me

7 Rekomendasi Vitamin Ibu Hamil Trimester 3 yang Bagus

Jun 18, 2024.By Ruth
Bagikan

freepik.com
7 rekomendasi vitamin ibu hamil trimester 3 yang bisa dikonsumsi untuk lengkapi nutrisi harian.

Memasuki usia kehamilan trimester ketiga, kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil semakin meningkat terutama vitamin dan mineral seperti asam folat, DHA, vitamin D, dan kalsium. Keempat komponen ini berperan krusial dalam mendukung perkembangan otak si janin, memperkuat tulang dan gigi, serta memastikan fungsi sistem saraf yang sehat. Nah, beberapa rekomendasi vitamin untuk ibu hamil trimester 3 ini bisa jadi referensi sebelum kamu beli!

Oleh karena itu, pemilihan vitamin yang tepat sangat dianjurkan karena kekurangan nutrisi pada tahap ini bisa memengaruhi kesehatan janin dan memperburuk kondisi ibu hamil. Berikut ini terdapat tujuh rekomendasi vitamin untuk ibu hamil trimester ketiga yang bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan ini.

Baca juga:


Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold

Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold - Rekomendasi Vitamin Ibu Hamil Trimester 3
(blibli.com)

Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold adalah suplemen yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui. Produk ini mengandung 20 vitamin dan mineral penting, termasuk DHA dan Omega-3, yang bermanfaat untuk perkembangan otak janin. Selain itu, suplemen ini juga mengandung asam folat, yodium, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, dan kalsium.

Vitamin ini tersedia dalam bentuk kapsul, dan dianjurkan untuk dikonsumsi sebanyak dua kapsul per hari. Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold juga membantu mengurangi risiko kekurangan yodium yang bisa mengganggu pertumbuhan janin. Produk ini bisa didapatkan dengan kisaran harga sekitar Rp241.000 hingga Rp285.000 per botol​.

Folamil Genio

(blibli.com)

Rekomendasi kedua yaitu Folamil Genio, merupakan multivitamin yang diformulasikan untuk ibu hamil. Produk ini mengandung Beta-carotene 10.000 IU, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, dan mineral lainnya yang penting untuk kesehatan ibu dan perkembangan janin. Vitamin B6 dalam Folamil Genio juga membantu mengurangi rasa mual yang sering dialami pada awal kehamilan.

Folamil Genio juga bisa membantu mencegah anemia dan kelelahan yang sering terjadi selama kehamilan. Suplemen ini hadir dalam bentuk kapsul lunak dan biasanya dikonsumsi sekali sehari sesudah makan. Dengan harga yang relatif terjangkau Rp135.655, produk ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian ibu hamil.

Pregnacare Plus

Vitabiotics Pregnacare Plus - Rekomendasi Vitamin Ibu Hamil Trimester 3
(blibli.com)

Pregnacare Plus adalah suplemen multivitamin yang juga direkomendasikan untuk dikonsumsi masa kehamilan hingga tiga bulan masa menyusui. Suplemen ini mengandung berbagai vitamin dan mineral yang esensial, seperti Folic Acid, Vitamin B12, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B5, Vitamin B6, Niacin, Biotin Vitamin D 400 IU, Vitamin E, asam folat, yodium, dan Omega-3. 

Semua kandungan vitamin dan mineral di dalam Pregnacare Plus bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh ibu dan mendukung perkembangan optimal pada janin. Pregnacare Plus sebaiknya dikonsumsi setelah makan untuk memastikan penyerapan nutrisi yang maksimal. Produk ini tersedia dalam bentuk tablet dan direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari. 

Osfit Platinum

Osfit Platinum
(blibli.com)

Osfit Platinum adalah suplemen multivitamin dan mineral yang dirancang untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui. Suplemen ini mengandung kalsium dan vitamin D, yang keduanya sangat penting untuk perkembangan tulang dan gigi janin serta membantu mencegah terjadinya osteoporosis pada ibu hamil.

Osfit Platinum nggak hanya memiliki kandungan kalsium dan vitamin D, tetapi juga terdapat beta-karoten 10,000 IU yang bermanfaat untuk kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh. Kandungan Ferrous Fumarate dalam suplemen ini, bisa membantu mencegah anemia dengan meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah, sedangkan potassium iodide penting untuk fungsi tiroid yang sehat. 

Selain itu, juga terdapat kandungan magnesium oxide heavy, zinc oxide, dan fish oil yang kaya akan DHA dan EPA, untuk mendukung perkembangan otak dan mata janin, serta mendukung kesehatan jantung ibu​. Suplemen ini bisa dikonsumsi sekali sehari, sebaiknya setelah makan.

Folavit

Rekomendasi Vitamin Ibu Hamil Trimester 3
(blibli.com)

Folavit adalah suplemen yang sangat direkomendasikan bagi ibu hamil, terutama pada trimester ketiga. Suplemen ini kaya akan asam folat, yang memainkan peran penting dalam pembentukan sel darah merah dan pertumbuhan sel yang sehat untuk mencegah cacat tabung saraf pada janin, seperti spina bifida, serta membantu mengurangi risiko kelahiran prematur atau komplikasi kehamilan lainnya. 

Mengkonsumsi Folavit juga bisa meningkatkan kesehatan umum ibu hamil dengan memastikan bahwa kebutuhan asam folat harian tercukupi, yang seringkali sulit dipenuhi hanya dari makanan sehari-hari​. Selain manfaat utama asam folat, Folavit juga bisa mencegah anemia, karena mendukung pembentukan hemoglobin dengan optimal untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh ibu dan janin.

Produk ini bisa dikonsumsi satu tablet per hari sesudah makanan. Folavit biasanya dijual dalam kemasan strip yang berisi 10 tablet, dan harganya cukup terjangkau yakni sekitar Rp10.129 hingga 13.000 saja, tetapi sudah bisa mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil dengan optimal. 

Prolacta For Mother

Prolacta For Mother
(blibli.com)

Prolacta For Mother adalah suplemen yang diformulasikan khusus untuk ibu hamil, terutama pada trimester ketiga, yang membutuhkan dukungan nutrisi tambahan. Produk ini mengandung DHA dan EPA yang merupakan komponen utama dari retina mata dan otak. Dimana untuk DHA bisa membantu meningkatkan fungsi kognitif dan penglihatan bayi setelah lahir. 

Sementara EPA berperan dalam mendukung sistem kekebalan tubuh dan kesehatan jantung ibu, memastikan bahwa ibu tetap sehat selama masa kehamilan​. Selain kandungan utama DHA dan EPA, Prolacta For Mother juga dilengkapi dengan vitamin E dan minyak ikan, membantu memastikan ibu hamil mendapatkan asupan gizi yang optimal, mendukung perkembangan janin secara keseluruhan.

Elkana

Elkana - Rekomendasi Vitamin Ibu Hamil Trimester 3
(blibli.com)

Rekomendasi terakhir adalah Elkana, suplemen yang mengandung berbagai vitamin dan mineral penting seperti vitamin B6, B12, vitamin D3, dan lainnya yang mendukung kesehatan ibu serta perkembangan janin. Vitamin B6 dan B12 berperan dalam metabolisme energi dan pembentukan sel darah merah, yang sangat penting untuk mencegah anemia pada ibu hamil. 

Selain itu, vitamin D3 dalam Elkana membantu penyerapan kalsium yang optimal, yang penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin serta menjaga kesehatan tulang ibu. Selain membantu memenuhi kebutuhan vitamin harian, Elkana juga berfungsi sebagai penambah nafsu makan yang seringkali menurun selama kehamilan.  

Suplemen ini juga mudah ditemukan di apotek terdekat, dengan harga jual yang sangat terjangkau Rp10.000 hingga 12.250. untuk aturan dosis yang disarankan yaitu  1-2 tablet dalam 2 kali sehari. Namun, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai konsumsi suplemen ini​.


Baca juga

Itulah ketujuh rekomendasi vitamin untuk ibu hamil trimester 3 terbaik yang bisa membantu memastikan kesehatan ibu dan perkembangan optimal bagi janin. Kamu bisa membeli berbagai vitamin kehamilan ini di Blibli. Nikmati berbagai penawaran menarik dan layanan pengiriman yang cepat untuk memastikan kebutuhan nutrisi kamu terpenuhi dengan baik selama kehamilan.