Aorus X5 V8, Laptop Gaming Siap Tempur dari Gigabyte

Aorus X5 V8

Seiring dengan tren gaming yang terus berkembang, semakin banyak produsen komputer yang merilis laptop gaming, enggak terkecuali Gigabyte. Sebagai produsen komponen komputer ternama, Gigabyte memang cukup sering meluncurkan berbagai laptop gaming levelhigh-end, salah satunya adalah Aorus X5 V8 yang rilis pada Juni 2018 lalu.

Dengan spesifikasi yang dimilikinya, Aorus X5 V8 memang dianggap salah satu laptop terbaik di kelasnya. Untuk mengenal lebih jauh perihal performa dan keunggulan Aorus X5 V8 ini, yuk simak review-nya!

TERTARIK DENGAN LAPTOP AORUS X5 V8 INI?

Tampil elegan dengan all-black exterior

Aorus X5 V8

Sebagai laptop gaming high-end, tampilan luar Aorus sama sekali nggak mengecewakan. Konsep eksterior bertema all-black dengan logo Aorus berwarna putih yang bisa menyala di cover depan membuat laptop ini berkesan elegan sekaligus memiliki karakter yang kuat.

Penggunaan bahan alumunium pada laptop menghadirkan eksterior yang kokoh, meskipun ada juga beberapa bagian seperti port exhaust samping dan belakang yang menggunakan high-end plastic. Hinge yang menghubungkan layar dengan body juga terasa solid saat layar dibuka.

Aorus X5 V8

Port-port konektivitas yang ada di laptop ini juga ditata dengan apik dan rapi. Di bagian kanan ada slot SD Card reader UHS-II, 2 slot USB 3.1, dan slot HDMI. Di sisi kiri ada mini DP, USB 3.1 type C Thunderbolt, dan 2 audio jack. Sementara di bagian belakang ada port charging, 2 port USB 3.1, dan juga port untuk LAN.

Dengan spesifikasi level tinggi dan material yang kokoh, Aorus X5 V8 ini tergolong tipis dan ringan. Beratnya hanya sekitar 2,4 kilogram dengan dimensi 390 x 272 x 22.9 mm. Artinya, laptop ini enggak akan merepotkanmu saat dibawa berpergian.

CEK KOLEKSI LAIN DARI GIGABYTE DI SINI

Interior yang simple namun fungsional

Aorus X5 V8

Berpindah ke sisi interior, hal pertama yang mencuri perhatian adalah tombol power dengan logo Aorus yang terletak di atas keyboard. Sama seperti logo di bagian cover, logo di tombol power ini pun juga akan berpijar sebagai indikator laptop sedang menyala.

Untuk keyboard, Aorus X5 V8 mempercantik diri dengan RGB backlight yang warnanya bisa kamu atur sesuai seleramu. Keyboard juga dilengkapi dengan 5 programmable macro key yang bisa mendukung performamu saat bermain game. Tata letak antar tombol pun didesain dengan cermat, untuk memberikan jaminan kenyamanan saat mengetik.

Touchpad laptop ini pun cukup bisa diandalkan. Sensitivitas maupun berbagai gerakan seperti pinch, zoom, ataupun scroll bisa dilakukan tanpa kendala. Logo Aorus yang tercetak di touchpad juga memberikan kesan gahar. Sayang, enggak ada partisi untuk memisahkan tombol klik kanan dan klik kiri, sehingga bisa cukup membingungkan pada beberapa kesempatan.

2019 MAU PUNYA LAPTOP GAMING BARU? CEK DI SINI PILIHANNYA

Kualitas audio dan visual yang mumpuni

Aorus X5 V8

Beralih ke bagian multimedia, Aorus X5 V8 memiliki kualitas yang sangat meyakinkan. Spesifikasi layar yang dimiliki memang cukup tinggi, yaitu layar 15.4 inci FHD 1920x1080p dengan panel IPS 144Hz dan dilengkapi Nvidia G-Sync untuk menghindari stuttering. Pewarnaan layar pun sangat bagus, karena telah dikalibrasi dan disertifikasi oleh X-rite Pantone.

Di divisi audio, Aorus menggunakan digital audio converter ESS Sabre Hi-fi Audio yang mampu memfasilitasi audio hingga 32 bit192KHz. Suara yang dihasilkan lewat speaker pun terbilang baik. Apalagi kalau kamu menggunakan earphone, kamu bisa mendapatkan kualitas audio yang lebih maksimal dengan detail yang lebih dalam!

Built-in webcam laptop ini enggak mengecewakan meskipun juga enggak bisa dibilang istimewa. Begitu juga halnya dengan built-in mic. Keduanya sudah cukup oke untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti video call misalnya.

DAPATKAN PENGALAMAN MAIN GAME SUPER SERU DENGAN AORUS X5 V8

Menjanjikan performa yang impresif

Aorus X5 V8

Sebagai laptop gaming high-end, tentu performa Aorus X5 V8 enggak perlu diragukan. Hadir dengan prosesor Intel Core i7-8850h (overclockable) dan RAM 16GB dual-channel, Aorus memiliki performa yang powerful. Terbukti laptop ini mendapat multicore score sebesar 22327 pada skala penilaian Geekbench.

Pada bagian dapur visual, laptop rilisan Gigabyte ini menggunakan GPU NVidia Geforce GTX 1070. Graphic card ini cukup tangguh, sehingga mampu melibas berbagai game terbaru pada setting ultra high sekalipun.

Terbukti, saat dilakukan uji coba pada game baru seperti Assasin’s Creed: Odyssey, Aorus X5 V8 mampu berjalan mulus dengan framerate rata-rata 75 FPS pada setting high.

Aorus X5 V8

Sementara saat memainkan game multiplayer seperti Overwatch dari Blizzard, FPS rata-rata yang didapat adalah 130 pada setting high. Itu artinya, kamu bisa bermain dengan lancar tanpa kendala.

Aorus X5 V8

REKOMENDASI LAPTOP GAMING TERBAIK

Thermal test dan ketahanan battery

Aorus X5 V8

Salah satu hal yang juga perlu diperhatikan dari sebuah laptop gaming adalah konsumsi daya dan ketahanan battery. Sayangnya, meski tergolong high end, ketahanan battery Aorus X5 V8 cukup boros meskipun memiliki kapasitas 94 Wh.

Pada kondisi idle, laptop ini memakan daya sekitar 60 watt dan battery mampu bertahan hingga 3,5 jam. Namun untuk penggunaan seperti browsing dan menonton YouTube, battery hanya mampu bertahan selama 1,5 jam. Bahkan ketika sedang full load seperti saat gaming, konsumsi daya naik hingga 230 watt dengan ketahanan battery hanya sekitar 1 jam saja.

Selain battery, pengelolaan suhu juga perlu disoroti. Pendingin laptop ini menggunakan Aorus Cooling System dengan 7 heatpipes. Rata-rata suhu berada di 80 derajat celcius ketika dilakukan full-load stress test.

LIHAT LAPTOP GAMING LAINNYA UNTUK MAIN GAME-GAME TERBARU DI SINI


Laptop ini memiliki spesifikasi yang tinggi sehingga mampu digunakan untuk gaming maupun kegiatan seperti video editing ataupun graphic designing. Selain spesifikasi yang tinggi, laptop ini juga memiliki dimensi yang ringan dan tipis, jadi kamu bisa membawanya kemana-mana dengan mudah. Overall, Aorus X5 V8 ini merupakan merupakan perangkat gaming portable impresif yang layak untuk jadi teman andalanmu!

BELI LAPTOP AORUS X5 V8 SEKARANG DI SINI!

 

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

2 COMMENTS

  1. Banyak masyarakat terutama kalangan millenial membutuhkan laptop untuk kebutuhan E-Learning mereka karena belajar dalam jangkauan internet tanpa bertatap muka langsung dengan guru/dosen, mahasiswa/siswa cukup menyediakan laptop mereka dan jaringan koneksi internet.

LEAVE A REPLY