5 Rekomendasi Monitor Gaming Pilihan untuk Pengalaman Game yang Tak Terlupakan

Selain mouse dan keyboard, elemen penting lainnya untuk merasakan pengalaman bermain game yang maksimal adalah menggunakan monitor khusus gaming. Apalagi kalau kamu telah merakit sebuah PC gaming dengan spesifikasi yang luar biasa. Sayang rasanya jika tidak menggunakan monitor dengan kualitas visual terbaik.

Saat ini, telah tersedia banyak variasi monitor gaming dari beragam produsen besar seperti LG, Dell, Asus hingga AOC. Masing-masing memiliki keunggulannya tersendiri yang bisa disesuaikan dengan jenis game apa yang sering kamu mainkan. Berikut ini rekomendasi monitor gaming yang bisa kamu pilih  untuk merasakan pengalaman gaming ke level berikutnya.

Asus VX238H, Pilihan Terbaik buat Game Balap

null
Photo by Asus

Pilihan terbaik bagi kamu yang suka dengan game-game dengan variasi warna yang beranekaragam. Asus VX238H memiliki response time sebesar 1 ms yang artinya transisi warna yang terjadi akan lebih cepat. Selain itu, response time sebesar ini juga cocok untuk digunakan saat bermain game balap sehingga kamu akan melihat visual mobil yang melaju kencang dengan jelas tanpa adanya hambatan di monitornya.

Kamu juga akan dimanjakan dengan ukuran layar sebesar 23 inci dengan fitur Full HD (1920×1080 piksel) dengan aspek rasio sebesar 16:9. Selain tajam, visual yang dihadirkan juga akan semakin cerah berkat fitur smart contrast yang dapat mengatur tingkat pencahayaan secara otomatis. Untuk urusan konektivitas, Asus membekali monitor ini dengan beberapa soket pilihan seperti HDMI, DVI-D, D-Sub, sampai lubang audio 3,5mm.

KLIK DI SINI UNTUK MEMBELI ASUS VX238H

Dell S2715H dengan Sudut Pandang yang Memanjakan

null
Photo by Newegg

Gemar bermain game-game dengan konsep open world? Kamu harus mencoba memainkannya dengan monitor gaming yang satu ini. Desainnya yang menggunakan panel tipe IPS dan ukuran layar 27 inci membuat kamu akan mendapatkan sudut pandang yang lebar, sebesar 178 derajat. Tampilan sinematik pada game-game seperti Final Fantasy, Monster Hunter, atau No Man’s Sky akan tampil dengan fantastis dengan sudut seluas ini.

Berkat penggunaan panel IPS tadi pun desain monitor ini menjadi semakin menarik. Lupakan sudah gambaran tentang monitor gaming dengan bazel yang tebal karena Dell S2715H memiliki bazel yang tipis dengan aspek rasio sebear 16:9 dan resolusi layar Full HD (1920×1080 piksel).

Monitor ini juga didukung dengan dual speaker 9w yang terintegrasi di dalamnya untuk membantu menghadirkan suasana audio tambahan. Spesifikasi sudah cukup untuk digunakan sambil menabung beli speaker aktif yang lebih mumpuni.

KLIK DI SINI UNTUK MENJAJAL KEHEBATAN DELL S2715H

Samsung S24F350FHE, piihan terbaik untuk ukuran 24 inci

null
Photo by Samsung

Jika ukuran layar bukan menjadi prioritas utama, kamu bisa menggunakan ukuran layar monitor gaming yang disarankan, yaitu 24 inci. Monitor terbaik berukuran 24 inci yang bisa kamu pilih berikutnya adalah Samsung S24F350FHE ini. Meskipun hanya berukuran 24 inci, resolusi layarnya telah didukung Full HD (1920×1080 piksel).

Selain itu, Samsung juga membekali monitor ini dengan fitur-fitur yang berguna saat digunakan bermain game. Pertama adalah fitur eye saver yang bisa membuat kamu tetap terasa nyaman saat gaming. Kedua, fitur flicker-free yang membuat monitor ini bisa menimalisir gangguan di layar seperti piksel yang kurang jelas.

KLIK DI SINI UNTUK MEMBELI SAMSUNG S24F350FHE

LG 25UM58-P, memiliki mode gaming khusus

null
Photo by LG

Selain Dell S2715H, monitor gaming lainnya yang memiliki sudut pandang lebar adalah LG 25UM-P. Monitor ini didukung dengan aspek rasio sebesar 21:9 dengan resolusi 2560×1080 piksel (WFHD) dan tingkat kecerahan rasio kontras 1000:1. Dengan spesifikasi seperti ini, banyak yang merekomendasikan monitor ini untuk bermain game-game first-person shotter hingga game racing.

Dedikasi LG untuk membuat monitor gaming terlihat dari tersedianya mode khusus untuk gamegame dengan tipe seperti RTS (real-time strategy), FPS, dan yang lainnya. Untuk mendukung tampilan grafis, LG 25UM58-P memliki refresh rate75 dengan response time sebesar 5 ms.

KLIK DI SINI UNTUK MERASAKAN BERMAIN GAME MENGGUNAKAN LG 25UM58-P

AOC AGON AG271QX, performa yang maksimal

null
Photo by AOC

“Go big or go home!” Kira-kira seperti itulah kalau kamu menginginkan pengalaman gaming yang luar biasa dengan menggunakan PC yang canggih. Prosesor sudah sangat mumpuni, kartu grafis seri terkini dan RAM DDR4 16GB, kenapa tidak menggunakan monitor gaming yang canggih juga? Salah satu monitor gaming kelas high end yang direkomendasikan adalah AOC AGON AG271QX.

Resolusi yang ditawarkan sudah bukan Full HD lagi, tapi sudah Quad HD (2560×1440 piksel) dengan refresh rate sebesar 144 Hz. Refresh rate sebesar ini akan membuat kamu bisa merasakan tampilan grafis yang tetap stabil meskipun sedang memainkan game-game yang berat. Monitor ini juga menawarkan tingkat kecerahan sampai 350 nit dan menghasilkan 16,7 juta warna dengan aspek rasio sebesar 16:9. Terlalu asyik bermain game? Jangan khawatir, karena AOC telah menanamkan fitur AOC Low Blue untuk mengurangi ketegangan pada mata.

INGIN MERASAKAN PENGALAMAN GAMING YANG FANTASTIS? COBA MONITOR AOC AGON AG271QX

Rekomendasi monitor gaming di atas hadir dengan beragam variasi spesifikasi dan harga. Tentukan mana yang cocok untuk kamu sesuai dengan gamegame yang biasa kamu mainkan.

Jarvis

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.
Jarvis

1 COMMENT

LEAVE A REPLY