Deretan Produk Andalan untuk Meracik Kopi Nikmat di Rumah

Jujur saja, kopi yang baik sangat bergantung pada peralatan. Itulah sebabnya mengapa banyak penikmat umumnya lebih suka pergi ke kafe dengan mesin dan barista profesional, daripada meracik sendiri karena kerap dianggap rumit.

Selain itu, membuat kopi di rumah juga sering diidentikkan dengan menyeduh kopi instan, sehingga jauh dari kesan keren saat menyeruputnya. Bener gak tuh?

Sekarang, udah banyak cara buat cari tau bikin kopi enak sendiri di rumah, mulai dari ngobrol dengan ahlinya di roastery sampai cari-cari info langsung di internet. Tinggal beli perlengkapannya sendiri, cus langsung bikin kopi sendiri! Tapi, kira-kira apa aja ya produk yang harus dimiliki demi kopi enak buatan sendiri?

Berikut adalah tujuh alat racik kopi terbaik yang bisa kamu temukan di Blibli.com.

TEMUKAN BERBAGAI CANGKIR KOPI TERBAIK DI SINI

1. Idealife IL 500 C Digital Coffee Scale

Idealife IL 500 C Digital Coffee Scale Timbangan Kopi
Idealife IL 500 C Digital Coffee Scale Timbangan Kopi

Kopi identik dengan ukuran yang tepat seimbang, sehingga timbangan yang akurat perlu dimiliki untuk menjadi barista profesional di rumah.

Idealife IL 500 C menghadirkan konsep timbangan digital yang memiliki toleransi akurasi 0,1 gram, sehingga memastikan setiap biji atau bubuk kopi yang ditimbang sesuai dengan takaran.

Karena berbentuk digital, timbangan ini memiliki keunggulan dalam hal fleksibelitas, di mana beratnya dapat dikonversi ke gram, kilogram, ons, dan pon. Adapun kapasitas timbang maksimumnya adalah 3 kg.

Adapun secara tampilan, timbangan digital ini hadir dengan layar LED premium berwarna hijau yang cukup besar sebagai penada berat. Sedangkan skala papan timbangnya sendiri berukuran kompak, yakni 12,5 x 12,5 cm, dan terbuat dari material silikon anti slip.

BERBAGAI REKOMENDASI BIJI KOPI NIKMAT BISA KAMU TEMUKAN DI SINI

2. Flextreme CGM-01 Coffee Grinder

Flextreme CGM 01 Coffee Grinder Penggiling Kopi Manual
Flextreme CGM 01 Coffee Grinder Penggiling Kopi Manual

Mendapatkan cita rasa terbaik dari kopi adalah mengolahnya secara langsung dari biji yang telah disangrai (roasted bean).

Menghaluskannya dengan blender mungkin adalah cara yang praktis, namun hal itu konon dapat merusak kenikmatannya, yang disebabkan oleh putaran gerus yang terlalu cepat.

Sebagai solusi, para barista profesional menyarankan alat giling manual untuk menghaluskan biji kopi. Dirancang untuk digunakan secara mobile, penggunaan benda ini sangatlah mudah.

Kamu cukup memasukkan biji kopi yang telag ditimbang sebelumnya, lalu tutup lubang penggilingan sceara rapat, dan kemudian pelan-pelan putar tuasnya untuk menggerus biji sangrainya.

Usahakan menggerus dengan ritme medium yang konsisten, sehingga nantinya didapat hasil bubuk kopi yang masih memiliki tekstur earthy, di mana itulah kenikmatan rasanya dikeluarkan dengan pas.

SERING MINUM KOPI TAPI TIDAK INGIN GIGI KUNING? CEK PRODUK PERAWATANNYA DI SINI

3. Worcas V60 Glass Transparant Pour Over Dripper

Worcas V60 Glass Transparant Pour Over Dripper
Worcas V60 Glass Transparant Pour Over Dripper

Bagi penikmat sejati, atau mereka yang mulai menekuni ilmu perkopian, pasti tidak asing dengan istilah pour over. Ini adalah teknik menyeduh bubuk kopi secara manual menggunakan air panas dengan suhu tertentu dan penyaring khusus berbentuk segitiga.

Produk ini merupakan sepaket yang pas untuk teknik racik tersebut, di mana terdiri dari cangkir gelas yang super bening, papan saring ukuran 02 yang cocok untuk jenis gelas saji pada umumnya, dan tentu saja penyaring berbentuk V dari material polycarbonateyang berstandar food grade, sehingga aman bagi kesehatan.

Bentuk V pada saringan khususnya mampu menahan filter paper dengan kokoh, sehingga hadirkan kualitas saring yang sempurna, tidak mengubah warna, dan mempertahankan dengan baik esensi kopi, meski ampas utamanya tertinggal.

COBA DEH KEUNIKAN CITA RASA BERBAGAI KOPI NUSANTARA DI SINI

4. Bialetti Moka Express

Bialetti Moka Express Limited Edition Coffe Maker
Bialetti Moka Express Limited Edition Coffe Maker

Alat yang tepat untuk meracik kopi nikmat secara praktis, di mana keseluruhan materialnya terbuat dari alumunium alloy yang aman bagi kesehatan.

Susunan alat ini terdiri dari wadah air, saringan khusus, dan teko pada bagian atas, sehingga kamu cukup menempatkan bubuk kopi yang dikehendaki, lalu menambahkan air panas, dan biarkan benda ini menyaring kopi dengan efisien ke dalam cangkir.

Kapasitas racikan kopi yang bisa diolahnya cukup untuk memenuhi dua cangkir. Cara membersihkannya pun mudah, yakni cukup dengan membasuhnya dengan air hangat, dikeringkan dengan lap, dan kemudian disimpan di tempat kering yang sejuk.

Dimensinya yang medium, dengan berat hanya 300 gram, menjadikan alat ini juga cocok dibawa untuk menyeduh kopi di aktivitas luar ruang, seperti ketika berkemah misalnya.

TEMUKAN ANEKA TEKO LISTRIK BERKUALITAS DI SINI

5. Latina Clip Coffee Thermometer Digital

Latina Clip Coffee Thermometer Digital
Latina Clip Coffee Thermometer Digital

Selain takaran berat yang pas, meracik kopi juga memerlukan suhu air panas yang tidak sembarangan. Para barista profesional meyakini bahwa perbedaan suhu air bisa memengaruhi cita rasa dari kopi yang diseduh, di mana disarankan berkisar antara 65 hingga 85 derajat Celsius.

Oleh karenanya, memmiliki termometer adalah suatu keharusan bagi pemula untuk meracik kopi nikmat di rumah. Nah, alat ini adalah solusi tepat untuk kondisi tersebut, di mana hadir dalam bentuk digital, sehingga mudah untuk membacanya.

Kecepatan display menghadirkan ketepatan maksimal dalam mengatur suhu yang diinginan. Uniknya lagi, bagian kepala termometer ini dapat dibelokan hingga 180 derajat, sehingga membaca indikasi semakin mudah dari segala arah.

Jepitan khusus yang disematkan pada termometer ini, membuatnya mudah untuk dijepitkan ke pitcher atau teko saat meracik kopi. Juga, ukuran jarum sensor yang panjang, membuatnya dapat menjangkau beragam jenis toko dan alat racik kopi lainnya.

TAMBAH PENGETAHUANMU TENTANG KOPI MELALUI BUKU INI

6. Aerobie AeroPress

Aerobie AeroPress with Tote Bag Coffee and Espresso Maker
Aerobie AeroPress with Tote Bag Coffee and Espresso Maker

Selain pour over, teknik aeropress juga kian digemari oleh para peracik kopi amatir, karena kemudahannya. Bagaimana tidak? Kamu hanya cukup menunggu bubuk kopi yang dicampur air panas, perlahan melewati saringan yang didorong oleh tekanan, untuk kemudian menyisakan cairan kopi nikmat tanpa ampas.

Produk ini menawarkan solusi aeropress itu dalam satu paket andalan, yang terdiri dari sendok takar yang mudah digunakan, pengaduk dari bahan plastik bergaransi food gradefilter cap dan holder, ruang aeropress dan alat tekannya, serta wadah kain yang ergonomis.

Benda ini dirancang dengan micro-filter yang mampu menyaring cairan kopi dengan sangat intens dan bersih, sehingga mampu menghasilkan cita rasa kopi terbaik. Seluruh rangkaian produknya juga mudah dibersihkan, sehingga cocok digunakan saat berpergian .

TEMUKAN BERBAGAI TERMOS PERJALANAN TERBAIK DI SINI

7. Fiorenza French Press Coffee & Tea Plunger

Fiorenza French Press Coffee Tea Plunger
Fiorenza French Press Coffee Tea Plunger

Prinsipnya kurang lebih sama dengan alat yang disebut di poin sebelumnya. Hanya saja, perbedaannya terletak pada cakupan teknik manualnya yang lebih terasa.

Terbuat dari material alumunium bersertifikat food grade, menjadikan alat ini aman digunakan dalam suhu air panas berkali-kali.

Fungsi penekan pada teko ini bergerak dengan efisien, di mana akan menekan secara perlahan kopi yang telah diseduh, di mana kemudian memisahkan dengan nyata antara cairan kopi kental dan ampasnya.

Dengan kapasitas seduh hingga 600 ml, membuat alat ini cocok untuk menyeduh beberapa cangkir kopi sekaligus dengan kualitas yang tidak perlu diragukan.

CARI GRINDER KOPI BERKUALITAS? CEK SELENGKAPNYA DI SINI

Serangkaian produk berguna di atas dapat kamu temukan secara mudah, dan dengan harga yang bersaing, di Blibli.com. Manfaatkan pula berbagai promo menariknya untuk menjadikan momen belanja online-mu semakin bermakna.

Sementara itu, karena meracik kopi tidak bisa dibilang mudah, maka persiapannya pun harus dipikirkan matang-matang, termasuk dalam memilih biji terbaiknya. Ini dia tips-nya buat memilih biji kopi terbaik!

1. Melihat Jenis Biji Kopi

Racikan tunggal yang spesifik (single origin) semakin dipilih untuk menciptakan espresso kompleks, namun tetap seimbang.

Biji kopi bisa dikatakan single origin jika berasal dari satu lokasi geografis, seperti pertanian atau perkebunan tertentu. Hal ini memungkinkan peminum kopi untuk menghargai nuansa spesifik yang disediakan oleh daerah tumbuh tertentu.

Sebaliknya, racikan campur (blend coffee) juga tidak kalah populer, karena menawarkan kepraktisan dalam menikmati kopi nikmat. Biasanya jenis ini sudah tersedia dalam bentuk bubuk siap seduh, dan terkadang sudah dilengkapi pula dengan tambahan gula dan krimer.

2. Mengetahui Kesegaran Sangrai

Kopi sebenarnya adalah buah, yakni bagian dari kelompok ceri, dan merupakan produk pertanian olahan yang ditumbuhkan dengan cermat. Jadi kondisi segar adalah sebuah keharusan.

Cara sederhana untuk mengetahui kesegarannya adalah dengan mencari tahu tanggal sangrai yang tercetak jelas pada kemasan biji kopi yang dijual di pasaran.

Selamat bikin kopi sendiri di rumah, Friends!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY