me

Resep Sate Kambing Paling Gampang, Bikin Lidah Bergoyang!

May 08, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

Mempraktekkan resep sate kambing ternyata nggak sesulit yang dibayangkan, lho.

Indonesia kaya akan kuliner lokal yang nggak hanya enak, tapi juga mudah cara buatnya. Salah satu makanan yang memiliki citarasa khas dan wajib banget kamu coba adalah sate kambing. Dagingnya yang legit ditambah dengan aromanya yang unik bikin sate kambing jadi menu andalan terutama di momen istimewa seperti Hari Raya Qurban atau saat kumpul keluarga.

Menariknya, kamu nggak harus selalu beli sate kambing di warung langganan yang bisa bikin dompet kempes karena harganya yang mahal. Kamu bisa mencoba resep sate kambing paling gampang di bawah ini. Ribet? Nggak kok, cara bikinnya sederhana dan bahannya juga mudah didapatkan. Biar makin seru dan mudah, kamu bisa bikin rame-rame bareng keluarga biar makin kompak.

Baca juga: Ide Menu Buka Puasa


Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Bahan Utama

  • Daging kambing muda 500 gram, potong dadu sebesar 2 cm

Bumbu Oles

  • Bawang putih 2 siung, haluskan
  • Ketumbar bubuk, ½ sdt
  • Merica bubuk, ¼ sdt
  • Kecap manis, 100 ml
  • Air perasan jeruk nipis secukupnya

Taburan

  • Bawang merah goreng

Alat-alat yang Dibutuhkan

  • Tusuk sate 20 batang, rendam air dan tiriskan
  • Mix bowl
  • Kuas
  • Panggangan atau grill pan

Cara Membuat Sate Kambing

  1. Campurkan semua bahan bumbu oles dalam mix bowl. Aduk hingga tercampur rata.
  2. Masukkan daging kambing muda yang udah dipotong dadu sebesar sekitar 2 cm ke dalam mix bowl. Aduk rata supaya daging kambing terlumuri dengan bumbu oles seluruhnya.
  3. Diamkan daging kambing yang dimarinasi selama sekitar 1 jam di dalam lemari es agar bumbu lebih meresap dan daging lebih empuk.
  4. Setelah 1 jam, keluarkan daging kambing yang udah dimarinasi dan diamkan sampai dinginnya menguap.
  5. Ambil tusuk sate, isi masing-masing dengan 4 potong daging. Lakukan sampai tusuk sate habis.
  6. Siapkan panggangan atau grill pan. Panaskan di atas kompor hingga benar-benar panas.
  7. Letakkan beberapa tusuk sate kambing di atas panggangan. Panggang hingga daging berwarna kecoklatan dan aroma sedapnya menguar.
  8. Sesekali oleskan sisa bumbu oles tadi ketika memanggang sate kambing supaya rasanya lebih tajam dan mantap.
  9. Jika satu sisi udah matang, balik sate kambing dan panggang hingga warna dan matangnya merata.
  10. Ulangi proses pemanggangan ini pada tusukan sate lainnya sampai habis.
  11. Tata sate kambing yang udah matang sempurna di atas piring, tuangkan kecap manis di atasnya secukupnya.
  12. Taburi dengan bawang merah goreng.
  13. Sate kambing sederhana yang nikmat siap disantap.

Tips Membuat Sate Kambing

Nah, gampang kan, cara membuat sate kambing sederhana? Walaupun bahan dan langkah pembuatannya nggak seribet penjual sate di warung langganan tapi soal rasa jangan diragukan karena nggak kalah lezat. Biar makin enak dengan tekstur yang lebih empuk, ada beberapa hal yang musti kamu perhatikan saat mencoba resep sate kambing di atas.

Pilih daging kambing muda

Daging yang a lot sering menjadi masalah saat menyantap atau membuat sate kambing. Kalau ingin sate kambing kreasimu memiliki tekstur daging yang lebih lunak saat dikunyah, sebaiknya kamu memilih jenis daging kambing muda. Seperti yang kamu tahu, daging adalah otot yang jika sering digunakan maka teksturnya akan semakin alot dan ulet. Makin tua kambingnya, makin keras ototnya.

Dengan menggunakan daging kambing muda, dagingnya akan lebih lembut dan lunak mengingat kambing yang digunakan usianya belum banyak. Kamu mungkin kesulitan membedakan mana daging kambing tua dan muda. Dalam hal ini, kamu bisa menanyakannya langsung ke penjual daging yang pastinya lebih pengalaman memilih daging yang bagus dan muda. 

Jika ingin lebih simpel, kamu tinggal beli daging kambing kemasan di supermarket. Biasanya, daging kemasan udah diberi label nama sendiri, misalnya daging kambing muda dan sebagainya sehingga lebih mudah memilihnya. Hanya saja, daging kemasan seperti ini emang kalah segar dibandingkan dengan membeli langsung di pasar. Jadi, sekarang tergantung pilihanmu.

Rendam dengan Nanas, Jika Diperlukan

Sebagai newbie dalam urusan membuat sate kambing, kamu mungkin punya kekhawatiran bahwa daging kambing muda yang digunakan masih tetap alot dan keras saat dimakan walaupun udah dipanggang lama. Untuk menyiasati hal ini, cara tradisional orang zaman dulu bisa banget kamu coba, yaitu dengan merendam daging dengan irisan nanas muda.

Nanas memiliki enzim bromelain yang berfungsi melemahkan kekuatan otot sehingga tekstur daging akan lebih empuk. Kandungan enzim paling banyak terdapat pada buah nanas muda yang warna kulitnya masih kehijauan. Kamu bisa mencoba strategi mengempukkan daging ini sebelum memproses daging kambing menjadi sate yang nikmat.

Jangan Dicuci dengan Air

Selain masalah tekstur daging yang kadang suka keras dan ulet, ada satu lagi tantangan dari mengolah daging kambing yaitu aromanya yang menyengat. Walaupun ini adalah bau yang normal dari daging kambing, namun sebagian orang nggak tahan dan akhirnya enggan untuk menyantap kuliner berbahan dasar daging kambing.

Percaya atau enggak, mencuci daging kambing dengan air akan membuat aromanya jadi lebih tajam dan akhirnya mengurangi selera makan bagi yang nggak suka dengan baunya. Oleh karena itu, hindari mencuci daging kambing terlalu lama. Untuk menghilangkan aromanya lebih baik kamu menggunakan perasan jeruk nipis atau direndam dalam irisan nanas muda.

Marinasi Setidaknya 1 Jam

Daging kambing memiliki tekstur yang ulet dan tebal yang menjadikannya juicy saat dikunyah. Di sisi lain, tekstur daging seperti ini bikin dia nggak mudah menyerap bumbu. Untuk menyiasati hal ini, kamu bisa melakukan marinasi yaitu membiarkan daging tercampur dengan bumbu lalu diamkan selama setidaknya 1 jam. Bahkan, akan lebih baik jika proses marinasi bisa lebih lama.

Marinasi seperti ini emang makan waktu, namun dengan begini daging kambing bisa menyerap bumbu dengan sempurna. Alhasil, citarasa manis, legit dan gurih dari bumbu bisa terasa hingga ke dalamnya. Proses marinasi yang bagus juga membantu melunakkan tekstur daging kambing, lho.

Gunakan Panggangan Antilengket

Terakhir nih, proses pemanggangan sebaiknya berjalan dengan smooth alias tanpa hambatan. Supaya daging dan bumbunya nggak lengket dimana-mana yang bikin kamu bete, akan lebih baik jika sate kambing dipanggang di atas pemanggang atau grill pan anti lengket. Dengan begini, kamu nggak kesulitan memanggang dan sate kambing juga nampak cantik tanpa ada bagian yang lengket.


Baca juga: Ide Menu Sahur untuk Penderita Asam Lambung

Biar makin asyik mencoba resep sate kambing sederhana di atas, pastikan kamu udah menyiapkan dan melengkapi semua bahan yang dibutuhkan. Nggak perlu keluar rumah, kamu bisa belanja di supermarket online Blibli. Hanya dalam waktu singkat, semua bahan makanan untuk membuat sate kambing nikmat bakal tiba di tempat dengan selamat. Pasti untung belanja di Bliblimart!