Rekomendasi 5 Aplikasi untuk Mengontrol Penggunaan Gadget Anak

Perkembangan teknologi yang begitu masif kini memungkinkan berbagai kalangan bisa mengaksesnya dengan mudah. Smartphone dan gadget lain seperti tablet dan smartphonebisa digunakan secara leluasa dari anak-anak hingga lanjut usia (lansia).

Meski gadget diklaim bisa membantu perkembangan anak dalam menyerap informasi, penggunaannya secara berlebihan ternyata berpotensi dapat membuat si buah hati kecanduan. Layaknya televisi dan video gamegadget juga bisa membuat anak-anak tidak bisa lepas dan lupa diri, bahkan ‘mengasingkan’ diri mereka dari keramaian. Jika dilewatkan secara terus menerus, tentu ini akan berisiko menimbulkan dampak antisosial.

Berkaca dalam hal ini, sebagai orang tua butuh aplikasi pengontrol supaya anak-anak tidak terlalu lama memandangi gadget. Aplikasi-aplikasi parental control ini bisa ditemukan dan diunduh secara cuma-cuma di toko aplikasi Google Play Store untuk Android dan App Store untuk iOS. Apa saja? Berikut rangkumannya.

1. Kids Place

Kids Place dikembangkan oleh developer kiddoware. Aplikasi menghadirkan fitur lengkap bagi para orang tua untuk mengendalikan isi konten dan waktu penggunaan smartphoneanak agar bisa lebih ketat. Lewat Kids Place, orangtua bisa menyortir aplikasi-aplikasi apa saja yang bisa diakses anak, memblokir aplikasi yang tidak diinginkan, serta  mengatur durasi waktu penggunaan smartphone si anak.

APLIKASI PENGONTROL ANAK BISA DIGUNAKAN DARI SMARTWATCH, APPLE WATCH SERIES SALAH SATUNYA

2. Screen Time Parental Control

Via macrumors.com

Screen Time Parental Control mengusung fitur unik yang menghadirkan fitur pause atau menghentikan gadget yang digunakan anak untuk sementara. Sama halnya dengan Kids Place, Screen Time Parental Control juga memiliki fitur pengaturan waktu penggunaan gadget.

Uniknya, tak hanya untuk penggunaan smartphone yang digunakan, fitur ini juga dapat mengatur batas waktu penggunaan aplikasi-aplikasi tertentu, seperti aplikasi gim yang notabene memang merupakan aplikasi yang sering dipakai anak.

KLIK TAUTAN INI UNTUK MENGINTIP SPESIFIKASI SAMSUNG GALAXY S10

3. Norton Family Parental Control

Norton Family Parental Control memungkinkan orang tua melakukan supervisi terhadap penggunaan internet anak, mulai dari durasi penggunaan browser termasuk riwayat pencariannya, mencari tahu lokasi anak saat membawa gadget, menge-track isi pesan, serta mampu mengunci browser dan sejumlah aplikasi lainnya dengan password. Tak cuma itu, Norton Family Parental Control juga memiliki fitur screen time yang dapat membuat jadwal kapan anak boleh menggunakan smartphone, durasi menggunakannya, hingga kapan anak harus berhenti bermain smartphone.

AWASI KEGIATAN ANAK DI RUMAH LEWAT SMART CCTV

4. Kids Zone

Kids Zone memiliki dua fitur utama, satu fitur berfungsi sebagai parental control untuk orang tua dan satu lagi adalah fitur “play ground” untuk anak-anak. Fitur play ground memungkinkan anak membuat profil sendiri, memasang dan menkustomisasi wallpaper, serta mengunduh beragam aplikasi yang sesuai untuk umurnya. Aplikasi ini memiliki sistem kontrol ke banyak aplikasi yang tak sekadar digunakan anak-anak, tetapi ke aplikasi-aplikasi yang lebih general, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan Snapchat, mengingat aplikasi media sosial ini juga menjadi aplikasi yang sering digunakan anak-anak.

XIAOMI AMAZFIT STRATOS BISA KAMU DAPATKAN DI SINI

Developer mengklaim, aplikasi ini tidak bisa begitu saja dengan mudahnya di-uninstall oleh anak. Pasalnya, Kids Zone memiliki fitur yang memproteksi aplikasi agar tidak bisa dihilangkan begitu saja dari smartphone. Aplikasi ini juga mampu menyembunyikan profil orangtua sehingga anak tidak tahu kalau mereka sebetulnya diawasi.

5. Find My Kids

Via findmykids.org

Find My Kids secara fungsi sebetulnya tidak langsung mengontrol durasi penggunaan gadget. Memang, aplikasi ini bisa bekerja dengan demikian. Namun, fungsi utama dari aplikasi ini adalah mendeteksi keberadaan sang anak dengan fitur GPS. Aplikasi juga dapat merekam suara di sekitar lokasi anak dan memonitor gerak gerik perpindahan anak dari lokasi satu ke lokasi lainnya.

LINDUNGI SI BUAH HATI DENGAN OEM GPS TRACKER KIDS SMARTWATCH, DAPATKAN PRODUKNYA DI SINI

Orang tua pun akan dimudahkan dengan fitur notifikasi otomatis yang pop up dari aplikasi ini jika anak keluar atau masuk ke dalam rumah atau ketika daya baterai smartphonemelemah. Jika baterai lemah atau mati, orang tua tidak akan dapat menggunakan aplikasi ini mengingat aplikasi yang mengandalkan GPS juga akan otomatis offline.

Nah, itu dia lima aplikasi pengontrol gadget anak yang bisa Blibli Friends jajal. Yuk, mari jaga terus penggunaan gadget si buah hati agar tetap terkontrol sesuai dengan waktu yang ditentukan, tidak kurang, tidak lebih, tetapi tetap menyenangkan dengan bermain gadget!

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY