me

Resep Acar Bawang Putih ala TikTok beserta Manfaatnya untuk Kesehatan 

May 11, 2021.By Blibli Friends
Bagikan

Via : goodnewsfromindonesia.id

Resep Acar Bawang Putih – Blibli Friends yang hobi main TikTok tentu nggak asing dengan video acar bawang yang lagi ramai berseliweran. Tren unik ini ternyata dimulai dari akun TikTok @lalaleluu yang menunjukkan acar bawang putih favoritnya. Nggak disangka, banyak warga TikTok yang penasaran kemudian beramai-ramai ikut menjajal acar bawang putih tersebut.

Kamu penasaran juga? Yuk, cek berbagai informasi tentang acara bawang putih yang selain enak, ternyata juga menyehatkan!


Baca juga: Panna Cotta Saus Kurma, Resep Simple untuk Berbuka Puasa

Resep Acar Bawang Putih ala TikTok

Dalam video TikTok milik Lala yang sudah ditonton belasan juta kali, resep acar bawang ternyata cukup sederhana. Ada 4 bahan yang perlu disiapkan, yaitu:

  • Garlic pickle alias acara bawang putih dalam kemasan gelas kaca

Pickled Garlic Acar Bawang Putih Agrofood 125 Gr

Saus Mabin Sriracha Chili Sauce 340 gr

  • Cabai bubuk

Bumbu Cabe Bubuk Chili Powder Pazar 40 gr

  • Thyme bubuk

Jay S Thyme Leaves 27Gr

Berikut langkah membuatnya:

  1. Buang air pickle hingga tak bersisa.

  2. Masukkan saus sriracha ke dalam gelas acar bawang.

  3. Tambahkan cabai bubuk sesuai tingkat kepedasan yang diinginkan.

  4. Taburkan thyme.

  5. Tutup gelas kaca wadah acar, lalu kocok hingga semua bahan tercampur merata.

  6. Acar bawang nikmat siap disantap.

Apakah Acar Bawang Putih Sehat untuk Dikonsumsi?

Via : idntimes.com

Seiring dengan semakin viralnya video acar bawang di TikTok, akhirnya banyak yang bertanya-tanya apakah makanan ini cukup sehat untuk dikonsumsi. Bawang putih sendiri dikenal sebagai salah satu rempah yang kaya nutrisi, jadi aman banget meski dikonsumsi setiap hari. Namun yang perlu diingat, dalam produk kemasan seperti acar di botol kaca, tentu saja sudah mengandung campuran bahan kimia. Bahan yang digunakan sih, pasti aman karena jelas sudah lolos BPOM. Tapi meski demikian, tetap aja kurang baik kalau terlalu banyak konsumsi makanan kemasan. 

Jadi gimana solusinya? Ada dua nih, yang pertama kamu tetep boleh banget makan garlic pickle dalam kemasan asal dibatasi jumlahnya. Yang kedua, coba aja bikin acar bawang homemade yang jelas lebih sehat!

Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan

Via : blibli.com

Nah, sekarang intip dulu yuk apa aja manfaat dari bawang putih bagi kesehatan!

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Salah satu fungsi bawang putih yang sangat terkenal adalah bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini dibuktikan sebuah studi yang dilakukan selama 12 minggu. Sebagian orang yang menjadi subjek penelitian, diberi suplemen yang mengandung bawang putih, sebagian lagi diberi suplemen kosong tanpa kandungan apapun. Hasilnya, mereka yang mengonsumsi suplemen bawang putih ternyata memiliki resiko tertular flu yang lebih rendah 63% dibanding mereka yang tidak mengonsumsi bawang putih. Rata-rata lamanya kesembuhan ketika terkena flu juga meningkat, yang berarti bawang putih bisa membantu memaksimalkan kekebalan tubuh dan melawan penyakit.

  • Menurunkan tekanan darah

Nggak cuma itu aja, sebuah penelitian juga membuktikan kalau kandungan yang ada di dalam bawang putih ternyata efektif untuk menurunkan tekanan darah. Bahkan efektivitas 600-1500 mg ekstrak bawang putih bisa setara dengan penggunaan obat untuk menurunkan tekanan darah bernama Atenolol. Saat tekanan darah normal, maka resiko terserang berbagai penyakit kardiovaskular seperti stroke dan serangan jantung juga ikut menurun.

  • Menurunkan kadar kolesterol jahat

Selain bisa menurunkan tekanan darah, bawang putih ternyata juga efektif menekan level kolesterol jahat di dalam tubuh hingga 15%. Uniknya, kandungan yang ada di dalam bawang putih ternyata nggak berpengaruh terhadap HDL alias kolesterol baik. Jadi saat kamu konsumsi bawang putih, hanya kolesterol jahat saja yang pergi.

  • Membantu mencegah Alzheimer dan Demensia

Bawang putih ternyata juga tinggi kandungan antioksidan yang membantu mencegah bahaya oksidatif dari radikal bebas. Hal ini secara nggak langsung bisa mencegah berbagai penyakit otak seperti halnya Alzheimer dan Demensia. Konsumsi bawang putih segar dalam jumlah besar tentu sulit, tapi jika meminum ekstraknya atau versi yangs udah dipadatkan, maka manfaat yang akan diperoleh lebih maksimal.

  • Menambah stamina

Nggak disangka, bawang putih ternyata digunakan sebagai penambah stamina di zaman Yunani Kuno. Pada masa itu, para olahragawan yang akan bertanding mengonsumsi bawang putih untuk membantu meningkatkan performa dan menghilangkan kelelahan. Selain itu, penelitian ternyata juga menunjukkan kalau penderita penyakit jantung yang mengonsumsi minyak bawang putih selama 6 mengalami peningkatan kebugaran tubuh.

  • Membantu mendetoks racun metal di dalam tubuh

Kandungan sulfur di dalam bawang putih sangat berperan penting dalam mendetoks racun metal yang masuk ke dalam tubuh dari air atau makanan yang dikonsumsi. Jika racun metal ini dibiarkan menumpuk, bisa menimbulkan berbagai masalah seperti tekanan darah tinggi dan juga sakit kepala terus menerus.

Kandungan Gizi dalam Acar Bawang Putih

via : kompas.com

Nah, banyak banget kan, manfat bawang putih untuk kesehatan? Lalu gimana dengan acar bawang? Apa saja kandungan gizi yang ada di dalamnya? Ternyata, dalam 100 gram acar bawang dalam kemasan, mengandung sekitar 149 kalori. Kandungan lemaknya sebesar 1%, sodium  sebesar 1%, karbohidrat 33 gram sebesar 12%, dan protein 13%. Di dalamnya juga terkandung kalsium 14%, zat besi 9%, dan potassium 9%. Hal ini tentu berbeda-beda tergantung merek dan bahan yang dipakai dalam produk acar bawang kemasan, ya.

Jadi bisa disimpulkan kalau sebenarnya acar bawang dalam kemasan juga aman banget kok, dikonsumsi dan malah masih ada nutrisi penting untuk tubuh. Selama kamu membatasi jumlah konsumsinya, tentu nggak akan ada efek buruk apapun bagi kesehatan. Jangan lupa selalu cek kandungan sodium di tiap kemasan, kalau bisa cari yang kadar sodiumnya rendah. Biasanya rasanya memang lebih hambar, tapi jelas lebih sehat untuk tubuh.

Bahan dan Cara Membuat Acar Bawang Putih

Via : kompas.com

Kalau kamu penasaran dengan rasa acar bawang yang lagi rame di TikTok, simak resep acar bawang putih berikut yuk. 

Bahan yang dibutuhkan adalah:

  • 500 gram bawang putih
  • 300 ml cuka
  • 100 ml air
  • 25 gram gula pasir
  • ½ sdm garam
  • 2 butir merica
  • 1 buah cabai merah

Cara membuat:

  1. Kupas bawang putih, cuci hingga bersih.
  2. Belah cabai merah, keluarkan isinya, cuci hingga bersih.
  3. Siapkan wadah toples kaca atau gelas kaca yang bisa ditutup.
  4. Tata bawang putih, masukkan juga merica dan cabai merah.
  5. Campurkan air dan cuka, aduk rata. 
  6. Tambahkan gula pasir dan garam, masak sampai mendidih.
  7. Setelah mendidih, masukkan cairan cuka ke dalam toples kaca.
  8. Pastikan bawang putih terendam sepenuhnya.
  9. Tutup rapat toples kaca, lalu simpan.
  10. Diamkan selama beberapa hari agar proses fermentasi berjalan, setelah itu acar bisa dikonsumsi.

Baca juga: Resep Nasi Bakar, Mudah dan Tetap Enak

Nggak nyangka ya, ternyata gampang banget bikin acar bawang putih sendiri. Tapi kalau kamu mager dan lebih suka beli yang jadi, ada nih produk acar bawang putih di Blibli. Tinggal order dan duduk manis di rumah, pesananmu akan tiba dan siap langsung dinikmati!

Yuk Cobain Acar Bawang Putih Viral Hanya di Sini!

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya