot Grid TripodSekitar 72 g
BluetoothBluetooth 5.1

Fitur Menarik/Unggulan DJI Osmo Mobile 6

Fitur Menarik-Unggulan DJI Osmo Mobile 6
dji.com

Ada beberapa fitur unggulan dari gimbal kamera dari DJI ini yang membuatmu ingin segera memilikinya. Apa saja? yuk lihat di bawah ini uraiannnya!

Mode Story

Salah satu fitur unggulan yang membuat DJI Osmo Mobile 6 menjadi pilihan ideal bagi banyak pengguna adalah Mode Story. Fitur ini dirancang untuk mempermudah pembuatan video berkualitas tinggi, bahkan bagi mereka yang nggak memiliki banyak pengalaman dalam pengeditan video. 

Mode Story pada DJI Osmo Mobile 6 dilengkapi dengan berbagai template video yang menarik dan kreatif. Setiap template dirancang dengan gaya dan tema tertentu yang cocok untuk berbagai jenis momen, seperti perjalanan, pertemuan keluarga, acara khusus, dan banyak lagi. Template ini mencakup transisi yang halus, efek visual, dan musik latar yang sesuai, memberikan videomu sentuhan profesional.

Setelah semua klip diambil, Mode Story secara otomatis mengedit videomu, menggabungkan klip-klip tersebut dengan transisi yang mulus dan efek visual yang menawan. Proses ini menghilangkan kerumitan pengeditan manual, memungkinkanmu untuk menghasilkan video berkualitas tinggi tanpa harus menghabiskan banyak waktu atau memiliki keterampilan pengeditan yang mendalam.

Active Track System

DJI Osmo Mobile 6 hadir dengan berbagai fitur canggih, salah satunya adalah sistem pelacakan objek terbaru, ActiveTrack 5.0. Teknologi ini diklaim lebih efisien dan dapat digunakan dengan kamera depan, memberikan fleksibilitas dan kemudahan yang lebih besar bagi para pengguna, terutama bagi pemilik iPhone yang juga mendapatkan manfaat dari fitur Quick Launch.

ActiveTrack 5.0 adalah teknologi pelacakan objek yang memungkinkan gimbal secara otomatis mengikuti subjek yang dipilih. Baik kamu merekam diri sendiri, orang lain, atau objek bergerak, sistem ini memastikan bahwa subjek tetap dalam bingkai dengan stabil dan jelas.

Salah satu keunggulan ActiveTrack 5.0 pada DJI Osmo Mobile 6 adalah kemampuannya untuk bekerja dengan baik menggunakan kamera depan maupun belakang. Ini sangat berguna untuk vloggers dan content creators yang sering merekam diri mereka sendiri, karena mereka dapat memanfaatkan pelacakan otomatis tanpa bantuan orang lain.

Quick Launch 

Fitur Quick Launch bekerja secara mulus dengan aplikasi DJI Mimo, yang dirancang untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna dengan gimbal DJI. Saat iPhone dipasang pada stabilizer DJI Osmo Mobile 6, aplikasi Mimo yang telah terpasang di perangkat iPhone akan secara otomatis masuk ke mode kamera. 

Proses otomatis ini berarti pengguna nggak perlu lagi membuka aplikasi secara manual atau melalui beberapa langkah pengaturan. Begitu iPhone terpasang pada gimbal, aplikasi Mimo segera aktif, memungkinkan pengguna untuk mulai merekam hanya dalam hitungan detik. 

Fitur ini membuat DJI Osmo Mobile 6 tiga kali lipat lebih cepat dalam mempersiapkan perangkat untuk merekam dibandingkan dengan metode konvensional. Kecepatan akses ini sangat menguntungkan bagi pengguna yang sering berada dalam situasi di mana waktu adalah faktor kritis. 

Baik saat mengabadikan momen spontan, merekam vlog, atau meliput acara langsung, fitur Quick Launch memastikan kamu nggak kehilangan momen berharga hanya karena harus menunggu perangkat siap.

Kelebihan dan Kekurangan DJI Osmo Mobile 6

Kelebihan dan Kekurangan DJI Osmo Mobile 6
dji.com

Kelebihan DJI Osmo Mobile 6

Punya Tombol Putaran untuk Atur Zoom

Tombol kontrol zoom dan fokus ini kembali hadir di DJI Osmo Mobile 6. Sebenarnya fitur ini sudah ada di DJI Osmo generasi pertama, namun dihilangkan kembali di generasi setelah itu. 

Kemudian, di DJI Osmo Mobile 6 ini kembali dihadirkan mengingat efektivitasnya dalam mengendalikan fokus dan juga zoom kamera yang sedang bergantung di bodinya. 

Display Status Baterai dan Mode

Gimbal DJI yang seri ini menghadirkan layar kecil yang berfungsi untuk menampilkan status baterai saat itu serta mode gimbal apa yang dipakai. Ini sangat berguna selama pemakaian karena pengguna bisa tau kondisi gimbal saat itu dan bisa lebih prepare jika harus segera di charge atau diganti mode gimbal lainnya.

Bodi yang Ergonomis

DJI Osmo Mobile 6 dirancang dengan sistem pelipatan yang lebih sederhana dan efisien. Proses pelipatan hanya membutuhkan satu kali gerakan, memungkinkan pengguna untuk membuka atau menyimpan gimbal dengan cepat dan mudah.

Desain ini memastikan bahwa perangkat dapat dilipat ke dalam bentuk yang lebih ringkas tanpa kesulitan, menjadikannya sangat praktis untuk dibawa-bawa.

Kekurangan DJI Osmo Mobile 6

Harga Relatif Tinggi

Untuk harga stabiliser eksternal HP, DJI Osmo Mobile 6 tergolong produk dengan harga tinggi sebab masih banyak produk sejenis yang punya harga lebih rendah, misalnya di harga under Rp 1 juta.

Harga DJI Osmo Mobile 6

dji.com

DJI Osmo Mobile 6 tersedia di pasaran dengan harga yang bervariasi, tergantung pada penjual dan penawaran yang ada. Kisaran harga rata-rata untuk DJI Osmo Mobile 6 adalah sekitar Rp2.072.713, memberikan nilai yang baik untuk fitur dan teknologi canggih yang ditawarkan oleh gimbal ini. 

Untuk pengguna yang mencari harga termurah, DJI Osmo Mobile 6 bisa ditemukan dengan harga serendah Rp1.965.210, menjadikannya pilihan yang sangat kompetitif dan terjangkau. Sementara itu, di sisi lain, harga tertinggi yang tercatat untuk perangkat ini mencapai Rp2.478.000.


Baca juga

Kamu tertarik untuk tambah perangkat kamera mu? Beli gimbal DJI Osmo Mobile 6 ini sebagai pilihan paling bijak. Langsung ke toko resmi DJI yang ada di Blibli dan dapatkan barang ori!