me

Resep Mudah Salmon Mentai, Dijamin Nikmat!

Jun 14, 2019.By Blibli Friends
Bagikan

Belakangan ini, mentai rice sedang menjamur di kalangan industri makanan homemade di Jakarta. Berasal dari kata mentaiko yang berarti ikan kod, hidangan yang kaya akan citarasa mayo ini mulai digemari banyak orang karena kelezatannya yang luar biasa. Yakin deh, Blibli Friends pun pasti pernah mencobanya, ‘kan?

Salah satu kreasi yang paling digemari ialah salmon mentai rice. Alih-alih menggunakan ikan kod yang sulit didapatkan, maka digunakanlah salmon yang cenderung lebih mudah ditemui dan juga cocok dengan lidah orang Indonesia. Nah ternyata, cara pembuatannya tak sesulit yang dikira, loh. Buat kamu yang mau mencoba sendiri di rumah, yuk ikuti beberapa tips sederhana berikut!

Bahan dasar:

  • 2 porsi nasi sushi
  • 2 sdm bubuk nori
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdt minyak wijen
  • 130 gram irisan tipis ikan salmon yang sudah dibalurkan kecap asin

Bahan saus mentai:

  • 200 ml mayones Jepang
  • 1 sdm mentaiko
  • 1 sdt saus sambal
  • Bubuk cabai
null
Via Pexels

Langkah memasak:

1. Campurkan seluruh bahan saus mentai dan aduk hingga merata. Mentaiko yang cenderung sulit didapat bisa diganti dengan tobiko, yang tak kalah bergizi dan juga umum digunakan pada kreasi salmon.

BELANJA TOBIKO UNTUK BAHAN SALMON MENTAI DI SINI

2. Bumbui nasi sushi dengan bubuk nori, kecap asin, dan minyak wijen. Aduk hingga rata, lalu tempatkan dalam wadah aluminium.

REKOMENDASI BERAS ORGANIK UNTUK NASI SUSHI

3. Kemudian tempatkan irisan salmon ke dalam loyang. Panggang menggunakan blow torch selama 1-2 menit. Jika tak ada blow torch,kamu juga bisa memanggangnya di oven.

SALMON SASHIMI SEGAR PILIHAN, LANGSUNG DIKIRIM KE TEMPATMU

4. Susun ikan salmon yang sudah terpanggang ke atas nasi sushi. Lanjutkan dengan menuangkan saus mentai di atasnya secara merata.

5. Panggang kembali bagian permukaan saus mentai hingga berubah warna menjadi kecokelatan (jangan gosong).

6. Terakhir, tambahkan bubuk nori sebagai garnish untuk melengkapi hidangan.

BUBUK NORI PILIHAN UNTUK OLAHAN MASAKAN JEPANG

Bagaimana, Blibli Friends? Mudah juga ya, proses pembuatannya! Kini tak perlu lagi berlama-lama memesan salmon mentai rice. Tinggal beli bahan-bahannya secara online di situs Blibli.com dan kamu pun bisa segera membuatkannya untuk orang-orang tersayang. Selamat mencoba!

Tag: