Rekomendasi Produk Lokal Yang Gak Kalah Sama Barang Luar

Photo via blibli.com

Makin ke sini, saya makin percaya sama kualitas produk lokal. Udah beberapa taun terakhir, kalo mau beli apa-apa, saya selalu cari barang versi lokalnya dulu. Kalo gak ada, baru deh cari yang merek luar. Soalnya, selain bayar pajak kayaknya cuma ini cara yang bisa saya lakuin buat nunjukin kalo saya cinta Indonesia. Awalnya emang sempet ragu buat nyoba, takut kualitasnya gak oke. Tapi pikiran saya salah. Ternyata banyak banget di luar sana anak-anak muda yang kreatif dan bisa bikin produk yang bagus. Jadi di kesempatan kali ini, saya mau ngasih rekomendasi produk-produk lokal dari berbagai kategori yang kualitasnya gak kalah sama produk luar.

  1. Makanan & Minuman
Bebek Ireng Barokah Bebek IRENG Frozen Ready To Cook Geger kalong
Bebek Ireng Barokah Bebek IRENG Frozen Ready To Cook Geger kalong

Negeri kita kan negeri kuliner ya, otomatis banyak banget pilihan makanan yang ga mungkin saya tulis satu-satu. Jadi, saya kasih rekomendasi yang lucu-lucu aja versi saya ya. Pertama, ada Cancimen alias cuanki ramen. Modelnya kaya mie instan ala Jepang/Korea yang dikemas pake local wisdom alias kearifan lokal. Buat yang pengen makan gede tapi males masak, ada Bebek Ireng Frozen yang tinggal diangetin di penggorengan.

Buat minumannya, ada teh mevvah ala Inggris tapi versi Indonesia, namanya Savis. Dari packaging-nya aja udah keliatan banget kelasnya. Kalo ngilernya sama makanan atau minuman yang lain, coba mampir aja ke link di bawah.

Produk Makanan & Minuman Lokal

2. Dekorasi Rumah

IndoLinen Premium Fitted Sheet Sprei Putih
IndoLinen Premium Fitted Sheet Sprei Putih

Kalo suka dandanin isi rumah, banyak banget produk lokal yang bisa jadi pilihan. Nyari sepre buat di kamar, ada Indolinen. Nyari bantal sofa yang kekinian, ada Stilleto Living. Pengen perlengkapan yang bau-bau etnis, tinggal pilih di UMKM Kerajinan Bali. Masih banyak lagi produk urusan dekor-dekoran asli lokal yang bisa ditemuin di halaman ini

Produk Dekorasi Rumah Lokal 

3. Fashion Cewek

Benangsari Widia Dress Batik Wanita Biru
Benangsari Widia Dress Batik Wanita Biru

Ini cara saya sayang istri sekaligus negeri. Saya demen banget beliin barang-barang fashion istri yang merek lokal. Desain dan kualitasnya bener-bener gak kalah saing sama merek-merek beken. Urusan atasan, bawahan, dress, sampe aksesoris yang nuansanya Indonesia banget, saya ambil dari Benangsari. Buat sepatunya, ada banyak model yang bisa dipilih dari Dane & Dine atau Mertz. Selain buat istri, saya beli juga buat anak di Malilkids.

4. Fashion Cowok

PALA Nusantara Mini Merah
PALA Nusantara Mini Merah

Karena udah beliin istri dan anak, saya jadi ada alesan buat ikutan belanja juga. Hehehe. Buat nambahin koleksi batik di rumah, saya saranin banget pilih kemeja batik dari Arthesian, soalnya cutting-nya bagus, motifnya juga lebih kekinian. Jadi saya gak dikatain Pak RT sama temen kantor. Biar gaya saya makin unik dan Indonesia banget, saya lagi demen-demennya pake jam tangan kayu dari PALA. Asli, bentuknya unik dan pasti jarang ada yang punya.

Selain barang fashion, ternyata banyak juga brand-brand lokal yang bikin produk buat urusan ibu & anak, kesehatan, sampe buat skincare-an. Berhubung saya belum nyoba, saya gak bisa ngomong banyak. Tapi buat yang penasaran bisa coba liat-liat di sini. Kalo emang udah nemu yang cocok, tinggal belanja deh. Lagi ada promo juga dari Blibli.com buat yang bayar pake BCA. Bisa dapet diskon sampe 50 ribu. Jadi gak ada alesan lagi buat gak beli produk lokal kan? Udah hemat, kita bisa kontribusi juga buat Indonesia dengan ngebantu pengusaha lokal biar makin maju dan go international.

BANGGA PRODUK LOKAL BARENG BCA CUMA DI BLIBLI.COM

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY