Resmi Diperkenalkan, Ini Dia 6 Fitur Terbaru Android Q

Android Q, versi terbaru sistem operasi Android akan diluncurkan pada kuartal ke-3 tahun 2019. Hingga saat ini, versi Beta 2 Android Q sudah diluncurkan dan dapat diunduh di smartphone andalan Google, yaitu seri Pixel, Pixel 2 dan Pixel 3.

Google akhirnya resmi mengumumkan kehadiran sistem operasi terbarunya, Android Q. Sistem operasi ini diperkenalkan di gelaran Google I/O yang dihelat langsung dari markasnya di Mountain View, Amerika Serikat (AS).

Android Q sendiri dipastikan akan meluncur pada kuartal ke-3 2019. Sampai sekarang, Android Q versi Beta 2 sudah diluncurkan dan dapat diunduh di smartphone Google Pixel, Pixel 2, dan Pixel 3.

Siapa tahu bagi kamu yang berminat membeli smartphone Google Pixel, bisa meng-upgrade-nya langsung ke Android Q dan menikmati sederet fitur anyarnya. Apa saja? Berikut daftarnya.

1. Kontrol Izin Aplikasi

Jika pop-up izin aplikasi biasanya muncul setiap kali pengguna membuka aplikasi, dalam Android Q pengguna justru dapat memilih mengizinkan akses ke aplikasi. Ada tiga opsi yang bisa dilakukan, yaitu sepanjang waktu, hanya saat aplikasi dipakai, atau saat menolak akses.

Di Android Q sendiri, pengguna memiliki  kontrol akses aplikasi lebih luas. Pengguna dapat  mengontrol akses ke foto, video, dan audio lewat akses perizinan yang lebih tertata sehingga tak ada lagi pop-up mengganggu yang muncul secara non stop menanyakan soal izin aplikasi.

MAKSIMALKAN PENGALAMAN ANDROID Q DENGAN SMARTPHONE PIXEL 3

2. Pilihan Tema Anyar

Salah satu fitur menarik pada Android Q adalah pengguna yang bisa mengkostumisasi tema. Pada versi Beta 1, pengguna dapat mengganti aksen warna user interface (UI) secara keseluruhan yang terdiri dari warna biru, hijau, ungu, dan hitam.

Nahkalau pada versi Beta 2, sudah ada fitur Pixel Themes. Walau belum berfungsi utuh, banyak yang berasumsi Pixel Themes bakal hadir dalam versi utuh di versi final Android Q.

3. Merekam Tanpa Aplikasi Third Party

Salah satu komplain pengguna Android adalah tidak adanya fitur perekaman langsung ala iPhone di smartphone. Itu pun kalau mau merekam, smartphone Android harus menggunakan aplikasi third party. Nah, dengan Android Q, pengguna dapat langsung merekam dengan fitur rekamsecara  built-in-screen. Sekadar informasi, fitur tersebut sudah hadir di versi Beta 1 Android Q.

CARI SMARTPHONE SISTEM OPERASI ANDROID FAVORITMU DI SINI

4. Share Menu yang Terimprovisasi

Perlu diketahui, fitur share menu yang ada di Android sekarang bisa dibilang masih belum sempurna, walau memang sudah berfungsi dengan baik. Asyiknya, di Android Q, fitur share menu akan dirombak.

Fitur share menu ini diimprovisasi Google untuk menghadirkan Sharing Shortcuts dalam Android Q. Sharing Shortcut dengan demikian membantu pengguna dalam membagikan foto, video, dan file lainnya secara cepat dan praktis.

5. Dark Mode

Android Q versi Beta 1 sebetulnya sudah menjalankan fitur ini. Namun, untuk ke depannya, fitur Dark Mode bakal berjalan otomatis dengan jadwal yang bisa dikustomisasi semau pengguna.

Uniknya, Dark Mode akan menyala secara otomatis jika baterai smartphone melemah. Fitur ini pun diklaim bisa jadi akan merawat umur baterai.

Dukungan untuk Smartphone Lipat

Via Neow.in

Semakin banyak smartphone foldable atau smartphone yang layarnya dilipat seperti Galaxy Fold pada akhirnya menciptakan Android Q hadir dengan dukungan untuk smartphone jenis ini. Google mengungkap bahwa pembuatan aplikasi sudah berjalan dengan baik dan perusahaan tersebut sudah menghadirkan sederet perbaikan di Android Q, seperti  perubahan fitur onResume dan onPause untuk dukungan multi-resume dan memperbaiki fitur resizeable activity.

CEK PIXEL 3 64GB VARIAN NOT PINK DI SINI

Nah, itu dia enam fitur baru Android Q yang bakal bisa dinikmati pengguna Android. Khusus bagi kamu yang hendak membeli Pixel atau sudah menggunakan smartphone Pixel, enam fitur baru ini patut dinanti demi menunjang produktivitas sehari-hari.

Jarvis

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.
Jarvis

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY