Nggak Usah Nunggu Lebaran, Yuk Siapkan Resep Opor Ayam untuk Ramadhan Nanti!

resep opor ayam

Meskipun opor ayam itu identik dengan hidangan Idul Fitri, bukan berarti kamu nggak bisa menyajikannya di hari-hari lainnya. Sebagai salah satu hidangan nusantara, opor ayam itu punya cita rasa penuh rempah yang kuat dan khas banget! Tapi, kalau ingin rasa yang sempurna, tentunya kamu juga perlu resep opor ayam yang pas juga.

Oh iya, kira-kira untuk menyajikan opor ayam dalam resep ini, kamu butuh 40 menit untuk mempersiapkan bahan dan 45 menit proses memasak. Dari segi porsi, hidangan opor ayam ini cocok untuk dinikmati 6 orang. Nah, biar kamu bisa menikmati opor ayam setiap saat kamu menginginkannya, coba simak dulu resep opor ayam ini.

SEBELUM MULAI MEMASAK, PASTIKAN KAMU SUDAH BELANJA SEMUA BAHANNYA DI SINI!

Bahan yang harus disiapkan

resep opor ayam
Via – ASTA

Bahan masakan:
1 ayam utuh
1 liter santan kelapa encer
500 ml santan kelapa kental
4 lembar daun jeruk purut segar
1 lembar daun kunyit
1 lengkuas
1 batang serai
1 sachet Royco rasa ayam
2 sendok makan bawang goreng
3 bawang merah
6 bawang putih
1 cm kencur
5 kemiri

Bumbu halus:
2 sendok teh garam
1 sendok makan gula pasir
1 sendok teh lada putih bubuk
1 sendok teh ketumbar

KALAU SUDAH TAHU BAHANNYA, SEKARANG SAATNYA BERSIAP DENGAN MENGUNJUNGI BLIBLI MART

Langkah memasak

resep opor ayam
Via – ResepKoki
  1. Potong ayam sesuai dengan selera lalu campurkan dengan bumbu halus. Biarkan selama 30 menit agar bumbu dapat meresap ke dalam potongan ayam.
  2. Rebus santan encer dalam panci, lalu masukkan sisa bahan lainnya (kecuali santan kental dan bawang goreng). Masak seluruh campuran tersebut dengan api kecil selagi diaduk perlahan.
  3. Setelah 5 menit, masukkan ayam dan lanjutkan mengaduk untuk 10 menit.
  4. Masukkan santan kental dan aduk perlahan hingga ayam menjadi empuk. Kalau kamu suka kuah yang agak encer, kamu bisa menambahkan air perlahan-lahan ketika memanaskan kuah.
  5. Opor ayam siap disajikan dengan taburan bawang goreng di atasnya.

Wah, ternyata memasak opor ayam yang lezat itu nggak sulit. Nggak perlu banyak peralatan masak yang aneh-aneh! Kamu hanya perlu mempersiapkan saja bahannya dan mengikuti resep opor ayam di atas. Kalau ada yang kurang, kamu juga bisa menambahkan sentuhan pribadi seperti ekstra cabai atau mungkin ditambah potongan kentang.

Bagaimana? Jadi, nggak sabar ya buat masak opor ayam di rumah buat keluarga? Kalau begitu, buruan deh belanja segala kebutuhan bahannya di #BlibliSekarang!

SELURUH BAHAN MASAK BISA DIDAPAT HANYA DENGAN MENGUNJUNGI BLIBLI MART!

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY