me

Resep Semur Telur ala Rumahan, Enak dan Simple Dibuat!

May 08, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

Praktekkan dan ikuti resep untuk membuat semur telur di sini!

Memiliki manfaat yang banyak, telur merupakan kombinasi antara protein dan lemak yang baik untuk tubuh. Bahkan, mengkonsumsi telur setiap hari dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama, loh. Oleh karena itu, biar Blibli Friends nggak bosan, kamu bisa menyajikan menu telur yang berbeda-beda untuk di rumah dan pastinya rasanya enak dan simple dibuat untuk lauk.

Semur telur bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Blibli Friends coba sekaligus membantu kamu untuk belajar memasak, nih. Menu sederhana yang satu ini mudah dibuat secara praktis dan tetap memiliki kaya akan nutrisinya. Penasaran apa aja resep dan gimana sih cara pembuatan semur telur? Langsung aja cek resep semur telur ala rumahan yang enak dan simple dibuat!

Baca juga: 7 Resep Teh Asli Indonesia, Bikin Sehat dan Enak Banget!


Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Bahan Utama

Bahan Bumbu Halus

  • 5 siung bawang merah berukuran besar
  • 3 siung bawang putih berukuran besar
  • 3 butir kemiri
  • 1 batang serai
  • 2 cm lengkuas
  • 1/4 bagian gula merah berukuran bulat
  • 1/2 sendok makan gula pasir putih
  • 1/2 bagian pala
  • 2 lembar daun salam
  • 1/2 sendok teh ketumbar bubuk
  • 1 sendok teh merica atau lada
  • Kecap manis secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air secukupnya

Alat-alat yang Diperlukan

  • Kompor
  • Blender
  • Panci untuk merebus
  • Wajan teflon anti lengket
  • Spatula
  • Piring sebagai wadah

Cara Membuat Semur Telur

  1. Siapkan panci berisikan air secukupnya hingga telur bisa terendam dan hidupkan kompor dengan api sedang. Rebus air hingga mendidih.
  2. Masukkan semua telur mentah ke dalam panci dan tunggu selama kurang lebih 9 hingga 15 menit.
  3. Sambil menunggu telur rebus dimasak, kamu bisa menyiapkan bahan-bahan bumbu lainnya, seperti menggoreng tahu sebagai bahan pelengkap.
  4. Cara menggoreng tahunya cukup dengan cara seperti biasa.
  5. Setelah telur rebus masak, kamu bisa diamkan sebentar di dalam mangkuk berisi air dingin sampai kulit telur terasa dingin saat disentuh.
  6. Kupas kulit telur secara menyeluruh dan cuci lagi agar lebih besar dari potongan kulit telur. Sisihkan ke tempat yang bersih bersama tahu.
  7. Beralih ke bahan-bahan lain, siapkan blender untuk membuat bumbu halus semur telur.
  8. Masukkan semua bawang merah, bawang putih, pala yang sudah dihancurkan, dan kemiri yang sudah digeprek ke dalam blender.
  9. Tambahkan juga minyak secukupnya agar bumbu semur nggak terlalu kering saat dihaluskan.
  10. Hidupkan blender dan haluskan semua bumbu sampai semuanya halus secara merata.
  11. Siapkan wajan teflon anti lengket di atas kompor. Hidupkan api kompor dengan sedang.
  12. Tuang minyak bekas menggoreng tahu ke wajan teflon secukupnya.
  13. Masukkan semua bumbu ke wajan dan tumis. Tambahkan sedikit air ke dalam blender sisa bumbu tadi. Aduk-aduk semua bahan hingga masak, lalu tambahkan air sisa bumbu halus ke dalam wajan agar masakan nggak terlalu kering.
  14. Masukkan lengkuas, serai, dan daun salam. Aduk terus bumbu agar bisa matang secara sempurna.
  15. Tambahkan merica, ketumbar, gula merah yang sudah diiris halus, dan gula pasir putih. Aduk kembali semua bahan hingga tercampur rata.
  16. Tumis semua bahan hingga mengeluarkan aroma harum yang gurih.
  17. Berikutnya, kamu bisa memasukkan semua telur bulat ke dalam wajan. Aduk sebentar semua bumbu dan telur hingga merata.
  18. Tambahkan tahu yang sudah digoreng ke dalam wajan. Aduk lagi sampai semua telur dan tahu menyatu bersama bumbu semur.
  19. Tuangkan air secukupnya sampai semua bahan telur dan tahu terendam.
  20. Masukkan garam dan kecap manis secukupnya. Aduk sesekali dan tunggu hingga kuah semur menyerap sedikit demi sedikit.
  21. Kamu bisa menutup wajan teflon agar kuah lebih cepat menyerah dan mendidih.
  22. Aduk lagi dan ubah ke api kecil jika warna kuah dan tampilan telur sudah berubah kecoklatan.
  23. Tutup lagi wajan teflon hingga kuah berkurang dan menyerap ke bahan telur dan tahu. Cicipi rasa kuahnya sedikit, jika sudah pas kamu bisa membiarkan masakannya sebentar tanpa ditutup.
  24. Saat kuah semur sudah sedikit kental, kamu bisa mematikan api atau kamu bisa menunggu hingga semua kuah menyerap dan kering sesuai dengan selera kamu.
  25. Terakhir, matikan api kompor dan pindahkan semua masakan ke wadah piring yang tahan panas. Taburkan bawang goreng sesuai selera kamu.
  26. Semur telur sudah siap untuk disajikan, nih!

Tips Membuat Semur Telur

Bumbu semur dikenal dengan rasa rempahnya yang melimpah. Nggak heran kalau bumbu semur ini sering dikreasikan bersama makanan lauk lainnya, salah satunya telur rebus. Semur telur ini pun nantinya bisa kamu tambahkan dengan bahan pelengkap lainnya, seperti tahu goreng atau kentang.

Dikenal dengan cara pembuatannya yang cukup mudah, Blibli Friends juga perlu memperhatikan beberapa hal saat membuat semur telur ini. Yuk, lihat dulu tips membuat semur telur sebagai berikut:

Menggunakan Bahan yang Tepat

pexels.com

Mengingat semur telur menggunakan bahan bumbu yang berasal dari rempah-rempah, kamu bisa menggunakan bahan yang tepat dan berkualitas. Pastikan, sebelum menghaluskan bahan-bahan bumbu kamu memilih rempah yang masih layak digunakan dan sudah dicuci bersih, ya. 

Usahakan juga kamu menggunakan bahan bumbu yang dibuat sendiri dan bukan bumbu instan, agar mendapatkan rasa yang lebih otentik dan pas di lidah.

Menambahkan Air Secara Bertahap

Tips berikutnya untuk membuat semur telur adalah kamu juga perlu memperhatikan cara penuangan air ke dalam masakan. Saat memasak semur, disarankan kamu menambahkan air secara bertahap dan bukan sekaligus. Hal itu menciptakan kuah semur jadi lebih kental dan bisa kamu atur tingkat kekentalannya. Selain itu, rasa bumbu yang sudah dimasak sebelumnya juga lebih terasa.

Menuangkan Kecap Sedikit Demi Sedikit

Sama seperti air, Blibli Friends juga perlu menuangkan kecap sedikit demi sedikit ke dalam masakan semur telur. Hal ini menghindari bumbu semur telur nggak terlalu manis dan rasanya tetap pas di lidah kamu. Jangan lupa untuk tetap mengaduk bumbu semur telur sesekali agar semua bumbu dan kecapnya tercampur rata.

Jangan Menggunakan Api Besar

freepik.com

Memang saat memasak kamu dibutuhkan kesabaran untuk mendapatkan rasa bumbu yang pas. Sama seperti memasak semur telur, kamu harus menggunakan api sedang atau api kecil agar masakan nggak mudah gosong. Selain itu, hal ini juga membuat bumbu bisa menyerap ke bahan makanan secara sempurna, loh. Kuah semur juga nggak mudah terserap.


Baca juga: Resep Kue Pukis yang Bisa Dibuat di Rumah

Nah, itu dia resep semur telur yang bisa kamu buat di rumah untuk makanan pendamping nasi hangat. Dapatkan semua kebutuhan bumbu dan bahan masakan di supermarket online di Blibli. Selain lengkap, kamu juga bisa mendapatkan bahan-bahan dengan harga yang lebih murah karena pasti untung belanja di Bliblimart. Yuk, praktekkan dan kreasikan masakan semur ala kamu!