Tak Perlu Ragu Terjang Hujan, Ini Rekomendasi Smartphone Tahan Air Terbaik

Sebagai salah satu gadget yang selalu dibawa ke mana-mana setiap harinya, tentunya kamu ingin smartphone yang dimiliki bisa diandalkan dalam segala hal. Mulai dari kemampuan untuk multitasking, menangkap gambar atau video dengan kualitas yang bagus, daya tahan baterai, sampai urusan daya tahannya. Untuk poin yang terakhir ini, memiliki sebuah smartphone yang “tangguh” dalam urusan daya tahan cuaca tentunya akan sangat membantu buat kamu yang memiliki mobilitas tinggi dalam aktivitas sehari-hari.

Hujan atau terkena cipratan air tak akan lagi membuat kamu khawatir smartphone akan rusak. Nah, penasaran smartphone apa saja yang bisa kamu pilih yang memiliki daya tahan terhadap air? Simak rekomendasinya berikut ini.

Sony Xperia 1

Photo via fruugo.com

Bisa dibilang Sony adalah salah satu pelopor smartphone tahan air di dunia. Rilisan produk mereka dengan seri Xperia Z, mulai dari Z2 dan Z3 telah dipromosikan sebagai flagship yang tahan terhadap air. Pada akhir tahun lalu, Sony baru saja merilis Sony Xperia 1, sebuah flagship terbaru yang telah mengantongi sertifikasi IP68 yang artinya tahan terhadap air.

Selain fitur tahan air, Xperia 1 juga memiliki tiga kamera untuk kebutuhan yang berbeda-beda, mulai dari wide, telephoto, sampai lensa ultra-wide yang sama dengan Galaxy S10+. Aplikasi Cinema Pro-nya juga memungkinkan pengguna untuk memaksimalkan potensi kamera-kamera tersebut, seperti pengaturan manual, video 24p 4K, fokus dan kecepatan rana secara manual.

Google Pixel 4 XL

Photo via fonpit.de

Pixel 4XL saat ini menjadi representasi terbaik dari smartphone buatan Google sekaligus menampilkan sistem operasi terbaik besutan mereka. Untuk perangkat kerasnya pun tak jauh berbeda. Sentuhan eksteriornya premium dengan rating IP68 dan dukungan chipset Snapdragon 855 dan RAM sebesar 6GB.

Selain itu, Pixel 4 XL juga menjadi salah satu smartphone dengan kamera terbaik saat ini. Fitur Night Sight-nya memungkinkan kamu untuk menangkap gambar yang mengagumkan meskipun dengan pencahayaan yang kurang. Satu-satunya kekurangannya adalah daya tahan baterainya yang “hanya” sebesar 3700mAh. Jelas kalah dengan flagship lainnya seperti S10+ yang telah ditenagai dengan baterai 41000mAh.

Buat Google Pixel 4XL mu makin keren dengan hardcase custom ini.

LG G8X ThinQ

Photo via fonpit.de

Pabrikan asal Korea Selatan ini, tak mau kalah saing dengan seterunya, Samsung. Mereka pun menggeber persaingan dengan menghadirkan LG G8X ThinQ pada pertengahan kuartal empat tahun lalu. Lalu apa yang bisa dibanggakan dari perangkat ini?

Smartphone ini memiliki fitur dual-screen dengan mekanisme yang mengingatkan kita pada era Nokia Communicator. Dengan adanya banyak engsel layar, apakah smartphone ini akan ringkih? Tenang saja, LG G8X ThinQ ini telah dilabeli sertifikasi IP68 yang tahan terhadap air. Fitur lainnya yang sulit ditandingi adalah kehadiran LG Quad DAC untuk dukungan speaker berkualitas hi-fi audio.

iPhone XR

Photo via digitaltrends.com

Meskipun telah ada seri terbarunya, iPhone XR tetap patut untuk dilirik jika kamu sedang mencari sebuah smartphone tahan air besutan Apple. Daripada menghabiskan uang lebih banyak, iPhone XR memiliki fitur-fitur menarik yang masih bisa diandalkan sampai beberapa tahun ke depan.

Mulai dari prosesor A12 Bionic yang cepat dan sangat efisien daya konsumsi baterainya, dua kamera belakang, dan tentu saja sertifikasi IP68. Daya tahannya terhadap airnya memang tak sebaiknya generasi penerusnya, XR hanya bisa tahan air pada kedalaman 1 meter dalam waktu 30 menit. Namun, seharusnya ini tak jadi masalah besar karena sejak kapan kita berenang bawa-bawa smartphone ke kolam?

Cek produk iPhone XR yang masih mantap ini di sini.

Huawei Mate 20 Pro

Photo via imgix.net

Dari segi umur, smartphone yang satu ini memang telah berumur dua tahun. Namun, hal ini tak membuatnya lantas tidak dilirik begitu saja. Huawei Mate 20 Pro tetaplah produk unggulan Huawei untuk bersaing di level teratas sebelum hadirnya Huawei P30 Pro.

Bicara daya tahannya terhadap air, Huawei P20 Pro ini tentu tidak perlu kamu khawatirkan untuk diajak menerjang hujan sambil menunggangi kuda besi di jalanan. Jangan terhadap percikan air, smartphone ini pun bisa diajak “berendam” sedalam 2 meter dalam durasi 30 menit.

Cek di sini untuk membeli Huawei Mate 20 Pro yang sedang didiskon!

Itulah rekomendasi smartphone-smartphone tahan air yang tak selalu soal S10 Plus atau iPhone 11 Pro Max. Ingat, kamu masih bisa menghemat beberapa juta rupiah untuk mendapatkan sebuah smartphone tahan air dengan fitur yang tak kalah canggihnya.

1 COMMENT

  1. Kesemsem ama Sony Experia, udah lama mupeng, baca ini jadi makin mupeng.
    Musim hujan kayak gini penting banget memilih smartphone tahan air.
    Duh ga sabar mau punya smartphone ini 🙂

LEAVE A REPLY