me

Ramadhan di Indonesia, Kira-Kira Tanggal Berapa, Ya?

Mar 30, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

image source: www.pexels.com

Sudah siap untuk menyambut ramadhan di Indonesia? Kira-kira Ramadhan di Indonesia tanggal berapa, ya? Selain proses penentuannya yang menggunakan serangkaian cara nyatanya juga ada beberapa tradisi penting yang cuma dilakukan saat ramadhan saja. Tentunya ada makna mendalam dari masing-masing tradisi yang dilakukan.

Baca juga: Hikmah Puasa Ramadhan dan Keistimewaannya


Serba-Serbi Penetapan Ramadhan di Indonesia

Sebenarnya bagaimana proses penetapan ramadhan di Indonesia? Nyatanya untuk penetapan ramadhan ini nggak boleh sembarangan karena ada serangkaian proses tertentu yang nggak boleh dilanggar sedikitpun. Biasanya penetapan ini berdasarkan sidang isbat dengan memperkirakan terlihatnya hilal barulah bisa menentukan tanggalnya. 

Dalam hal ini Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan jadwal Sidang Isbat (penetapan) awal ramadhan di tanggal 1 April 2022. Nantinya sidang ini bakalan dilakukan secara luring dan digelar di Auditorium HM. Rasjidi Kemenag, Jalan MH. Thamrin, Jakarta. Tentunya juga bakalan ada para tamu yang datang menyaksikan dengan protokol kesehatan yang mumpuni. 

Sementara tamu lainnya untuk menghindari kerumunan bisa bergabung melalui telekonferensi. Perlu dipahami biasanya untuk NU dan Muhammadiyah bakalan menetapkan di tanggal yang berbeda bisa juga sama tergantung kepercayaannya. Muhammadiyah sendiri menetapkan bahwa puasa pertama jatuh di hari Sabtu, 2 April 2022.

Biasanya puasa ini bakalan dilakukan 29 sampai 30 harian sebelum akhirnya merayakan hari raya idul fitri dan bermaaf-maafan. Penentuan ramadhan ini juga bukanlah suatu hal yang mudah dan menjadi keputusan besar sehingga prosesnya juga nggak boleh asal-asalan. Ada banyak pertimbangan yang perlu dilakukan sebelum memutuskan ketetapan tanggalnya. 

Tradisi Ramadhan Di Indonesia

Kira-kira tradisi apa saja yang dilakukan saat ramadhan di Indonesia? Biar nggak ketinggalan kamu perlu memperhatikan beberapa penjelasannya di bawah ini:

  • Saling Kirim Makanan

Tradisi pertama yang bisa kamu ketahui saat ramadhan di Indonesia adalah biasanya mereka bakalan saling kirim makanan untuk tetangga maupun teman. Tradisi ini bertujuan untuk saling berbagi rasa dari lauk pauk yang dimakan. Harapannya orang-orang yang kurang mampu membeli lauk tetap bisa merasakan lauknya. 

Bahkan untuk yang sudah mampu bisa merasakan makanan yang sederhana. Sehingga kedekatan antara keduanya terjalin menjadi lebih baik. Saling kirim makanan ini biasanya dilakukan secara rutin dan terjadwal dengan baik biar nggak ada makanan yang terbuang karena dimasak terlalu banyak.

Di daerahmu ada yang melakukan kegiatan ini? Tentunya bakalan menjadi momen yang menyenangkan karena kamu bisa merasakan masakan dari tetangga yang lebih variatif dan juga memberi kesempatan orang lain untuk merasakan apa yang telah kamu masak di hari tersebut.

ABC Sirup Squash Delight Anggur 460 ml

 

  • Ngabuburit

Ngabuburit adalah kegiatan yang dilakukan untuk menunggu buka puasa tiba. Biasanya masyarakat bakalan jalan-jalan bersama keluarga untuk mencari makanan ringan atau bahkan lauk untuk buka puasa ketika nggak sedang masak. Kegiatan ini menjadi momen penting yang dilakukan hampir seluruh daerah di Indonesia. 

Kamu tentunya tahu di jam-jam 3 sore menjelang maghrib badan sangat lesu-lesunya dan membuatmu cepat mengantuk atau menyerah untuk makan. Untuk menghindari hal ini tentu lebih baik kamu melakukan kegiatan ngabuburit bersama teman dan keluarga. Kamu bisa sekaligus refreshing biar mendapatkan angin segar setelah bekerja. 

Namun perlu dipahami kalau sesuatu yang berlebihan itu nggak baik jadi jangan terlalu berlebihan jalan-jalannya. Kamu cukup jalan kaki di sekitar kompleks atau jalan-jalan menggunakan motor untuk menikmati angin sore dengan hati-hati dan sesuai protokol kesehatan yang dianjurkan tentunya. 

HALIMA HIJAB MOTIF PRINTED MULTICOLOR HM606

  • Jualan Takjil

Beberapa orang yang punya kemampuan untuk berjualan makanan atau mengolah makanan biasanya bakalan memanfaatkan momen ini untuk berjualan takjil. Mereka bakalan membuat makanan yang enak dan khas ramadhan sehingga kamu yang nggak sempat masak atau membuat makanan tersebut bakalan tetap bisa menikmatinya. 

Biasanya takjil in bakalan mulai berjualan di jam-jam orang ngabuburit karena memang sudah menjadi satu kegiatan penting yang menyatu. Bakalan banyak banget yang membuka dagangannya baik di depan rumah maupun menyewa tempat untuk berkumpul bersama pedagang lain dalam menjajakan jualannya. 

Nggak jarang juga banyak mahasiswa dan pengusaha muda yang memanfaatkan momen ini untuk mendapatkan uang tambahan selama ramadhan. Mereka bakalan ikut jualan untuk mendapatkan keuntungan sembari menunggu waktu buka puasa tiba. 

Surabaya - KUNCI MAS Minyak Goreng (2 L/ Kemasan Pouch)

  • Takjil gratis

Kegiatan keempat yang bisa kamu temui hanya di bulan ramadhan adalah adanya bagi-bagi takjil gratis. Biasanya hal ini dilakukan oleh orang yang mampu dan dermawan untuk berbagi ke pengendara atau orang yang kurang mampu. Biasanya mereka ada di pinggir jalanan untuk memberikan pada pengendara biar digunakan untuk buka puasa saat di jalan. 

Mereka biasanya juga bakalan ada di masjid-masjid besar dan menyediakan makanan untuk orang yang sholat atau istirahat dalam masjidnya. Nggak jarang juga para dermawan ini memberikan takjilnya langsung ke panti asuhan atau ke rumah-rumah sebagai bentuk pengamalan rezeki mereka yang lebih. 

Takjil ini bentuknya beragam ada yang berupa kue, air dan kurma sampai dengan makanan berat. Bahkan untuk kelas perusahaan besar ada juga yang memberikan parcel lebaran berupa kue kering maupun sembako tentunya nggak tanggung-tanggung untuk diberikan pada sesama yang membutuhkan. 

  • Buka Bersama

Kamu tentunya sudah familiar dengan kegiatan yang satu ini karena sering dibahas dan dilakukan juga. Nggak heran kan kalau menjelang ramadhan begini pasti banyak banget ajakan buka bersama mulai dari alumni TK sampai dengan kuliahan. Buka bersama adalah kegiatan yang menyenangkan sekaligus sebagai bentuk reunian yang bermanfaat. 

Biasanya buka bersama ini dilakukan mulai jam 4 sore sampai sehabis maghrib dan ditutup dengan acara sholat tarawih berjamaah. Kegiatan yang dilakukan di dalamnya adalah saling bertanya kabar, sharing pengalaman dan acara ceramah untuk meningkatkan solidaritas dan tali persaudaraan antara orang yang ikut dalam acara tersebut. 

Biasanya acara ini ada yang ditarik biaya urunan untuk membeli seporsi makan untuk dirinya sendiri. Namun jika penyelenggaranya memang dari perusahan besar tentunya nggak bakalan ada biaya apapun yang perlu dikeluarkan. Buka bersama ini seru banget dilakukan karena bisa menambah relasimu juga nantinya. 

Aira Timlo Solo Retort 100 gram (Pusat Banyumanik Semarang)

  • Sahur On The Road

Nggak cuma buka karena ada juga yang namanya sahur on the road. Biasanya hal ini dilakukan oleh para relawan yang membagikan nasi untuk para orang di jalanan. Biasanya diberikan untuk pengamen, pengemis, tukang becak maupun orang jalanan yang nggak bisa beli makan untuk sahur. 

Mereka bakalan diajak makan bersama dan menikmati rasa kebersamaan tentunya dengan lauk yang sama juga. 


Baca juga: Warna Baju Lebaran 2022 yang Terlihat Keren

Tradisi ramadhan bisa semakin murah dan terjangkau dengan memanfaatkan Promo Ramadhan cuma di Blibli saja. Kamu bisa memanfaatkan promo gratis ongkir dan diskon dari masing-masing produk yang terjual di Blibli. Tentunya cukup menguntungkan dan sayang untuk dilewatkan begitu saja!

 

Tag: