Keahlian dan stamina fisik merupakan hal penting bagi seorang atlet. Meskipun begitu, ada rahasia lain di balik kesuksesan seorang atlet, lho. Ingin tahu rahasia-rahasia mentalitas para atlet profesional? Simak ulasannya berikut ini.

1. Memiliki kendali emosi

Memiliki kendala emosi

Menurut Mark Jones, dalam jurnalnya Controlling Emotions in Sports, emosi memiliki peran spesial dalam performa seorang atlet. Dari segi fisiologi (raga), atlet yang bersemangat dan emosinya menggebu-gebu memang memiliki kekuatan otot lebih besar. Namun, hal tersebut juga mengurangi kemampuan koordinasi.

Tergantung jenis olahraga yang ditekuni, atlet senantiasa selalu perlu mempertahankan fluktuasi emosinya. Apalagi ketika lomba, dengan tekanan yang berat, hal tersebut semakin sulit dilakukan.

Bila emosi yang terlalu positif tidak baik, emosi yang negatif juga bukanlah hal bagus. Emosi negatif yang identik dengan stress, kecemasan, ataupun pesimisme juga menurunkan performa atlet.

Maka dari itu, seorang atlet sukses adalah orang-orang yang kapan untuk bersemangat, kapan untuk santai, dan kapan untuk mengerahkan semua energinya sekaligus.

Beberapa trik yang digunakan atlet profesional untuk membantu mereka meregulasi emosi adalah latihan relaksasi otot, kontrol pernapasan, dan membayangkan strategi di kepala.

2. Menentukan dan mendedikasi diri terhadap goals yang jelas

Mendedikasikan diri

Dick Hannula – pelatih tim renang nasional Amerika Serikat dalam lima kesempatan – menyatakan, “Pelatih harus memiliki goals. Tim harus memiliki goals. Setiap individu harus memiliki goals. Goals menjaga setiap orang untuk tetap mengejar target. Goals meletakkan seseorang dalam suatu komitmen untuk terus berjuang.”

Salah satu kunci kesuksesan atlet profesional adalah memiliki goals atau tujuan yang ingin dicapai. Meskipun terdengar sederhana, tetapi penetapan goals ternyata memiliki kegunaan yang cukup mendalam.

Edwin Locke dari Universitas Maryland dan Gary Lathan dari Universitas Washington menjabarkan manfaat-manfaat utama dalam penerapan goals.

Menurut mereka, memiliki goals melatih daya tahan seorang atlet. Memiliki tujuan yang bisa ‘dikejar’ dapat memberikan dorongan dan tuntutan untuk berusaha lebih keras lagi dan lagi.

Goals memberikan kesempatan bagi atlet untuk selalu berpikir dan mengembangkan strategi terbaik untuk mencapai tujuan. Hal ini tentu membutuhkan umpan balik (feedback) dari rekan atlet dan pelatih, agar ia tahu di mana letak kekurangannya.

Dari segi aplikasi, goals yang diterapkan harus spesifik, menantang (tetapi masih masuk akal), dan tentunya diterima oleh si atlet sendiri.

3. Manfaatkan kekuatan imagery

Memanfaatkan kekuatan imaginary

Dalam jurnal ilmiah The Influence of an Imagery Workshop on Athletes’ Use of Imagery, dijelaskan bahwa imagery merupakan salah satu strategi mental yang paling banyak digunakan atlet.

Buat kamu yang belum tahu, imagery merupakan pengalaman mental yang bersifat perseptif, tanpa adanya stimulus nyata. Sederhananya, imagery adalah membayangkan sesuatu di dalam pikiran. Hal yang dibayangkan bisa saja berupa visual, kinestetik (gerakan/aktivitas), auditori, ataupun penciuman.

Satu fakta yang ditemukan dalam studi psikologi di tahun 2002 adalah dibandingkan dengan atlet amatir, imagery lebih banyak dilakukan oleh atlet yang lebih profesional. Sebelum pertandingan, atlet yang sukses biasa menggunakan imagery dan membayangkan strategi atau tindakan yang akan diambil dalam pertandingan. Hal ini membantu mereka mengeluarkan performa terbaik selama pertandingan.

Dari segi motivasi, atlet dapat menggunakan imagery dan membayangkan dirinya mencapai goals yang sudah ditetapkan. Misalnya, seorang pelari membayangkan dirinya melewati garis finish dengan posisi pertama.

Penelitian psikologi oleh Callow & Hardy membuktikan bahwa penggunaan imagery di kalangan atlet memiliki dampak positif, seperti mendorong motivasi, meningkatkan rasa percaya diri, membantu regulasi emosi, dan pengendalian rasa gelisah.

Bila kamu senang berkompetisi dalam olahraga, baik sebatas kompetisi antar teman ataupun profesional, tiga rahasia di atas dapat membantumu mencapai performa maksimal.

Selain itu, jangan lupa untuk tampil dengan perlengkapan yang sesuai kalau kamu tengah bertanding.  Tunggu apa lagi? Segera serbu dan persiapkan dirimu untuk kompetisi.

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY