Bagi sebagian besar orang, liburan mungkin identik dengan jalan-jalan ke pantai dan menikmati sinar matahari. Tapi, hal ini nggak berlaku bagi para gamers sejati. Daripada menghabiskan waktu di luar, mending kamu mengasah kemampuanmu di Fallout 4.

Akan tetapi, apa gunanya kalau punya game terbaru seperti Battlefield 1dan Overwatch, kalau PC kamu memainkannya dengan penuh lag. Di luar sana, banyak PC Gaming yang bisa kamu peroleh dalam satu paket, namun nggak selalu memiliki spesifikasi yang sempurna untuk kebutuhan gaming kamu.

Oleh karena itu, nggak sedikit gamers yang memilih untuk merakit PC mereka sendiri. Nggak hanya lebih mudah menyesuaikan dengan budget yang ada, merakit PC Gaming sendiri juga menyenangkan! Sebagai panduan standar dan on-budget, kamu bisa mengikuti artikel ini.

 1. Processor: Intel Core i3-6100
Untitled

 

Via CCL Online

Pertama, kamu perlu memiliki Intel Skylake generasi 6 terbaru ini. Dual core CPU ini memiliki base clock speed 3.7GHz dan kapasitas cache 3MB. Berarti, performa dan kecepatan mengolah datanya sudah terjamin.

Walau Core i3-6100 sering dianggap kalah dari Core i5, namun soket terbarunya yaitu LGA 1151 dapat memudahkan kamu untuk upgrade ke Core i3 generasi 7 atau i5 generasi 6 tanpa perlu mengganti motherboard (performa tetap greget).

2. Motherboard: Biostar H110MH Pro D4
motherboard

Via Digital Conquerer

Untuk motherboard (mobo), kamu bisa memilih Biostar H110MH Pro D4. Harganya lebih terjangkau dibanding mobo lain, dan sudah compatible dengan soket untuk LGA 1151 serta DDR4 (RAM dan kecepatan processing yang tinggi). Dengan mobo yang satu ini, kamu bisa mendapatkan 4 SATA connection ports yang mendukung kecepatan transfer data hingga 6 GB per detik!

3. RAM: Avexir DDR4 PC17000
ram

Via Newegg

Avexir merupakan idaman dari banyak gamers. Dengan brandal yang satu ini, kamu bisa menikmati RAM sebesar 16GB, Bandwidth 17000, serta kecepatan proses hingga 2133 MHz. Lag hilang, main pun tenang!

4. Graphic Card: Sapphire Radeon RX 460

graphic

Via Digital Trends

Hal selanjutnya yang perlu kamu persiapkan adalah graphic card. Salah satu pilihan yang optimal dan cukup terjangkau adalah Sapphire dengan seri Radeon RX 460.

Sapphire Nitro Radeon RX 460 dapat menampilkan grafis jernih untuk berbagai game populer. Si monster ini bisa memberikan performa lebih dari 100 fps untuk Dota 2 ataupun Rocket League dalam resolusi 1080p!

Graphic card ini memiliki 896 stream processor dengan boost clock 1210 MHz dan memory clock 1750 MHz (dengan kecepatan efektif 7 Gbps). Ditambah dengan teknologi polaris chip dan sistem cooling dual fan, kamu bisa menghemat tenaga listrik dan tetap mempertahankan suhu PC ketika bermain.


BACA JUGA Sennheiser PC 373D: Headphone Gaming dengan Fitur Dolby Surround 7.1


5. Memory: Adata SP550

adata

Via Irrompibles

Hal yang penting, namun sering dilupakan sampai saat-saat terakhir adalah SSD untuk menyimpan game-game berat. Opsi yang cukup bagus adalah Adata SP550.

Memori eksternal ini dilengkapi dengan SMI SM2256 sebagai controller, Samsung DDR3 untuk DRAM, SK Hynix 3-bit per cell untuk NAND Flash serta SATA 6Gb/s untuk interface. Artinya, performanya dalam membaca ataupun menulis data menjadi semakin lancar

Saat ini, Adata SP 550 tersedia dalam kapasitas 120 GB, 240 GB dan 480 GB. Kamu bisa memilih SSD dengan kapasitas 120 GB atau 240 GB sesuai kebutuhanmu.

6. Power Supply: Corsair VS450

power supply

Via Hardware Insights

Karena power supply (PSU) merupakan komponen penting yang melindungi seluruh komponen PC lain dari berbagai gangguan listrik, kamu harus ekstra berhati-hati memilih PSU.

Pilihan yang cukup oke adalah Corsair VS450 yang memiliki daya 450 watt dengan 0.99 Active Power Factor Correction (PFC).

Corsair VS450 cukup untuk mendukung seluruh komponen dalam PC-mu. Dengan tingkat efisiensinya mencapai 80%, kamu nggak perlu khawatir lagi dengan terjadinya gangguan.

7. Casing: Power Logic Armageddon Nanotron T1x

casing

Via Ebiz2u

Memiliki case dengan desain yang keren tentunya menjadi kesenangan pribadi bagi para gamer. Namun, nggak hanya dari segi estetika, case juga harus memiliki sirkulasi udara yang bagus untuk hardware PC-mu. Dalam hal ini, Power Logic Armageddon Nanotron T1x bisa menjadi pilihan yang tepat untuk PC gaming on budget-mu.

Selain harganya yang relatif on-budget, desain panel acrylic di bagian pinggir cukup memukau. Kamu bisa melihat isi komponen-komponen yang sudah kamu rakit sedemikian rupa. Case ini memiliki fitur dasar seperti USB 3.0, USB 2.0, Audio Port, Microphone port, 2.5” SSD Mounting, serta 3.5” Internal Drive Bay.

8. Bonus: Monitor, Keyboard, Mouse

keyboard

Biarpun ketujuh komponen itu udah mendukung banget acara main game saat liburanmu, rasanya nggak lengkap kalau kamu nggak punya monitor, keyboard dan juga mouse yang greget. Untuk monitor, kamu bisa menggunakan AOC i2276Vwm berukuran 21.5” yang memakai panel tipe IPS dengan tampilan hebat dari sudut pandang manapun.

Untuk keyboard, kamu harus menggunakan keyboard mekanik yang bikin nagih. Pastinya keyboard ini juga nggak bikin kamu capek saat gaming seharian. Untuk itu, keyboard keluaran Corsair seri K70 bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu. Nggak hanya teknologi mekanik, keyboard ini juga memiliki teknologi mx speed switch yang bisa membuat kamu main game lebih lancar.

Terakhir, untuk mouse, kamu bisa mencoba Logitech Triathlon M720 yang memudahkanmu bertukar display ketika menggunakan 3 monitor sekaligus. Jadi, mouse ini cocok buat kamu para gamers tingkat tinggi yang nggak puas main game hanya dengan 1 layar!

Mouse wireless ini juga punya baterai yang mampu bertahan hingga 2 tahun! Kamu nggak perlu menambah pengeluaran untuk beli baterai terus menerus.

Dengan menyiapkan seluruh komponen ini, kamu pun siap untuk menyambut liburan penuh petualangan di dunia game.

Jika kamu coba menghitung, kombinasi spesifikasi di atas cukup worth it dengan harganya. Apalagi jika dibandingkan dengan PC Gaming di luar sana. Kamu juga bisa mendapat kebanggaan tersendiri setelah selesai merakit.

Selamat mencoba, gamers!

Jarvis

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.
Jarvis

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY