Untuk tampil cantik seharian, rambut sering banget jadi masalah besar. Kalau soal makeup cukup gunakan yang waterproof dan lakukan touch up saat diperlukan. Sementara soal baju juga nggak masalah, selama bahannya lembut dan nyaman, baju yang kamu kenakan akan tetap oke seharian. Tapi, gimana soal rambut, apalagi kalau rambutmu dikeriting? Apa aja yang perlu dilakukan untuk membuat rambut keriting tahan lama, ya?

Untuk tahu tips lengkapnya, Triana Noermalia alias Yana, punya cara sendiri dalam membuat rambut keriting tahan lama. Lulusan Jhonny Andrean School yang selama beberapa tahun terakhir menawarkan jasa makeup sekaligus hairdo ini yakin banget kalau tipsnya ampuh dan mudah diikuti. Yuk, simak selengkapnya!

BUTUH ALAT PENGERITING RAMBUT YANG HARGANYA TERJANGKAU? KLIK DI SINI!

1. Pastikan rambut dalam kondisi yang pas

rambut keriting tahan lama
Via – Tsangtastic

Tips pertama dari Yana adalah memastikan kondisi rambut dalam keadaan “pas” alias bersih dan kering. Saat kamu akan mulai mengeriting rambutmu, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membersihkan rambut. Jadi, sangat disarankan untuk keramas sebelum rambutmu dikeriting, ya! Rambut yang kotor dan berminyak akan terlihat lepek dan pastinya nggak oke.

Apabila sudah bersih, saat rambut setengah kering, kamu dianjurkan untuk menggunakan heat protection atau anti-frizz agar rambutmu tetap sehat meski terkena panas dari alat pengeriting. Jika sudah benar-benar kering, barulah proses pengeritingan rambut bisa dimulai.

CARI ALAT PENGERITING RAMBUT NGGAK BOLEH ASAL!

2. Tentukan sisi yang akan dikeriting dan alat yang digunakan

rambut keriting tahan lama
Via – Luxy Hair

Kalau kamu ingin mengeriting rambut hanya pada bagian bawah, catok dulu bagian pangkal rambutmu hingga tengah. Jika sudah, baru lakukan pengeritingan pada bagian tengah hingga ke bawah. Akan tetapi, jika ingin membuat seluruh bagian rambut menjadi keriting, kamu bisa mulai dari pangkal hingga ujung rambut.

Selain menentukan sisi, alat pengeriting yang digunakan juga sangat berpengaruh. Menurut Yana, alat pengeriting yang direkomendasikan adalah alat dengan diameter cukup besar, yakni di atas atau sama dengan 1 inci. Kalau tidak memiliki alat pengeriting, kamu juga bisa menggunakan catokan atau alat pelurus rambut yang diameternya kurang lebih sama.

KLIK DI SINI UNTUK ALAT PENGERITING RAMBUT DENGAN DIAMETER YANG TEPAT

3. Gunakan perangkat tambahan

rambut keriting tahan lama
Via – The Black Pearl Blog

Sewaktu mengeriting, kamu harus memastikan bahwa interval atau lama pengeritingan sudah cukup, yakni 5 hingga 10 detik. Kurang dari 5 detik akan membuat rambut keritingmu tidak bertahan lama dan lebih dari 10 detik akan membuat rambutmu rusak karena terlalu lama terkena panas.

Selain waktu, agar mendapatkan hasil yang tahan lama, Yana mengajurkan untuk menggunakan alat tambahan seperti roll rambut setelah rambut dikeriting. Roll rambut ini bisa digunakan selama beberapa menit agar hasilnya maksimal. Namun, jika kamu nggak punya roll rambut atau malas mencarinya, kamu bisa menggulung rambutmu sejenak dengan jari, beberapa puluh detik juga tidak masalah.

TEMPATNYA ALAT PENGERITING RAMBUT TANPA RIBET

4. Sisir dengan jari dan gunakan hairspray

rambut keriting tahan lama
Via – BrightonTheDay

Jika seluruh bagian rambut sudah dikeriting dan kamu sudah melepaskan roll rambut yang digunakan, sisir rambutmu dengan jari secara perlahan agar hasilnya terlihat natural dan maksimal.

Langkah terakhir supaya rambut keriting tahan lama, jangan lupa semprotkan hairspray secukupnya dari jarak 12cm, satu atau dua kali semprot sudah cukup. Terlalu banyak hairspray akan membuat rambutmu keras dan hairspray yang terlalu sedikit akan membuat keriting rambutmu nggak bertahan lama.

CARI PERLENGKAPAN DAN ALAT PENGERITING RAMBUT? SEMUA YANG KAMU MAU ADA DI SINI!


Gimana, ladies, tips ini memang cukup mudah untuk diikuti, kan? Hal yang perlu ditekankan dan diperhatikan adalah kondisi rambut, cara mengeriting, dan penggunaan hairspray-nya. Kalau ada yang masih perlu ditanyakan lebih lanjut, kamu bisa menghubugi Yana di Instagramnya, @yanaimzi.

Ngomongin soal ngeritingin rambut, kamu udah punya alat pengeritingnya belum? Untuk dapetin alat pengeriting yang oke, buruan ke #BlibliSekarang untuk pilihan produk-produk terbaik yang kamu cari!

DAPATKAN ALAT PENGERITING RAMBUT YANG KAMU BUTUHKAN SEKARANG JUGA!

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY