me

Intip Sinopsis hingga Pelajaran Hidup dari Drakor Reply 1988

Oct 09, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

majalahketik.com
Sinopsis, pemain, quotes hingga pelajaran Reply 1988. Yuk, intip di sini!

Reply 1988 — Drama Korea berjudul Reply 1988 merupakan salah satu tontonan dengan jumlah penggemar yang banyak, termasuk di Indonesia. Begitu bagus dan banyaknya pelajaran yang bisa diambil, bikin orang-orang nonton Reply 1988 hingga berulang-ulang. Termasuk kamu nggak nih, Blibli Friends? Nah, buat yang ingin nostalgia lagi dengan kisah cinta dan keluarga mereka yuk, intip seluk-beluk Reply 1988 di bawah ini!

Baca Juga:


Sinopsis Reply 1988

sinopsis-reply-1988
voi.id

Kali pertama ditayangkan di tvN pada awal November 2015 silam, Reply 1988 terus mendulang sukses hingga menjadi tontonan yang populer di seluruh dunia sampai saat ini. Nggak tanggung-tanggung, drama serial yang disutradarai oleh Shin Won Ho ini menjadi drakor dengan rating tertinggi di IMDb, yakni 9,2 dari 10.

Yang bikin serial drama Korea satu ini terasa berbeda dan sangat digemari adalah pengambilan latar waktu cukup jauh, yaitu tahun 1988. Nggak cuma bikin penonton tertawa geli karena tingkah konyol para pemainnya, Reply 1988 juga sukses bikin yang nonton menangis sesak lantaran kisah cinta nan diwarnai drama dan emosi bittersweet.

Bercerita mengenai kehidupan sehari-hari lima keluarga di daerah Ssamundong, Korea Selatan, yang hidup bertetangga. Masing-masing keluarga dan anak-anaknya menyimpan ceritanya sendiri-sendiri. Mulai dari keluarga dengan sosok ayah yang nyentrik, keluarga yang hanya memperhatikan anak pertama dan bungsunya, keluarga yang hidup tanpa ayah hingga keluarga tanpa ibu.

Reply 1988 mengusung kisah cinta segitiga antara Jung Hwan, Deok Seon, dan Taek. Eits, tapi jangan samakan dengan drama cinta-cintaan lainnya ya, karena serial ini nggak terasa dramatis dan menye-menye. Kisah cinta segitiga dan drama keluarga di Reply 1988 dibalut sedemikian rupa menjadi alur yang bikin penonton terbius sepanjang episode hingga akhir.

Siapa Saja Cast di Film Reply 1988?

Reply 1988
widisiera.blogspot.com

Reply 1988 sendiri merupakan serial drama seri ketiga dari trilogi Reply. Dua seri sebelumnya berjudul Reply 1997 yang dirilis pada tahun 2012 dan Reply 1994 yang rilis pada tahun 2013. Sejumlah aktor terkenal Korea mulai dari Lee Hye Ri, Ryu Jun Yeol, Park Bo Gum, Go Kyung Pyo, Lee Dong Hwi dan masih banyak lagi wajah populer lainnya, membintangi Reply 1988, membuatnya makin sukses.

Lee Hye Ri sebagai Deok Seon, satu-satunya anak cewek anggota geng Ssamundong. Ryu Jun Yeol sebagai Jung Hwan, anak keluarga terkaya di Ssamundong yang menyukai Deok Seon sejak kecil. Park Bo Gum sebagai Choi Taek, sang pemain baduk profesional yang lucu, namun berhasil mendapatkan cinta Deok Seon. Lalu ada Go Kyung Pyo sebagai Sun Woo dan Lee Dong Hwi sebagai Dong Ryong.

Pembelajaran dari Reply 1988

Old but gold menjadi ungkapan yang tepat untuk menggambarkan serial drama Korea populer berjudul Reply 1988. Ada banyak banget pembelajaran yang bisa kamu ambil dari akhir trilogi Reply ini. Alih-alih membahas tentang kisah percintaan dengan bumbu perselingkuhan, Reply 1988 mengangkat pelajaran hidup yang hangat dan penuh nilai nostalgia. Apa saja pembelajaran dari drakor ini, Blibli Friends?

1. Persahabatan Sejati Nggak Gampang Dipisahkan

Reply 1988
newyorker.com

Lima sekawan ini punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada yang sifatnya ceria dan peduli,ada yg cuek, ada yang polos, tapi cerdas, ada yang penyayang dan pintar, ada juga si tukang tidur yang usil. Meski sifatnya berbeda, namun semuanya justru bikin persahabatan mereka berwarna. Masing-masing dari mereka juga saling melengkapi satu dengan yang lainnya.

2. Menjadi Seorang Ibu Bukan Hal Mudah

Reply 1988

Peran seorang ibu yang penting diperlihatkan dalam drama ini. Demi memenuhi kebutuhan hidup buah hatinya, ibu akan berjuang keras. Seorang ibu juga pasti akan selalu menomorsatukan keluarganya. Jika dalam rumah nggak ada ibu, maka pasti keadaan akan kacau. Dari Reply 1988, kita belajar bahwa untuk menjadi seorang ibu dibutuhkan perjuangan yang besar. Nggak semua bisa menggantikan peran ibu.

3. Setiap Orang Punya Jalan yang Berbeda

Reply 1988
mubi.com

Penonton juga belajar bahwa sedekat apa pun kita dengan sahabat masa kecil, tetap suatu saat karena kondisi kita akan dipisahkan dengan sahabat melalui jalan yang ditempuh. Setiap orang punya masa depannya sendiri. Apa pun yang menghadang, janganlah pernah kamu takut. Cukup berjuang dan berdoa, kamu pasti bisa menggapai impian setinggi mungkin.

4. Keraguan akan Membuatmu Menyesal Suatu Hari

Reply 1988
jaehakim.com

Well, emang bukan hal yang mudah mengambil keputusan. Terlebih lagi jika itu akan mempengaruhi masa depanmu suatu hari. Meski begitu, sesulit apa pun jangan sampai kamu menunda-nunda. Pertimbangkan baik dan buruknya, lalu segera ambil keputusan. Tantang resiko yang ada dan berani bertanggung jawab atas keputusan. Karena keraguan hanya akan membuatmu menyesal.

5. Membantu Orang Lain Nggak akan Bikin Kamu Miskin

Reply 1988
movieden.net

Ada pelajaran penting lain yang bisa kamu ambil dari drakor Reply 1988, yakni ingatlah untuk selalu membantu orang lain sesulit apa pun kondisimu. Seperti yang dilakukan oleh ayah Deok Seon. Meski hidupnya sendiri sulit, tapi dia tak pernah berhenti membantu orang lain dengan membeli dagangan mereka. Percayalah, suatu saat kondisimu akan berada di atas karena roda terus berputar.

6. Serapat Apa pun Rahasia yang Ditutupi Pasti akanTerbongkar

Reply 1988
en.prothomalo.com

Sama seperti bangkai, namanya rahasia, meski kamu berusaha memberinya minyak wangi sebanyak apa pun, tetap saja suatu saat akan tercium busuknya. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kamu nggak menyembunyikan rahasia apa pun dari orang tersebut. Daripada dia tahu dari orang lain, justru hal itu akan bikin hubunganmu dengannya hancur dan nggak bisa diperbaiki lagi.

7. Jatuh Cinta sama Sahabat Sendiri Bukan Hal Memalukan

Reply 1988
lifestyle.kompas.com

Nggak ada yang salah dengan jatuh cinta pada teman sendiri. Karena cinta itu datang secara misterius. Jika cinta sudah menyapamu, jangan sampai kamu kehilangan momen untuk mengatakannya. Cepatlah nyatakan sebelum orang lain mengungkapkannyalebih dulu. Seperti Jung Hwan yang akhirnya nggak bisa bersatu dengan Deok Seon karena selalu berusaha menutupi rasa sukanya.

Quotes dari Reply 1988

eukybearlovesdrama.wordpress.com

Sama seperti pelajaran hidup yang bisa kita petik dari serial Reply 1988, ada banyak kutipan yang menginspirasi dan dijamin bakalan membantu kita untuk jadi lebih kuat dari drakor ini. Beberapa bahkan membekas banget di hati para penonton setianya. Yuk, intip deretan quotes terbaik dari Reply 1988 yang bisa kamu jadikan motivasi hidup, Blibli Friends!

  1. Ibu menjadi orang yang paling dirindukan, saat mereka masih hidup atau sudah tiada.
  2. Orang-orang yang akan memeluk dan berada di sisimu hingga saat terakhir adalah keluarga.
  3. Jika kau ingin tahu perasaan seseorang, tatap matanya. Karena mata tidak pernah bohong.
  4. Orang dewasa juga merasakan sakit. Hanya saja orang dewasa pandai dalam menyembunyikannya.
  5. Waktu terus berjalan. Itulah mengapa waktu pada akhirnya menciptakan perpisahan dan selalu meninggalkan penyesalan bagi orang-orang.
  6. Mencintai seseorang bukan berarti kau tidak membenci mereka. Melainkan kau tidak bisa membencinya.

Baca Juga:

Nah, itulah pelajaran penting dalam hidup dan quotes inspiratif yang bisa kamu petik dari Reply 1988, Blibli Friends. Buat kamu yang rindu dengan kisah kocak lima sekawan di Ssamundong, serial drama Korea ini bisa ditonton di berbagai platform nonton online, seperti Netflix, VIU dan lain sebagainya. Biar nonton makin seru, pastikan kamu udah isi paket data dari Blibli ya! Dijamin nggak bakal buffering!