Setelah usia si kecil menginjak 6 bulan, ASI (Air Susu Ibu) nggak bisa lagi mencukupi nutrisi bayi secara lengkap. Di saat ini moms, si kecil membutuhkan tambahan makanan lain untuk dapat melengkapi kebutuhan gizinya.

Artinya, moms sudah perlu menyediakan alat makan yang tepat dan mulai memberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI). Namun, nggak semua bayi dapat dengan mudah menerima MPASI yang diberikan, loh!

Buat moms yang bingung bagaimana mengenalkan MPASI pada buah hati, moms bisa mengikuti 10 resep MPASI berikut yang nyaman di mulut, enak di lidah, dan sehat di tubuh!

1. Ayam, apel, wortel, dan nasi

ayam-apel

Via – YouTube

Resep yang satu ini memiliki banyak kandungan gizi, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, hingga vitamin A, B, dan C, serta serat yang cukup untuk si kecil.

Bahan yang moms butuhkan adalah paha ayam, apel, dan wortel yang sudah dipotong dadu dan dikukus. Kemudian letakkan dalam wadah besar, tambahkan nasi dan ASI secukupnya, kemudian haluskan hingga teksturnya nyaman buat si kecil.

2. Lentil merah

lentil-merah

Via – BuonaPappa

Lentil diketahui memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk gizi si kecil. Selain kaya akan vitamin, kandungan zat besi dan magnesium juga tinggi.

Selain lentil merah, moms butuh wortel, tomat, bawang bombay, bawang putih, dan air hangat. Tumis semua bahan kecuali lentil. Tambahkan air lalu masukkan lentil. Tunggu hingga air menyusut. Setelah itu, haluskan semua bahan dengan food grinderΒ dan MPASI siap disajikan!.

3. Smoothies oat dan buah!

smoothies-oat

Via – hungrylittlemunchkins

Untuk resep lebih sederhana, moms bisa memanfaatkan oat dan buah-buahan. Serat dan vitamin yang tinggi membuat metabolisme si kecil semakin lancar, dan imun semakin tinggi! Bahan-bahan yang moms perlukan adalah satu buah kiwi, pisang, jeruk dan 25 gram oats. Moms tinggal haluskan dengan blender, dan voila! Siap saji!

4. Baby overnight oats

baby-overnight-oat

Via – 360familynutrition

Resep MPASI ini nggak sulit. Moms perlu plain yogurt, buah persik yang sudah dihaluskan, ASI, dan sekitar 25 gram oats. Moms tinggal halsukan dan pastikan teksturnya cukup lembut untuk si kecil.

Setelah halus, simpan di lemari es selama 4-6 jam atau semalaman sebelum diberikan pada si kecil. Snack super sehat di siang hari setelah lelah bermain!

5. Pisang, kurma, dan muesli

pisang-kurma

Via – hungrylittlemunchkins

Moms tentunya sudah familiar dengan manfaat kurma. Selain mengandung serat dan vitamin yang berlimpah, kurma juga mengandung beta karoten yang baik untuk kesehatan mata dan imun.

Nah, kebaikan dari buah ini bisa moms berikan pada si kecil dengan mencampurkannya dengan pisang, oat, serta sedikit air hangat. Haluskan seperti bubur, dan sajikan! Si kecil pasti suka!

6. Smoothies brokoli

smoothies-brokoli

Via – 5minutesformom

MPASI ini cocok banget untuk bikin si kecil suka makan sayur semenjak dini. Moms hanya perlu brokoli yang sudah di rebus, buah apel hijau, dan susu ( ASI atau susu formula). Haluskan sampai mencair, dan makan malam yang lezat dan segar pun jadi!

7. Rhubarb, strawberry, banana & apple compote

rhubarb-stroberi

Via – Hungry Little Munchkins

Buah stroberi biasanya disukai anak-anak karena rasanya yang asam dan manis. Namun, terkadang, buah stroberi bisa terlampau asam untuk si kecil. Biar netral, moms bisa menggunakan perisa dari buah apel, kelembab (rhubarb), atau mentimun.

Masak bahan-bahan tersebut selama 10 menit hingga teksturnya lembut. Kemudian perhalus lagi menggunakan food grinder.

8. Buah pir dan asparagus

pir-dan-asparagus

Via – Netmums

Asparagus merupakan sayuran yang kaya akan gizi seperti vitamin A, B, C, K, kalsium, magnesium, protein, zat besi, potasium, dan serat. Kandungannya rendah, kalori rendah, dan nggak mengandung kolestrol. Nggak terpisahkan deh moms, dengan kebutuhan gizi si kecil! Namun, nggak semua anak suka dengan rasanya. Moms bisa menyeimbangkan rasanya dengan buah pir.

9. Bayam dan pisang!

bayam-dan-pisang

Via – Weelicious

Jika moms mencari bahan MPASI yang baik untuk si kecil, maka bayam adalah pilihan yang tepat. Bukan hanya seratnya, namun juga karena kandungan mineral dan vitamin A yang tinggi. Mungkin buat si kecil nggak cukup rasa manis di bayam. Biar lebih kental dan nyaman dikunyah, moms bisa tambahkan buah pisang!

10. Greeny pure

greeny-pure

Via – dietguideline

Resep MPASI terakhir iini wajib moms coba. Hanya mengandalkan dua jenis buah-buahan saja, si kecil bisa menikmatinya dengan lahap. Pilihlah apel hijau yang kaya akan vitamin C beserta buah pisang dengan potasium tinggi.

Setelah dipotong-potong, masukkan semua bahan tersebut dalam blender dan haluskan. Campuran aroma dan rasa keduanya membuat MPASI ini makanan tengah hari favorit si kecil.

Bagaimana, nggak sulit kan memperkenalkan MPASI buat si kecil? Dengan cita rasa alami bahan-bahan di atas, dijamin si kecil bakal suka! Tumbuh kembang si kecil tentunya bisa lebih optimal dan kesehatannya pun semakin terjaga.

Nah, ada satu hal lagi nih moms agar si kecil semangat makan MPASI-nya, yaitu dengan membelikannya perlengkapan makan yang lucu-lucu dan tentunya aman untuk digunakan. Kalau moms bingung mencarinya, Blibli.com punya lengkap koleksinya. Yuk moms, belanja!

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY