Qurban Progresif, Berqurban Bisa Lebih Hemat

sumber: pixabay.com

Berqurban sudah menjadi kewajiban bagi umat muslim yang telah mampu secara finansial. Qurban berasal dari kata qaribayaqrabuqurbanan, yang memiliki arti “mendekatkan”, atau “dekat”. Kata tersebut memang cocok banget dengan tujuan dari ritual qurban itu sendiri, yaitu mendekatkan diri manusia dengan Sang Pencipta. Lebih dari sekadar ritual, menyembelih hewan qurban juga punya makna sosial, lho. Di agama Islam, qurban berwujud hewan ternak, seperti sapi atau kambing yang disembelih dan dibagikan kepada masyarakat miskin yang membutuhkan. Biasanya, ritual menyembelih hewan ternak itu dilaksanakan satu kali dalam setahun, yaitu saat Idul Adha. Selain itu, penyembelihan hewan qurban juga biasa dilakukan di Hari Tasyrik, yaitu pada tanggal 10, 11, 12, dan 13 Dzulhijjah dalam kalender hijriyah.

Baca Juga: Syarat Hewan Qurban yang Boleh Disembelih saat Idul Adha

Nah, sekarang kamu nggak perlu nunggu terlalu lama buat menyumbangkan hewan qurban. Dengan adanya qurban progresif, Blibli Friends bisa memesan hewan qurban dari para peternak lokal di desa-desa terpencil untuk disumbangkan ke mereka yang membutuhkan. Nantinya, pihak panitia yang bakal menyembelih hewan qurban itu saat Hari Raya Idul Adha. Mereka juga bakal membantu mendistribusikan daging hewan tersebut ke masyarakat yang kekurangan.

Dibandingkan qurban biasa, qurban progresif menawarkan harga yang lebih hemat. Kenapa demikian? Kamu membeli hewan qurban lebih awal, sehingga pada saat itu permintaan hewan qurban belum tinggi dan otomatis harga hewan belum melambung tinggi. Ingin ikutan qurban progresif? Ini dia caranya.

_________________________________

  1. Ketahui Syarat dan Ketentuannya

Buat kamu yang ingin mengikuti program Qurban progresif, tentunya ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipahami. Syarat yang pertama, bersedia menyerahkan kepada organisasi terkait kawasan prioritas untuk distribusi daging qurban dan jenis daging yang sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan yang ada di lapangan. Misalnya, pihak terkait boleh saja mengkonversi satu ekor kambing jadi 1/7 daging sapi kalau memang dibutuhkan.

Yang kedua, Blibli Friends hanya bisa membeli sapi atau kambing via daring lewat program Qurban progresif ini. Nantinya, proses penyembelihan dan distribusi daging ternak tersebut tetap saja bakal dilakukan saat Hari Raya Idul Adha dan Hari Tasyrik.

  1. Jangan Lupa Isi Formulir

Buat kamu yang berminat buat jadi donatur qurban di program Qurban progresif ini, jangan lupa isi formulir yang diperlukan selengkap-lengkapnya supaya hewan qurban kamu mudah diberi tanda. Selain itu, data kamu juga digunakan untuk keperluan laporan pasca qurban dilaksanakan, Blibli Friends.

_________________________________

So, tertarik buat ikut qurban progresif? Kamu bisa ikutan program qurban ini lewat Blibli, lho. Blibli Friends bisa pilih program qurban progresif dari berbagai badan amil yang tersedia. Pilihan pembayaran yang beragam juga akan menjamin kenyamanan kamu dalam bertransaksi nih. Proses pembayarannya juga cepat dan terjamin banget, kok. Jadi, kamu nggak perlu khawatir untuk beramal baik bareng Blibli ya!

qurban progresif

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY