me

Profil Oscar Lawalata, Desainer Indonesia Penuh Prestasi

May 10, 2024.By Nadine
Bagikan

jpnn.com
Oscar Lawalata atau Asha, Desainer transpuan yang punya segudang prestasi!

Promo Blythe Professional & Confident

Baru-baru ini, media sosial diramaikan dengan pengakuan yang menggemparkan dari desainer terkenal, Oscar Lawalata, ketika ia diundang sebagai tamu dalam acara Andy F. Noya. Pengakuan ini memperoleh perhatian luas dari masyarakat karena mengungkap sebuah fakta yang mengejutkan bahwa Oscar telah menjalani operasi ganti kelamin dan kini identitasnya sebagai perempuan.

Mau tau lebih banyak tentang Oscar Lawalata, ceritanya menjadi transpuan, dan perjalanan karirnya yang cemerlang sebagai desainer? Simak artikel di bawah ini sampai selesai!

Baca  juga:


Tentang Oscar Lawalata

 Tentang Oscar Lawalata
Cintipseleb.com

Oscar, yang kini dikenal sebagai Asha, telah mengambil langkah besar dengan mengubah namanya menjadi Asha Smara Darra. Pengambilan keputusan ini bukanlah proses yang mudah, melainkan hasil dari perjalanan yang panjang dan penuh tantangan dalam menemukan identitasnya sebagai seorang perempuan transgender.

Perjalanan Asha menuju identitasnya yang sekarang dimulai sejak usia dini, di mana ia merasa nggak nyaman dengan tubuhnya. Bahkan saat masih remaja, Asha telah mencurahkan perasaannya kepada ibunya, Reggy Lawalata, yang dengan pikiran terbuka menerima kondisi anaknya dan berusaha memahami apa yang dirasakannya.

Namun, keputusan Asha untuk menjadi seorang perempuan nggak diambil secara gegabah. Sebelumnya, ia telah menjalani serangkaian tes hormon untuk menstabilkan kesehatannya. Melalui proses ini, Asha semakin yakin bahwa identitas sejatinya adalah seorang wanita. Selain itu, konsultasi dengan psikiater juga menjadi bagian penting dalam memetakan langkah-langkah selanjutnya.

Pada usia 40 tahun, Asha memutuskan untuk mengambil langkah besar dengan menjalani operasi pergantian kelamin di Thailand pada tahun 2021. Meskipun proses pemulihan membutuhkan waktu sekitar satu tahun, Asha merasa bahagia dengan keputusannya dan mendapatkan dukungan penuh dari keluarganya, termasuk ibu dan saudara perempuannya.

Profil Oscar Lawalata

Profil Oscar Lawalata
era.id
  • Nama Lahir : Oscar Septiaus Lawalata
  • Nama Sekarang : Asha Smara Darra
  • Tanggal Lahir : 1 September 1977
  • Orang Tua : Reggy Lawalata dan Alexander Polii
  • Adik : Mario Lawalata
  • Pekerjaan : Desainer

Oscar adalah seorang mahasiswa di sekolah mode di Jakarta, Esmod. Meskipun program tersebut membutuhkan waktu 3 tahun, dia berhenti dan menyelesaikan hanya separuh dari studinya selama krisis moneter pada tahun 1998. Karena ia memiliki uang sisa yang seharusnya digunakan untuk sekolahnya, ia membuka butik sendiri bersama mitranya, Novie.

Kini, setelah resmi menjadi wanita, Oscar atau Asha merasa lebih dekat dengan dirinya sendiri dan menemukan kebahagiaan yang sejati. Selain itu, hubungannya dengan pacarnya pun semakin erat. Semua identitasnya telah diubah secara administratif melalui proses pengadilan, menandai awal dari babak baru dalam hidupnya sebagai Asha Smara Darra.

Perjalanan Karir Oscar Lawalata

Perjalanan Karir Oscar Lawalata
wowkeren.com

Oscar Lawalata yang kini sudah berganti nama jadi Asha Smara Darra adalah desainer ternama tanah air yang sudah menyukai fashion sejak kecil. Meskipun nggak menyelesaikan pendidikannya, Oscar Lawalata nggak menyerah pada mimpinya. Dia memilih untuk membuka butik di rumahnya, mengasah keterampilan menjahit dan merancang pola. 

Langkah pertamanya dalam industri mode dimulai ketika penyanyi senior Titi DJ menjadi pelanggan pertamanya yang mengenakan rancangan busananya. Dengan ketekunan dan dedikasinya, karier Oscar, atau yang kini dikenal sebagai Asha, terus meroket dan meraih ketenaran yang meluas dari Indonesia hingga ke Asia. 

Pada tahun 1999, prestasinya terbukti ketika ia memenangkan dua penghargaan dalam kontes Desainer Mode Muda Asia. Kiprahnya sebagai desainer nggak hanya memberikan kontribusi pada dunia mode, tetapi juga memperkenalkan batik dan kebudayaan Indonesia ke kancah mode dunia. 

Puncak pengakuan internasionalnya terjadi pada tahun 2009, ketika ia meraih penghargaan sebagai Pengusaha Kreatif Muda Internasional dalam acara yang diadakan di London, Inggris. Selain menjadi perancang busana, Oscar Lawalata juga mengeksplorasi dunia akting seperti adiknya. Dia debut dalam film pada tahun 2005 dengan peran sebagai Arief dalam film “Banyu Biru”.

Prestasi Oscar Lawalata

Prestasi Oscar Lawalata
wowkeren.com

Saat ini, Asha tetap aktif sebagai desainer busana. Selain itu, bersama dengan ibu dan adiknya, dia juga mengelola kanal YouTube bernama The Lawalatas, di mana mereka berbagi berbagai konten menarik tentang kehidupan dan karya mereka. Selama perjalanan karirnya, Oscar sudah menerima banyak prestasi seperti di bawah ini:

Nominasi Pemeran Utama Perempuan Terbaik Piala Citra FFI 2023

Asha Smara Darra, yang sebelumnya dikenal dengan nama Oscar Lawalata, mendapat pengakuan yang luar biasa dengan masuk dalam nominasi Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2023. Kehadirannya dalam kategori Pemeran Utama Perempuan Terbaik menimbulkan beragam tanggapan dari masyarakat dan para pengamat film.

Kehadiran Asha Smara Darra di dalam daftar nominasi ini telah memicu berbagai pro kontra dan perdebatan yang sengit. Namun, keputusan ini telah disetujui dan diumumkan oleh pihak FFI 2023 setelah melalui kurasi dari Akademi Citra, yang merupakan otoritas terkait di industri perfilman Indonesia.

Dalam pengumumannya, pihak FFI menjelaskan bahwa Asha Smara Darra masuk dalam nominasi setelah namanya menerima dukungan yang signifikan dari anggota akademi. Ini menunjukkan bahwa kualitas dan kontribusi aktingnya telah diakui oleh para profesional di industri film Indonesia.

Pemecah Rekor MURI

Baru-baru ini, desainer yang kini dikenal sebagai Asha Smara Darra ini berhasil mencatatkan namanya dalam sejarah dengan memecahkan rekor MURI. Prestasinya ini terjadi melalui Pameran Kain Nusantara Terbanyak di Museum Nasional yang berlangsung selama satu bulan penuh. Sebanyak 220 kain nusantara dipamerkan dalam acara tersebut.

Lebih dari sekadar sebuah pameran, Asha menjadikan acara ini sebagai festival AKU & KAIN, sebuah gerakan yang merayakan keberagaman budaya untuk memperkokoh rasa nasionalisme dan mengangkat keindahan dari nilai-nilai pluralisme. 

Inisiatif ini nggak hanya memecahkan rekor, tetapi juga memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk lebih mengenal dan mengapresiasi kekayaan budaya Indonesia melalui ragam kain tradisional dari berbagai daerah.

Meraih International Young Creative Entrepreneur (IYCY)

Oscar Lawalata telah menorehkan prestasi gemilang dengan meraih penghargaan International Young Creative Entrepreneur (IYCY) yang diselenggarakan oleh British Council pada tahun 2009. 

Keberhasilannya ini nggak hanya memperoleh pengakuan internasional, tetapi juga dihargai dengan hadiah uang sebesar 7.500 Poundsterling. Prestasi ini menandai pengakuan atas bakat dan dedikasi Oscar dalam bidang kreativitas dan kewirausahaan.

Merancang Batik Atlet Bulu Tangkis

Selain itu, Oscar juga dipercaya untuk merancang batik khusus untuk para atlet bulu tangkis pada acara makan malam Djarum Indonesia Terbuka Super Series 2011. Keterlibatannya dalam acara ini menunjukkan kepercayaan dan apresiasi terhadap karya desainnya, serta memberikan kontribusi dalam memperkuat identitas budaya Indonesia di kancah olahraga internasional.


Baca  juga:

Itu tadi profil lengkap desainer Oscar Lawalata atau Asha Smara Darra. Kalau kamu mau membeli koleksi pakaian hasil karya Asha, kamu bisa ke Blibli. Ia menjual banyak karya desainnya di berbagai toko termasuk di Blibli, mulai dari baju batik, busana muslimah, dan fashion muslim lainnya dengan desain unik dan menarik!