Resep Odading Bantal, Nggak Kalah Enak dari Odading Mang Oleh

resep odading mang oleh
Image Source: shutterstock

Resep Odading Bantal ー Siapa nih yang belum tahu odading bantal? Yap, odading bantal merupakan semacam roti goreng yang yang lagi viral banget karena video reviewnya Ade Londok. Dalam video review tersebut, Ade Londok mereview Odading Mang Oleh atau Mang Soleh dengan sangat unik dan persuasif. Penasaran nggak sama video review Ade Londok soal odading yang sudah ada sejak tahun 1981 ini? Yuk tengok video di bawah ini.

Gara-gara viral, orang-orang yang belum pernah mencobanya jadi penasaran. Kalau yang bertempat tinggal di kawasan Bandung, bakal lebih mudah ya untuk datang langsung ke tempat jualan Mang Soleh. Namun, bagi Blibli Friends yang berdomisili di luar Bandung, sepertinya agak PR dan masih nggak memungkinkan untuk pergi ke luar kota di masa pandemi sekarang.

Nah, ada cara lain nih biar bisa tetep nikmatin odading bantal nih, Blibli Friends. Salah satunya adalah dengan bikin sendiri di rumah. Sekalian ngisi waktu kan selagi #DiRumahAja. Resepnya gampang banget, kok! Kamu juga nggak perlu menggunakan telur untuk resep roti bantal ini. Yuk simak resep odading berikut ini:

BACA JUGA: ALASAN DALGONA COFFEE GAGAL

________________________

Bahan-Bahan:

BELI BAHAN-BAHANNYA DI SINI

Cara Membuat:

  1. Campurkan semua tepung terigu, gula pasir halus, soda kue dan ragi. Kemudian, aduk hingga rata. Lalu, tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga setengah kalis. Uleni dengan menggunakan tangan. Kalau sudah setengah kalis, masukkan mentega. Kemudian, uleni lagi hingga kalis, bisa dengan menggunakan mixer. Namun, tidak perlu terlalu kalis sekali, adonan cukup diuleni sampai bisa ditarik.
  2. Sekarang, bulatkan adonan dan taruh di dalam wadah yang sebelumnya sudah ditaburi dengan tepung sedikit saja.
  3. Diamkan adonan di dalam wadah, tutupi dengan plastik wrap sampai rapat. Tunggu selama 50 menit hingga 1 jam. Lamanya waktu menunggu disesuaikan suhu di tempat kamu bikin kue. Kalau dirasa 50 menit sudah cukup, maka tidak masalah.
  4. Setelah didiamkan, kue akan mengembang sampai dua kali lipat dari ukuran adonan aslinya. Tinju adonan untuk membuat udara di dalamnya keluar. Lalu, uleni lagi sebentar saja.
  5. Gilas adonan dengan menggunakan rolling pin, sampai ketebalannya mencapai 1 atau 1,5 cm.
  6. Sesudah adonan pipih dengan ketebalan sesuai selera, potong-potong adonan dengan bentuk persegi panjang berukuran sedang. Disesuaikan saja dengan selera kamu.
  7. Olesi bagian atasnya dengan air, kemudian taburi wijen sambil ditekan-tekan sedikit agar wijennya menempel. Jika sudah semua, tata potongan adonan kue di atas loyang atau wadah dengan alas datar dan luas.
  8. Kembali tutupi adonan kue bertabur wijen dengan plastik wrap. Diamkan sebentar, sekitar 10 menit saja.
  9. Siapkan wajan berukuran sedang. Tuang minyak goreng dan panaskan. Masukkan adonan kue dan goreng bolak-balik hingga warnanya berubah jadi kekuningan.
  10. Siap disajikan.
  11. Catatan: Saat menggoreng, tipsnya yakni jangan sampai minyaknya terlalu panas agar tidak cepat gosong. Kamu bisa gunakan api kecil saja. Kemudian, jangan membolak-baliknya terus, cukup sekali saja. Teknik ini akan membuat kuenya matang sempurna, mengembang seperti bantal, renyah dan gurih di luar tapi lembut banget di dalam.

________________________

BACA JUGA: CARA MEMBUAT SOTO AYAM KUAH BENING

Itu tadi resep odading bantal yang mantap, pastinya nggak kalah enak dari roti odading Mang Oleh. Gampang banget, kan? Kalau mau belanja bahan-bahannya yang lengkap di Bliblimart aja, supermarket online no.1. Nggak cuma itu, kamu juga bisa lho nikmati fitur langganan di Bliblimart dan beberapa kategori lain seperti Ibu & Anak, Kesehatan & Kecantikan, Otomotif, hingga Home and Living. Selain lebih hemat, bisa dapat cashback juga! Yuk cobain sekarang sekalian beli bahan-bahan odading biar bisa jadi iron man. 🤖

blm langganan hemat

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY