me

5 Rekomendasi Film Ghibli Romance bagi Para Pecinta Anime

May 10, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

blibli.com
5 rekomendasi anime romance dari Studio Ghibli hanya di sini!

Promo Dream On Mei 2024

Rekomendasi Film Ghibli Romance — Buat kamu para pecinta anime pasti udah nggak asing lagi kan sama nama Studio Ghibli? Studio produksi animasi ini sudah membuat banyak karya-karyanya di industri animasi sejak lama dan hampir semua karyanya mengalami kesuksesan. Bahkan hingga saat ini popularitasnya masih melejit walaupun termasuk dalam animasi lawas. 

Berbagai genre dimiliki oleh anime dari Studio Ghibli ini, salah satunya adalah romance. Berikut ini beberapa rekomendasi anime genre romance dari Ghibli. Simak, ya!

Baca Juga: 


1. Whisper of the Heart (1995)

Rekomendasi Film Ghibli Romance
dailymotion.com

Film yang direkomendasikan pertama berjudul Whisper of the Heart. Film ini menceritakan tentang hubungan antara Shizuku Tsukishima yakni seorang siswa sekolah menengah yang memiliki cita-cita untuk menjadi penulis terkenal dengan seorang pemuda bernama Seiji Amasawa juga memiliki cita-cita menjadi pembuat biola. Cerita ini fokus pada perjalanan mereka dalam menentukan hidup. 

Saat Shizuku mengunjungi perpustakaan tempat ia biasanya meminjam buku, tiba-tiba semua buku pilihannya sudah habis dipinjam oleh Seiji. Akibat dari peristiwa ini, membuat Shizuku menjadi penasaran dengan Seiji dan mendorongnya untuk bertemu secara langsung. Kemudian hubungan mereka pun semakin berkembang dan menjadi sangat dekat. 

Adapun para pemain dari karakter-karakter penting di balik Whisper of the Heart yakni Yoko Honna sebagai pemeran utama Shizuku Tsukishima, Issey takahashi sebagai Seiji Amasawa, Shigeru Muroi menjadi Asako Tsukishima, Takashi Tachibana Seiya Tsukishima, dan Shigeru Tsuyuguchi berperan menjadu Baron. 

Film ini sukses di pasaran pada masa awal perilisan yakni tahun 1995 dengan menghasilkan 1,85 miliar dalam pendapatan industri dan meraup keuntungan 3,15 miliar dalam pendapatan dari box office. Whisper of the Heart menjadi menarik karena film ini disutradarai oleh Yoshifumi Kondo yang dikenal sebagai orang dengan keterlibatan besar dalam produksi film di Studio Ghibli. 

2. Only Yesterday (1991)

Rekomendasi Film Ghibli Romance
acmi.net.au

Film ini mengisahkan tentang Taeko seorang pekerja kantoran yang tengah merencanakan liburan ke pedesaan dimana dulu ia sempat tinggal. Ketika ia dalam perjalanan menuju pedesaan tersebut, kenangan-kenangan dari masa kecil Taeko datang karena pemandangan sekitar yang sangat dirindukan oleh Taeko. Hal ini memaksa Taeko untuk kembali merenungkan jalan hidupnya. 

Ketika Taeko telah tiba di desa, ia menjumpai seorang laki-laki yang bernama Toshio. Toshio adalah sepupu dari suami kakaknya. Semenjak pertemuan ini, hubungan antara Taeko dan Toshio menjadi lebih dekat karena sering bertemu saat di desa tersebut. Selain itu, Taeko juga sangat menikmati kesehariannya yang damai dan merasa nostalgia pada desa tersebut. 

Para pemain dari karakter-karakter yang berperan penting dalam film ini adalah Miki Imai sebagai Taeko Okajima dan Toshiro Yanagiba menjadi Toshio. Film ini dirilis pada tahun 1991 dan menjadi sukses di masanya. Para kritikus film banyak memberikan nilai yang tinggi pada film ini yaitu sebesar 90. 2 situs kritik film seperti IMDb pun memberikan rating 7,6 dan rotten tomatoes sebesar 100 %.

3. From Up on Poppy Hill (2011)

electric-shadows.com

From Up on Poppy Hill berlatar belakang kota Yokohama di tahun 1963. Ceritanya berpusat pada karakter utama wanita yang bernama Umi Matsuzaki. Gadis ini memiliki rumah yang terletak di atas bukit, ia tinggal di rumah tersebut bersama dengan adik-adiknya. Kehidupan dari Umi cukup membahagiakan dan ia sangat puas dengan itu. 

Suatu ketika, Umi bertemu dengan seorang pemuda bernama Shun Kazama. Ia adalah siswa sekolah menengah yang aktif di klub jurnal sekolahnya. Dari pertemuan ini keduanya pun menjadi dekat hingga seperti merasa terikat. Namun, suatu waktu bangunan sekolah mereka yang bernama Quarter Latin akan dihancurkan. Keduanya pun langsung berjuang bersama untuk mempertahankan bangunan tersebut 

Ketika keduanya berjuang mempertahankan bangunan tersebut, mereka menemukan sebuah fakta bahwa ternyata di masa lalu mereka saling berhubungan. Dari rasa saling berhubungan ini dan juga rasa kebersamaan karena berjuang untuk mempertahankan bangunan tersebut, akhirnya tumbuh sebuah hubungan yang spesial diantara keduanya. 

Adapun beberapa pengisi suara dari karakter-karakter penting pada film From Up on Poppy Hill ini, yakni Masami Nagasawa sebagai Umi Matsuzaki dan Junichi Okada mengisi peran Shun Kazama. Film ini dirilis pada tahun 2011 dan seperti film-film ghibli lainnya, juga mengalami peningkatan dalam jumlah penayangannya hingga meraup keuntungan 61 miliar dari seluruh dunia.

Film ini selain tentang kisah cinta juga ada hal lain mengenai persahabatan, usaha bersama dan perasaan untuk memperjuangkan sesuatu. Film ini pun juga mengajari para penonton bahwa kita juga perlu lho, untuk melestarikan warisan budaya dimulai dari lingkungan terdekat kita seperti sekolah.  Itu lah yang menjadi daya tarik dari film ini

4. The Wind Rises (2013)

celebrity.okezone.com

Film ini mengisahkan perjalanan hidup dan karir dari laki-laki bernama Jiro Horikoshi. Ia adalah seorang insinyur pembuat pesawat tempur untuk Jepang selama perang dunia kedua. Kisah ini melibatkan rintangan dan tantangan yang dihadapi oleh Jiro sebagai pembuat pesawat tempur untuk perang. 

Ditengah-tengah karirnya sebagai insinyur pesawat tempur, ia bertemu dengan wanita bernama Nahoko. Wanita ini kemudian membawa pengaruh besar di kehidupannya. Mereka berdua memiliki kisah yang romantis dan juga ada beberapa kejadian untuk menguji kesetiaan mereka. Oleh karena itu, film ini menyoroti perjuangan mereka untuk mempertahankan sesuatu yang telah dimiliki. 

Adapun beberapa pemain yang mengisi suara pada karakter pemeran utama di film ini seperti Hideaki Anno sebagai Jiro Horikoshi dan Miori Takimoto berperan sebagai Nahoko Satomi. Film ini juga ada pengisi suara versi bahasa inggris lho, dan salah satu pengisi suaranya adalah Emily Blunt salah satu aktris hollywood terkenal sebagai pengisi suara Nahoko. 

The Wind Rises menjadi film animasi Jepang dengan pendapatan tertinggi di tahun perilisannya 2013 meskipun sempat mengalami konflik dan mendapatkan kritik akibat ceritanya yang berlatar belakang perang dunia. Film ini masuk dalam nominasi di berbagai penghargaan seperti Academy Award for Best Animated Feature, Golden Globe Awards for Best Foreign Language Film dan masih banyak.

5. Howl’s Moving Castle (2004)

m.imdb.com

Kamu pasti udah nggak asing lagi kan dengan judul Howl’s Moving Castle ini? Film ini masih bertahan dalam hal popularitasnya hingga saat ini terutama pada kalangan pecinta anime walaupun termasuk dalam anime lawas. Howl’s Moving Castle menyoroti kisah seorang gadis bernama Sophie yang awalnya memiliki paras gadis muda menjadi nenek tua akibat dari sebuah kutukan. 

Sophie nggak tahan dengan kutukan ini akhirnya memutuskan untuk pergi ke sebuah istana yang melayang di udara bernama Howl’s Moving Castle. Dari sini lah kisah Sophie dan seorang laki-laki bernama Howl berawal. Mereka pun berusaha  dan berjuang untuk mencari solusi dalam menghilangkan kutukan yang dialami oleh Sophie. 

Adapun pengisi suara dari karakter-karakter di Howl’s Moving Castle ini seperti Chieko Baisho mengisi suara Sophie Hatter dan Takuya Kimura sebagai Howl. Film ini dirilis tepat pada tanggal 20 November 2004 dan seperti karya Studio Ghibli lainnya, mengalami kesuksesan yang besar. Bahkan film ini meraup keuntungan sebesar 216 miliar dari hasil penayangan di seluruh dunia.


Baca Juga: 

Itu lah beberapa rekomendasi film genre romance milik Studio Ghibli. Semua film-film Ghibli ini bisa ditonton di platform Netflix lho, tapi pastikan Netflix kamu premium sebelum mulai nonton. Kamu bisa cek Netflix Premium di Blibli untuk harga bervariasi dan promo yang menarik. Yuk cek sekarang juga!