5 Buku Motivasi yang Wajib Kamu Baca Biar Lebih Pede

Friends, novelis George RR Martin pernah menulis di A Games of Thrones, “Pikiran butuh buku seperti pedang butuh batu asahan jika ingin tetap tajam.” Buku-buku motivasi pun juga bisa membuat pikiranmu tetap tajam. Bahkan enggak cuma itu, buku-buku motivasi bisa membuatmu tampil lebih pede.

Masalahnya, ada banyak buku self help yang bisa kamu baca. Buku apa yang bisa kamu pilih? Jangan khawatir, berikut kami pilihkan lima di antara buku motivasi yang wajib kamu baca.

Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat by Mark Manson

Photo by kompasiana.com

Judulnya saja sudah bikin orang mengernyitkan dahi. Kalau buku-buku motivasi lain, biasanya dibubuhkan judul bernada positif. Namun, buku kedua karya Mark Manson ini justru sebaliknya. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat merupakan reaksi terhadap industri self-help dan panduan bersikap positif yang kadang-kadang enggak praktis dan enggak banyak membantu.

Menurut Manson, hidup terkadang menyebalkan dan kamu enggak bisa lari dari kenyataan itu. Padahal, kamu bisa belajar bersikap bodo amat agar bisa lebih menikmati hidupmu. Enggak usah pedulikan apa kata orang soal kamu. Kunci menikmati hidup adalah memilih apa yang kamu pedulikan dan bersikap bodo amat terhadap hal-hal lain.

Agar bisa bahagia, kamu perlu bersikap bodo amat dalam hidup yang enggak melulu menyenangkan dan fokus pada apa yang penting bagimu. Meski bersikap bodo amat, kamu tetap bisa berpikir positif. Bagaimana caranya? Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat menjelaskannya untuk kamu.

Buku ini pernah menjadi #1 New York Times Bestseller yang sudah terjual lebih dari tiga juta kopi sejak pertama kali dirilis. Jadi, sebaiknya kamu juga punya koleksinya dibanding menyesal karena tidak bisa belajar buat menjalani hidup yang sebenarnya.

TERTARIK DENGAN BUKU INI? LANGSUNG SAJA BELI DI SINI!

You Are A Badass by Jen Sincero

Photo by ahealersheart.com

Seperti buku motivasi lainnya, You Are a Badass memberi semacam panduan agar kamu membuang jauh-jauh rasa enggak pede. Dituturkan berdasarkan pengalaman sang penulis, Jen Sincero, dari pecundang hingga menemukan kepercayaan dirinya, buku ini jadi seperti teman lamamu yang bercerita soal pengalamannya.

Sincero menganjurkan pembaca untuk menggali keinginan terdalamnya dan berusaha sekuat tenaga Thanos di film The Avengers untuk mewujudkan impian tersebut. Buku ini juga menjelaskan strategi untuk membantu pembaca mendulang uang.

Coba tengok salah satu kutipan buku ini: “Kalau kamu sangat menginginkan sesuatu dan bertekad bulat untuk mendapatkannya, kamu bakal mendapatkannya.” Seorang ‘badass’ enggak akan peduli dengan apa yang dunia katakan soal kemampuannya.

BELI BUKU YOU ARE A BADDAS DI BLIBLI.COM

The Magic of Thinking Big by David J Schwartz

Photo by laparisme.blogspot.com

Bicara soal buku motivasi atau self-help, enggak sah rasanya jika belum menyebut buku The Magic of Thinking Big. Buku karya David J Schwartz ini sudah menginspirasi banyak orang untuk memotivasi diri mereka. Bahkan, buku ini menjadi jembatan munculnya buku-buku motivasi lain seperti The Millionaires Next Door karya Thomas J Stanley.

Buku ini mengajarkan soal bersikap positif dan menghancurkan pikiran negatif untuk hidup di masa ini. The Magic of Thinking Big mengajarkanmu untuk menanamkan dalam hati motivasi seperti suara-suara iklan di radio yang menjual kehebatanmu dan kemampuan terbaikmu. Bunyikan suara-suara iklan tersebut di dalam hati setidaknya setiap hari sekali.

Buku ini juga memandumu untuk membuang kekhawatiran dan ketakutan yang jadi pengikat pengembangan kepercayaan dirimu. Tips-tips Scwartz sangat membantu enggak hanya dalam dunia kerja, tetapi juga pergaulan sosial, bahkan hubungan asmara.

KOLEKSI SEGERA BUKU THE MAGIC OF THINKING BIG

The Power of Positive Thinking by Norman Vincent Peale

Photo by nikhilvadodariya.com

Satu lagi buku babon motivasi yang harus kamu punya: The Power of Positive Thinking. Saking terkenalnya, Presiden Amerika Serikat Donald Trump pun menjadikannya sebagai salah satu buku favoritnya. Bahkan, penulisnya, Norman Vincent Peale, secara khusus diundang Trump saat pernikahannya dengan Ivana Zelníčková.

Buku ini sudah diterjemahkan ke lebih dari 40 bahasa dan terjual lebih dari dua juta kopi. Seperti judulnya, buku ini dibuka dengan: Pecayalah kepada diri sendiri. Percayalah akan kemampuanmu! The Power of Positive Thinking menjelaskan cara agar kamu bisa pede. Misalnya, kamu bisa mulai dengan menghapus rasa inferior. Lantas bagaimana caranya? Gampang. Kamu tinggal mengisi hatimu dengan rasa kepercayaan diri yang meluber hingga enggak ada tempat untuk inferioritas.

The Power of Positive Thinking memberi panduan agar kamu bisa menikmati hidupmu dengan penuh. Buku ini juga memberi contoh bagaimana berpikir positif bisa memicu keajaiban dalam keseharianmu.

BELI BUKU THE POWER OF POSITIF THINKING DIJAMIN BISA BIKIN KAMU PEDE

Mindset by Carol S Dweck

Photo by christihegstad.com

Selain Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat, Mindset menjadi buku yang banyak diomongin orang-orang soal caranya memotivasi diri.

Penulisnya, yang juga psikolog, Carol Dweck membagi mindsetdalam dua kategori. Pertama, fixed mindset yang cenderung menganggap kapasitas, kecerdasan, kemampuan kreativitas, serta perilaku orang bersifat tetap (fixed). Konsep ini mengangap orang enggak bisa mengubah apa yang telah didapat dari lingkungan maupun gen.

Sedangkan, mindset kedua, growth mindset yang beranggapan orang bisa berubah, bertambah cerdas, dan bertambah baik perilakunya. Konsep kedua ini yang didorong bisa berkembang. Dweck mengajarkan kalau kamu mampu mengubah mindset asalkan kamu mau berubah. Toh enggak ada kata terlambat untuk berubah menjadi lebih baik dalam hidup.

KLIK DI SINI KALAU MAU CARI BUKU MOTIVASI KEREN LAINNYA 

Gimana, buku-buku di atas cukup menarik dibaca, kan? Enggak cuma berguna untuk psikologismu, buku-buku tersebut bisa diterapkan di pekerjaan, bisnis, hingga percintaan.

Membaca buku-buku motivasi seperti contoh di atas paling enak saat menghabiskan me-time. Selain baca buku, kamu juga bisa mendengarkan podcast yang berisi tentang self help di layanan streaming Spotify.

Belum punya akun premiumnya? Yuk, langganan dengan beli voucher Spotify Premium di sini.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY