me

Resep Ayam Goreng Kuning, Menu Praktis untuk Sahur dan Buka Puasa

May 08, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

Yuk, intip resep ayam goreng kuning yang praktis dan bisa dibuat untuk menu saat bulan puasa!

Resep Ayam Goreng Kuning — Nggak terasa sebentar lagi sudah memasuki bulan puasa. Demi menyambut bulan suci untuk umat muslim ini, Blibli Friends harus sudah melakukan persiapan agar puasa bisa dilakukan dengan lancar. Salah satu persiapan menjelang bulan puasa adalah dengan menyiapkan menu masakan praktis. Ayam goreng kuning ini bisa jadi pilihan menu sahur dan buka puasa yang mudah dibuat lho.

Selain mudah dibuat, ayam goreng kuning juga bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama. Blibli Friends dapat menyimpan ayam ini di freezer selama beberapa waktu sebelum memasaknya sebagai menu sahur dan buka puasa yang praktis. Gimana sih cara buat ayam goreng yang lezat ini? Yuk, simak cara pembuatannya dalam resep ayam goreng kuning yang sudah disiapkan berikut ini.

Baca juga:


Supermarket Online BLM

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Bahan Utama :

  • 1 ekor ayam potong segar
  • 600 ml air
  • 3 buah batang serai
  • 4 lembar daun salam
  • 600 ml minyak goreng

Bumbu Halus :

  • 7 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 4 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya

Alat-Alat yang Diperlukan

  • Wajan
  • Kompor
  • Spatula
  • Panci
  • Wadah penyimpanan makanan
  • Pisau
  • Talenan
  • Cobek
  • Piring.

Cara Membuat Ayam Goreng Kuning

  1.       Persiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan
  2.       Potong 1 ekor ayam menjadi 8-10 bagian, cuci hingga benar-benar bersih
  3.       Haluskan semua bahan yang akan digunakan sebagai bumbu halus
  4.       Siapkan panci yang sudah diberi air, panaskan
  5.       Masukkan potongan daging ayam, batang serai, daun salam, dan bumbu halus ke dalam rebusan air tersebut
  6.       Masak hingga air surut dan bumbu terserap oleh ayam, tiriskan ke wadah bersih
  7.       Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng
  8.       Goreng ayam hingga berwarna kuning kecoklatan, angkat jika sudah matang
  9.       Sajikan di piring dan makan selagi ayam goreng masih hangat

Tips Membuat Ayam Goreng Kuning

Ayam goreng kuning memang dikenal dengan rasanya yang lezat dan menggugah selera makan. Agar Blibli Friends bisa membuat ayam goreng kuning yang enak, kamu wajib tahu tips untuk membuat menu ini. Meskipun praktis dan mudah dibuat, tetapi ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika membuat ayam goreng kuning ini. Yuk, simak apa saja tips memasak ayam goreng kuning!

1.      Pilih Ayam yang Masih Segar

freepik.com

Ayam merupakan bahan utama yang paling penting dalam menu masakan ini. Jika ayam yang Blibli Friends pilih kurang segar dan nggak memiliki kualitas yang baik, maka akan berdampak pada rasa masakannya. Oleh karena itu, penting untuk memilih ayam yang masih segar sebagai bahan untuk memasak menu masakan ini.

Cara memilih daging ayam yang masih segar bisa dilakukan dengan mudah lho. Hal pertama yang harus Blibli Friends lakukan adalah dengan mengecek keadaan fisik ayamnya. Jika ayam masih berwarna putih dan sedikit berwarna merah muda, maka kemungkinan ayam tersebut masih segar. Ayam yang nggak segar biasanya warnanya cenderung pudar dan terlihat pucat.

Selain itu, ayam berkualitas bagus juga memiliki tekstur yang lebih halus dan lembut saat kamu pegang. Sebaliknya, ayam berkualitas kurang bagus memiliki tekstur yang kasar dengan pori-pori besar. Hal lain yang perlu Blibli Friends perhatikan lagi ketika membeli ayam adalah adanya lendir pada daging atau nggak.

Daging ayam nggak mengeluarkan lendir sama sekali di sepanjang kulit, sedangkan daging kualitas jelek biasanya mengeluarkan lendir pertanda akan membusuk. Bau ayam kualitas jelek juga biasanya lebih menyengat jika dibandingkan dengan daging berkualitas bagus. Pemilihan daging ayam yang tepat akan memudahkan kamu untuk membuat ayam goreng kuning yang lezat.

2.      Gunakan Bahan-Bahan Alami

freepik.com

Saat ini banyak sekali bumbu-bumbu ayam goreng kuning instan yang mudah kamu dapatkan di pasaran. Memang nggak ada salahnya untuk menggunakan bumbu instan ketika memasak sebuah makanan. Apalagi bumbu instan ini sifatnya lebih praktis jika digunakan. Namun, agar lebih sehat ketika dikonsumsi, kamu bisa membuat bumbu yang terbuat dari bahan alami.

Cara membuat bumbu untuk ayam goreng kuning dari bahan alami juga bisa dilakukan dengan mudah lho. Selain itu, Blibli Friends nggak memerlukan bahan-bahan yang sulit didapatkan. Bumbu alami cukup dibuat dari bahan-bahan yang mudah didapatkan dan biasanya dipakai untuk masak sehari-hari, seperti bawang putih, jahe, kunir, dan bahan lainnya.

Pada resep di atas, sudah dijelaskan bahan-bahan alami apa saja yang dibutuhkan untuk membuat menu ayam goreng bumbu kuning yang enak. Blibli Friends bisa meniru resep di atas karena sangat mudah untuk ditiru dan dipraktekkan di rumah lho.

3.      Jangan Terlalu Lama Menggoreng Ayam

Setelah ayam direbus dan diungkep, langkah selanjutnya adalah menggoreng ayam tersebut. Tips yang bisa Blibli Friends lakukan pada tahap ini adalah memastikan bahwa waktu untuk menggoreng ayam nggak dilakukan dengan berlebihan. Ayam yang digoreng terlalu lama bisa mempengaruhi tekstur dan rasa dari makanan tersebut lho.

Oleh karena itu, penting bagi Blibli Friends untuk menggoreng ayam dalam waktu yang sewajarnya saja. Jangan menggoreng ayam dengan durasi waktu yang terlalu lama karena bisa mengakibatkan ayam menjadi lebih keras dan sepah. Tips lain yang perlu kamu perhatikan adalah jangan menggunakan api yang terlalu kecil.

Pasalnya, ayam goreng kuning ini sebelumnya telah direbus dan diungkep, sehingga ayam sebenarnya sudah matang. Nah, agar tekstur ayam nggak menjadi keras ketika digoreng sebaiknya gunakan api berukuran besar dan goreng dalam waktu yang singkat. Blibli Friends bisa langsung mengangkat dan meniriskan ayam jika warnanya sudah mulai berubah kecoklatan.

4.      Ayam Digoreng Dua Kali

Ketika ayam sudah dingin, biasanya makanan tersebut akan dihangatkan kembali dengan cara digoreng dua kali. Namun, hal tersebut justru bisa membuat rasa ayam menjadi kurang enak lho. Penggorengan dua kali dapat membuat tekstur ayam menjadi mengeras ketika dimakan. Tentunya hal tersebut bisa mempengaruhi rasa dari ayam goreng ini, ya!

Kesalahan ini cukup sering dilakukan oleh banyak orang. Blibli Friends bisa mengatasinya dengan menyesuaikan jumlah ayam yang akan dikonsumsi pada saat itu. Hal itu dilakukan untuk mencegah ayam digoreng sampai dua kali. Teknik ini dilakukan agar ayam tetap terasa lembut dan nggak kering sama sekali ketika akan dimakan. Oleh karena itu, jangan sampai goreng ayam sampai dua kali, ya!


Baca juga: Resep Istimewa Ngabuburit dan Anti Gagal!

Itulah resep ayam goreng kuning anti ribet yang gampang banget buat ditiru. Semua bahan yang diperlukan di resep ini juga beli dengan mudah di toko online atau offline lho. Jika kamu ingin lebih praktis, maka kamu bisa mendapatkan bahan segar dan berkualitas di supermarket online Blibli. Tersedia banyak pilihan bahan yang lengkap dan tentunya dengan harga yang cukup terjangkau lho. Pasti untung belanja di Bliblimart.