Buat kamu yang nge-kos, pasti bisa merasakan kebebasan untuk melakukan dan mengatur tempat tinggalmu sesuai keinginan sendiri.

Namun, yang namanya bebas, pasti punya limitasi. Terkadang, sangat sulit sekali mengatur kamar sedemikian rupa untuk menjadi kamar idealmu.

Ada saja permasalahan ini itu, dari ruang yang terlalu sempit, sampai perabotan ideal yang terlalu mahal, jarang ada, atau mudah rusak.

Berikut merupakan beberapa permasalahan umum yang sering dirasakan oleh anak kos. Kalau kamu pernah bertemu dengan problem-problem seperti ini, silahkan say hello kepada solusinya!

1. Nggak cukup gede kamarnyakamarPermasalahan utama yang menjadi ibu dari segala permasalahan adalah sempitnya ruang pribadi kamu. Kamu sudah memiliki rancangan ideal untuk menata ruanganmu, tapi luasnya nggak memungkinkan.

Untuk permasalahan ini, solusinya mungkin agak sulit. Kamu bisa memilih mencari kos yang lebih besar (namun mungkin lebih mahal), atau kamu harus kompromi dengan perabotan yang kamu gunakan (ya, harus yang kecil juga). Terakhir, mungkin kamu harus selalu aktif dan inisiatif melakukan tindakan pencegahan terhadap ha-hal berikut:

2. Sepatu terlalu banyak dan berantakan?sepatu

Punya koleksi sepatu pribadi dan biasa ganti sepatu pergi setiap harinya? Kalau iya kemungkinan besar kamu sudah familiar dengan dilema ini.

Kamu mungkin pernah mencoba untuk menyimpan sepatu-sepatumu di bagian kolong kasur, tapi sebentar saja sepatumu malah berubah jadi penangkap debu.

Kamu bisa menaruh sepatumu di lorong kos, tapi keamanan sepatumu nggak terjamin. Selain itu, ada juga kos-kosan yang melarang penghuninya untuk meninggalkan benda di lorong.

Balik lagi ke square one, kamu harus menyimpan sepatu-sepatumu di dalam kamar. Tentu saja solusi paling masuk akal adalah dengan membeli rak sepatu.

Jelas bukan rak sepatu plastik yang biasa ditaruh di depan rumah. Meskipun kelihatannya lebih ramah ruangan alias nggak makan tempat, kegunaan rak sepatu macam itu malah membuatnya boros tempat.

Akan lebih menguntungkan kalau kamu menggunakan rak sepatu kayu yang solid. Selain terlihat lebih rapih, kamu dapat menggunakan bagian atas rak sepatu ini untuk menaruh objek lain. Contohnya seperti sebuah lemari!

Kenapa kamu perlu lemari lagi? Coba lihat dilema berikutnya.

3. Barang-barang kecil semakin menumpuk?barang2-kecilKalau kamu mahasiswa yang nge-kos, pasti ada beberapa hal di bawah yang kamu alami.

Pernah diwajibkan sama dosen buat beli textbook kuliah? Nggak boleh masuk kelas kalau nggak bawa textbook?

Nggak punya textbook ataupun catatan dan terpaksa fotocopy catatan teman buat persiapan ujian? Balik-balik dari kelas bawa fotocopy-an tugas dari dosen?

Simpan brosur-brosur tempat makan dan nomor delivery-nya? Punya tumpukan buku dan kertas-kertas yang berserakan di pojok kamar kos?

Sudah saatnya kamu merapihkan kamarmu. Selain nggak enak dilihat tamu atau bahkan orangtua, barang yang berserakan seperti itu juga bikin kamar kosmu jadi sumpek.

Oleh karena itu, selain dari lemari baju yang biasanya disediakan pihak management kos, kamu juga perlu lemari ekstra.

Kamu bisa menggunakan rak baris pertama dari lemari untuk buku-buku textbook, rak kedua untuk berbagai fotocopy-an dan kertas-kertas lainnya. Terakhir, kamu masih punya rak baris ketiga untuk benda lain-lain.

Kalau masih nggak cukup, manfaatkan dinding yang kosong, bangun rak buku kecil di dinding untuk menambah tempat menaruh barang.


BACA JUGAΒ Mau Belanja Hemat? Ikutilah 7 Trik Ampuh Ini Supaya Dompetmu Nggak Kosong


4. Makan di kos nggak optimal?makan

Nggak suka makan di warung yang panas dan ramai? Lebih suka bungkus makanan dan makan di kamar kos yang ber-AC?

Makan di kos memang rasanya lebih private. Selain nggak perlu menghadapi kebisingan publik, kamu juga bisa makan sambil dengerin lagu, nonton Youtube, ataupun lihat berita di TV.

Sayangnya, nggak semua meja kos dirancang untuk aktivitas makan.Kalau kamu dapat meja kos yang kecil dan cepat penuh dengan berbagai barang, makan di meja tersebut bisa berujung bencana.

Mungkin dari awal sudah penuh dengan laptop, monitor, speaker, keyboard, atau bahkan pajangan lainnya. Kalau nggak kesenggol sesuatu pas makan, selalu ada kemungkinan makananmu yang kesenggol dan jatuh. Jadi nggak enjoy makanannya.

Salah satu solusi yang bisa kamu coba adalah mencari meja lipat. Dengan meja ini, kamu bisa makan dengan santai di kasur ataupun lantai kos. Takut makan tempat? Kalau nggak lagi dipakai kan tinggal dilipat aja dan selipin di sisi kamar. Praktis.

5. Yakin mau tidur begitu saja?tidurKetika kamu ngekos untuk pertama kalinya, pernah nggak kepikir kalau kamu bakal tidur di ranjang bekas? Entah sudah berapa banyak orang yang tidur dan menggunakan ranjang tersebut.

Parahnya, nggak semua penghuni kos sebelumnya merupakan orang yang higienis. Solusinya, kamu bisa mencari kasur baru, bed cover, ataupun sprei yang baru. Selain itu, nggak ada salahnya kamu beli bantal tambahan biar tidurmu makin nikmat.

Kamu juga harus mengecek barang-barang lain yang disediakan. Apakah masih layak pakai? Apakah kamu butuh membeli yang baru? Kalau jawaban kamu iya, maka kamu akan dihadapkan kepada dilema paling menakutkan.

6. Harga perabotan yang mahal

mahal

Inisiatif perubahan memang mudah terpikirkan. Namun, dalam prakteknya mungkin sangat sulit dijalankan.Β  Faktor utamanya dikarenakan kamu adalah anak kos yang hidup dengan uang pakai yang pas-pasan.

Ketemu meja bagus di toko, tapi mahal nya minta ampun. Dapat kursi cantik online, tapi mahal juga. Beli dari teman (bekas pakai), tapi cepat rusak. Masa sih, mau beli meja bagus aja harus menabung berbulan-bulan dulu. Apakah nggak ada solusi yang lebih praktis?

Jangan putus asa dulu! Solusi untuk semua permasalahan di atas ada di depan mata kamu loh! Blibli.com sedang melakukan promosi besar-besaran untuk berbagai perabotan dan perlengkapan rumah dengan harga di bawah 200.000 Rupiah!

Yep, memang terjangkau banget! Kamu nggak perlu lagi bingung dan kompromi sana-sini untuk menata ruang tidurmu agar rapi dan sesuai harapan. Praktis, terjangkau, dan kualitasnya pasti terjamin lagi! Tunggu apa lagi? Ayo di serbu!

Nadine

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.
Nadine

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY