Resep Sederhana Membuat Donat Kentang di Rumah, Dijamin Praktis dan Higienis!

donat kentang

Donat kentang atau biasa dikenal sebagai donat kampung adalah salah satu cemilan yang disukai anak kecil dan orang dewasa. Saking populernya, kue bulat yang bolong di tengahnya ini pun mudah dijumpai di mana saja, mulai dari gerai kecil di pasar hingga toko spesial donat yang ada di mal-mal besar.

Apakah moms juga suka membeli donat kampung ini untuk cemilan anak-anak? Sekarang moms juga bisa membuatnya sendiri di rumah, lho. Selain kebersihan yang lebih terjamin, moms juga bisa bonding time sama si kecil sambil berkreasi dengan berbagai topping yang seru. Simak di sini yuk resep donat kentang yang endeuuss banget dan mudah dibuat!

BELANJA CETAKAN DONAT KENTANG BIAR PRAKTIS YUK MOMS DI SINI!

Apa saja yang harus dipersiapkan?

donat kentang
Via – Rumah Mesin

BAHAN UNTUK MEMBUAT ADONAN DONAT KENTANG:
100 gram kentang (rebus dulu kemudian haluskan).
500 gram tepung terigu
6 gram ragi instan
225 gram air
60 gram gula pasir
5 gram garam
50 ml susu cair
3 butir kuning telur
1 gram baking powder
37 gram susu bubuk
30 gram margarin

BAHAN UNTUK MEMBUAT TOPPING:
Dark chocolate compound
White chocolate compound
Keju, meses, dan lain sebagainya (sesuai selera).

CARA MEMBUAT ADONAN DONAT KENTANG:

  • Campurkan tepung terigu dengan ragi instan, gula pasir, susu bubuk, dan baking powder. Kemudian aduk hingga merata.
  • Setelah rata, masukkan bahan-bahan cair seperti susu cair dan kuning telur. Kemudian aduk lagi sampai terlihat berbutir dan nggak menggumpal sembari menambahkan air sedikit demi sedikit.
  • Masukkan kentang rebus yang telah dihaluskan, dan aduk hingga merata.
  • Tambahkan margarin dan garam, aduk hingga adonan menjadi kalis.
  • Setelah adonan menggumpal, uleni adonan dengan gerakan seperti mencuci baju hingga kalis. Ciri-ciri adonan yang kalis dapat diketahui dengan mengambil sedikit adonan dan menipiskannya. Jika adonannya nggak mudah pecah, berarti adonan tersebut sudah kalis.

CARA MEMBUAT BULATAN DONAT:

  • Bagilah adonan kentang menjadi potongan-potongan kecil seberat 60 gram.
  • Gulung-gulung adonan yang sudah dibagi menjadi bulatan-bulatan kecil dan tutup dengan plastik. Diamkan selama 10 menit.
  • Setelah itu, ambil salah satu bulatan adonan dan tekan-tekan untuk membuang gasnya dengan rolling pin, agar terbentuk bundaran yang sempurna.
  • Kemudian, lubangi adonan dengan cetakan donat untuk mendapatkan bentuk yang sempurna.
  • Letakkan donat-donat kentang yang sudah dibentuk ke dalam loyang yang telah ditaburi tepung terigu sehingga donat nggak akan lengket sebelum digoreng.
  • Tutup dengan plastik dan diamkan selama satu jam.

MENGGORENG DAN MENYAJIKAN DONAT KENTANG:

  • Setelah donat kentang didiamkan dan cukup mengembang, gorenglah donat tersebut ke dalam minyak panas.
  • Perhatikan kematangan donatnya. Jika sudah mencapai warna kuning keemasan, maka baliklah donat tersebut sehingga matang merata.
  • Tiriskan donat kentang yang sudah matang sehingga minyaknya hilang.
  • Ambil donat yang dingin dan celupkan ke dalam toping coklat yang telah dilelehkan. Hiaslah sesuai selera.

Itulah tips sederhana cara membuat donat kentang dari Blibli.com. Cukup mudah, bukan? Untuk menambah interaksi dengan si kecil, moms bisa mengajaknya dalam membantu membulatkan adonan kentang dengan cetakan yang tersedia.

Selain itu, bagian menghias donat kentang bisa juga moms manfaatkan untuk meningkatkan kedekatan dengan si kecil sembari merangsang daya kreativitasnya. Hmm.. asyik, kan? Kalau sudah kebayang membuatnya, yuk moms sekarang kumpulkan bahan-bahannya. Eits, ada promo nih dari Blibli Mart. Yuk intip promonya di #BlibliSekarang!

PROMO LAUNCHING BLIBLI MART, DISKON HINGGA 65% LHO! YUK BURUAN BORONG DI SINI!

Nadine

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.
Nadine

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY