Ban serep itu nggak hanya untuk disimpan saja. Pada saat-saat tertentu, kamu bakal berterimakasih kepada dirimu sendiri karena membawa ban serep. Jadi, untuk mengantisipasi saat-saat seperti itu, penting untuk selalu merawat ban serep yang kamu miliki.

Jangan sampai ketika membutuhkan, kondisi ban serep kamu malah nggak optimal, sehingga berbahaya ketika digunakan. Untuk itu, penting bagi para pengendara mobil untuk selalu menjaga ban serepnya dalam kondisi prima melalui tips-tips berikut:

1. Yuk, periksa tekanan angin

periksa-tekanan-angin

Via Reference

Meski jarang digunakan, tetap saja tekanan angin pada ban serep bisa berkurang. Jangan bingung, karena ini diakibatkan karet ban memiliki pori-pori yang lebih besar dari molekul udara di dalamnya. Akibatnya, angin akan keluar perlahan dalam jangka waktu yang lama.

Jadi, wajib hukumnya untuk selalu memeriksa tekanan ban serepmu secara rutin satu bulan sekali. Isilah angin semaksimal mungkin sesuai kapasitas ban. Karena akan lebih mudah mengurangi tekanan angin daripada menambahnya pada saat-saat darurat.

2. Bersihkan secara rutin

bersihkan

Untuk kamu yang menyimpan ban serep di bagian kolong mobil atau bagian belakang tanpa tertutup, ban akan cepat menjadi kotor. Melewati panas dan hujan bisa mempengaruhi elastisitas dan kekuatannya.

Bersihkan ban serepmu secara berkala. Bila perlu, berikan pelembab khusus ban agar elastisitas karet ban serepmu selalu terjaga. Jangan lupa juga untuk menambah pelumas pada kerekan ban serep, ya.

3. Rotasi ban secara berkala

rotasi-ban

Jika ban jarang digunakan, konstruksi karet dapat mengeras. Bentuk bulatnya menjadi tidak sempurna. Jika digunakan, kelak perputarannya akan selalu oleng. Hal ini bisa sangat nggak nyaman dan berbahaya ketika mengendara.

Maka dari itu, penting untuk melakukan rotasi ban serep secara rutin dengan keempat ban mobil lain. Hal ini akan menjaga daya elastisitas ban dan membuat tingkat keausan ban mobil jadi sama rata.

4. Lindungi ban serep dengan pelindung

lindungi-ban-dengan-pelindung

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ban yang terkena panas dan hujan akan jauh lebih mudah hilang tingkat elastisitasnya dan rusak. Jadi, nggak ada salahnya melindungi ban serep kamu dengan cover pelindung ban serep. maka cover pelindung bukan hal yang wajib digunakan, namun bukan berarti nggak boleh. Nggak ada salahnya bukan memberikan perlindungan ekstra? Sinar matahari juga masih bisa masuk.

5. Pastikan semua komponen selalu lengkap

semua-komponen-lengkap

Selain ban serep itu sendiri, selalu perhatikan juga komponen-komponen seperti perangkat bongkar pasang yang kamu miliki. Apakah perangkat tersebut lengkap dan dalam kondisi yang baik?

Mengapa menjaga kondisi perangkat ini menjadi tak kalah penting? Karena tanpa perangkat ini ban serep nggak akan bisa kamu gunakan. Bayangkan jika dongkrakmu rusak ketika ban mobilmu tiba-tiba kempes?

6. Perhatikan usia pakai ban

usia-pakai-ban

Meski tidak ditetapkan secara pasti, Asosiasi Produsen Ban Indonesia membatasi penggunaan ban hingga 4 tahun dari tanggal produksi terhadap klaim dari konsumen. Jadi sembari membersihkan ban, cobalah periksa usia ban kamu.

Jika ban serep sudah memiliki keretakkan pada karetnya, berarti ban tersebut sudah nggak layak pakai. Bisa-bisa jika kamu paksa menggunakannya ban tersebut bisa kempes, pecah, bahkan meledak!

7. Menyemir Ban

menyemir-ban

Via James De Mers

Setelah dibersihkan, nggak ada salahnya kamu menyemir ban serepmu. Nggak cuma menambah oke penampilan ban serep, menyemir ban juga membantu menjaga elastisitas karen ban serep. Selain itu, semir ban juga memberikan perlindungan ekstra pada karet ban.

Jadi, nggak hanya terjaga keamanannya, ban kamu jadi tetap kinclong ketika digunakan.

Menjaga kondisi semua komponen mobil kamu termasuk ban serep adalah hal yang penting untuk menjaga keamanan berkendara. Jadi, jangan malas-malas lakukan perawatan rutin dan mampir ke bengkel sesekali.

Jangan ragu mengganti ban serep yang kamu miliki, jika kondisinya udah nggak memadai. Kamu bisa cek berbagai pilihan ban serep di Blibli.com dan manfaatkan cicilan 0% Friends!

Tyas

Tyas

Tyas - Big fans of coffee, TV series, and books.
Tyas

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY