me

Cek Resep Sayur Asem untuk Buka Puasa Bareng Keluarga

May 08, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

Praktik resep sayur asem segar di kos dan di rumah bareng orang tercinta!

Resep Sayur Asem — Olahan sayur merupakan salah satu jenis makanan yang populer di Indonesia. Ada berbagai macam makanan sayur yang biasa disajikan, mulai dari yang menggunakan bahan sayuran tertentu saja hingga sayur yang dicampur dengan bahan lain seperti daging atau ikan. 

Beberapa contoh sayuran yang sering digunakan dalam masakan Indonesia antara lain kangkung, bayam, kacang panjang, sawi, dan sayuran daun lainnya. Selain itu, sayur-sayuran tertentu seperti nangka muda, labu siam, dan singkong juga sering dijadikan bahan utama dalam masakan sayur.

Salah satu contoh masakan sayur yang populer di Indonesia adalah Sayur asam. Hidangan sayuran khas Indonesia ini terkenal dengan citarasa yang asam segar. Hidangan ini biasanya terdiri dari berbagai macam sayuran seperti kacang panjang, terong, jagung muda, daun melinjo, dan lain sebagainya yang direbus dalam kuah asam pedas yang dibuat dari campuran asam jawa, bumbu-bumbu rempah, dan gula. 

Baca juga:

Beberapa variasi sayur asam juga dapat ditambahkan dengan daging ayam atau ikan untuk memberikan rasa yang lebih gurih. Sayur asam sering disajikan sebagai hidangan pendamping nasi putih dan dapat dinikmati dalam berbagai kesempatan seperti pada acara keluarga, acara formal, dan sebagainya.

Kelezatan sayur asam dapat dilihat dari perpaduan antara citarasa asam, manis, gurih, dan pedas yang sangat meriah. Kuah asam pada hidangan ini memiliki rasa yang segar dari asam jawa yang dipadukan dengan rasa manis dari gula dan rasa gurih dari bumbu rempah.

Selain itu, kenikmatan sayur asam juga dapat dilihat dari kaya akan nutrisi dan vitamin karena terdiri dari berbagai jenis sayuran yang segar dan sehat. Hal ini menjadikan hidangan ini cocok dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari dan sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Mau coba bikin sayur asem di rumah? Boleh banget loh! Bahan dan alatnya mudah didapatkan. Caranya juga sederhana sehingga kamu ga perlu repot! Yuk, simak informasi bahan, alat, resep, dan tips membuat sayur asem yang segar!

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sayur asam biasanya meliputi:

  • 2 liter air
  • 1/2 papan labu siam, potong kecil
  • 1 buah jagung manis, potong-potong
  • 100 gr kacang panjang, potong-potong
  • 2 buah tomat merah, potong-potong
  • 2 buah cabe merah, iris halus
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 lembar daun jeruk, iris tipis
  • 2 sdm gula merah, sisir halus
  • 2 sdm asam jawa, larutkan dalam sedikit air
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng 

Alat-Alat yang Diperlukan

Berikut ini beberapa alat yang harus kamu siapkan saat hendak membuat sayur asem:

  • Panci atau wajan untuk merebus bahan-bahan
  • Pisau untuk memotong bahan-bahan
  • Talenan untuk menata bahan-bahan yang akan dipotong
  • Sendok untuk mengaduk dan mencicipi masakan
  • Cobek dan ulekan untuk menumbuk bumbu dan rempah
  • Wadah atau mangkuk bersih

Cara Membuat Sayur Asem

Cukup mudah, tiru resep membuat sayur asem di bawah ini di rumahmu:

  1. Didihkan air bersih yang sudah disiapkan tadi dalam panci.
  2. Masukkan potongan labu siam, jagung manis, dan kacang panjang ke dalam air mendidih. Tunggu sekitar 10-15 menit sampai sayuran setengah matang. Coba tusuk dengan garpu untuk mengecek tingkat kematangan sayurnya.
  3. Tambahkan potongan tomat dan irisan cabe merah ke dalam panci, lalu aduk-aduk hingga sayuran tercampur rata.
  4. Masukkan daun salam, serai, dan daun jeruk ke dalam panci.
  5. Tambahkan gula merah dan aduk hingga gula merah larut dengan kuah sayuran.
  6. Masukkan asam jawa yang sudah dilarutkan ke dalam panci. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  7. Tambahkan garam secukupnya dan aduk rata. Cicip sesekali untuk mengoreksi rasa sesuai selera kamu.
  8. Tambahkan minyak goreng secukupnya dan aduk rata. Matikan api.
  9. Sayur asem siap disajikan sebagai makanan pendamping nasi hangat.

Tips Membuat Sayur Asem

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat sayur asem yang lezat:

Memilih bahan-bahan yang segar

Memilih bahan-bahan yang segar sangat penting dalam membuat sayur asam yang lezat. Bahan-bahan sayuran seperti kangkung, kacang panjang, labu siam, dan jagung harus dipilih yang segar agar rasa dan teksturnya tetap terjaga dan nggak mudah layu. Sedangkan bahan protein seperti ikan asin dan daging harus dipilih yang segar dan berkualitas baik agar memberikan rasa yang enak pada sayur asam.

Selain itu, perhatikan juga bahan-bahan penyedap lainnya seperti asam jawa, gula, dan garam yang digunakan. Pastikan untuk menggunakan bahan-bahan tersebut yang berkualitas dan nggak terlalu banyak sehingga nggak menghilangkan rasa segar dari sayur asam. Dengan memilih bahan-bahan yang segar dan berkualitas baik, sayur asam yang dihasilkan akan lebih lezat dan segar untuk dinikmati.

Memasak sayuran secara bertahap

Masak sayuran secara bertahap, dimulai dengan sayuran yang membutuhkan waktu paling lama untuk matang. Tambahkan sayuran lain secara bertahap agar setiap jenis sayuran matang secara merata dan nggak terlalu empuk.

Tambahkan bumbu secukupnya

Saat menambahkan bumbu, pastikan untuk menyesuaikan dengan selera kamu. Kamu juga dapat menambahkan gula dan garam secukupnya agar rasanya lebih seimbang. Namun, jangan terlalu banyak menambahkan bumbu atau gula, karena hal ini dapat mengganggu rasa asli dari sayur asem.

Jangan terlalu lama merebus sayuran

Saat merebus bahan-bahan sayur, jangan terlalu lama memasaknya agar warna dan kesegaran sayur masih terjaga. Sebaiknya masak sayur hingga setengah matang sebelum ditambahkan dengan asam dan bahan-bahan lainnya.


Baca juga: Resep Mudah Martabak Mie

Demikian informasi mengenai bahan, alat, resep, dan tips membuat sayur asem. Coba praktikkan di rumah atau di kos bareng keluarga dan sahabatmu. Hidangkan menu ini untuk makan siang, dijamin pasti tambah segar dan memuaskan. Apalagi jika ditemani dengan sambal yang pedas dan lauk sederhana seperti tempe dan tahu. 

Bikin sayur asem ala kamu di rumah dan jangan lupa siapkan seluruh bahan yang diperlukan. Kalau di dapurmu masih belum memiliki bahan-bahannya, kamu bisa berbelanja di supermarket online Blibli. Di sana tersedia banyak stok bahan makanan yang segar, berkualitas bagus, harga murah, dan bisa diantarkan ke alamatmu langsung.

Banyak pilihan bahan yang bisa kamu beli untuk persediaan satu minggu ke depan. Selain bahan sayur asem, kamu bisa membeli bahan makanan lain di sana. Yuk, tunggu apa lagi? Buruan pesan bahan makanan mingguan hanya di supermarket online Blibli ya! Karena blibli adalah tempat belanja terbaik untuk kamu! Pasti Untung Belanja di Bliblimart.