me

Produk Elektronik Ramah Lingkungan, Cek Rekomendasinya di Sini!

Aug 18, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.com

Ini dia rekomendasi produk ramah lingkungan, lengkap dengan tujuan dan manfaatnya untuk kehidupan!

Cicilan 0% KAM

Di era kemajuan teknologi saat ini, memungkinkan meningkatnya ketergantungan pada produk elektronik untuk aktivitas sehari-hari. Padahal, produksi dan pembuangan produk elektronik memiliki dampak yang negatif bagi lingkungan, seperti pelepasan bahan kimia berbahaya dan menipisnya sumber daya. Maka, langkah yang paling tepat adalah membeli kebutuhan untuk pilihan berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Produk elektronik berkelanjutan akan memprioritaskan lingkungan dan menawarkan banyak manfaat misalnya seperti mengurangi konsumsi energi, meningkatkan siklus hidup, dan metode pembuangan limbah. Namun, memilih produk elektronik ramah lingkungan nggak semudah itu. Maka, untuk lebih jelasnya kamu bisa simak dulu tujuan, manfaat, hingga rekomendasi produknya di bawah ini!

Baca juga: Pentingnya Asuransi untuk Peralatan Elektronik


Tujuan dan Manfaat Produk Elektronik Ramah Lingkungan

Tujuan dan Manfaat Produk Elektronik Ramah Lingkungan

realtimeappliancerepairs.com

Sebenarnya, apa sih yang dimaksud penggunaan produk elektronik yang ramah lingkungan? Jawabannya cukup sederhana, yakni merupakan cara bijak dalam memilih menggunakan produk elektronik dari bahan yang bisa didaur ulang, hemat energi, serta memiliki pembuangan khusus untuk meminimalisir dampak lingkungan. Artinya, jika kamu menggunakan produk elektronik ramah lingkungan, sama halnya kamu menjaga ekosistem bumi.

Lantas, apa tujuan dan manfaat produk elektronik ramah lingkungan ini? Nah, untuk tujuannya sendiri adalah produk-produk ini akan membantu melindungi lingkungan dan mengurangi dampak limbah elektronik, apalagi perangkat ini menggunakan sumber energi terbarukan dan bahan kemasan yang berkelanjutan, sehingga manfaat yang dirasakan juga sangat banyak, terutama bagi lingkungan.

Ada pun beberapa manfaat utama dari produk elektronik ramah lingkungan, antara lain membantu mengurangi biaya energi dan menghemat sumber daya, menjaga keseimbangan lingkungan karena sebagian besar produk elektronik yang ramah lingkungan cenderung nggak memiliki kandungan bahan kimia beracun dan emisi karbonnya juga cukup rendah sehingga iklim akan tetap terjaga.

Kriteria Produk Elektronik Ramah Lingkungan

Untuk memudahkan dalam pemilihan produk elektronik ramah lingkungan, maka ada beberapa kriteria utama produk yang harus kamu perhatikan. Apa saja itu?

Kemudahan Daur Ulang

Kemudahan Daur Ulang

ecohome.net

Kriteria pertama yaitu adanya kemudahan daur ulang, artinya produk elektronik bisa dikatakan ramah lingkungan jika mereka diproduksi menggunakan bahan yang alami, sehingga limbah elektronik bisa didaur ulang menjadi potongan-potongan kecil yang bisa digunakan kembali menjadi elektronik baru.

Bersertifikat Green Label Indonesia

Bersertifikat Green Label Indonesia

seiv.co.id

Kriteria kedua yaitu produk sudah dilengkapi dengan sertifikat Green Label Indonesia, yang menandakan bahwa produk elektronik tersebut terjamin aman dan memenuhi standar lingkungan yang berkelanjutan.

Bahan-bahan Ramah Lingkungan

Bahan-bahan Ramah Lingkungan

yankodesign.com

Kriteria yang ketiga yaitu produk elektronik harus diproduksi menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan yang bisa terurai dan nggak meninggalkan banyak limbah elektronik supaya nggak mencemari ekosistem.

Efisiensi Energi

Efisiensi Energi

crestaccountants.com.au

Kriteria yang terakhir yaitu adanya efisiensi energi, artinya produk elektronik bisa dikatakan ramah lingkungan jika mereka memiliki efisiensi energi cukup tinggi, sehingga konsumsi daya listrik lebih rendah dan bisa membantu meminimalisir emisi karbon, meminimalkan limbah, dan lainnya.

Contoh Penggunaan Produk Elektronik yang Ramah Lingkungan

Lantas, jenis produk elektronik apa saja yang termasuk ramah lingkungan? Ini dia beberapa contoh produk elektroniknya, di antaranya sebagai berikut.

Pengisi Daya Hijau

Pengisi Daya Hijau

9to5mac.com

Ide elektronik ramah lingkungan di urutan pertama adalah pengisi daya hijau otomatis yang digunakan untuk laptop dan ponsel. Gadget pengisi daya berwarna hijau mulai mengisi daya perangkat saat baterai perangkat hampir habis. Setelah pengisian selesai, pengisi daya akan berhenti secara otomatis. Dengan cara ini, kamu bisa menghemat konsumsi energi secara efisien karena pengisi daya mampu menghemat lebih dari 80%.

Bohlam LED Berbasis Wi-Fi

Bohlam LED Berbasis Wi-Fi

nytimes.com

Contoh selanjutnya yaitu penggunaan Lampu LED yang menggunakan sedikit energi untuk penerangannya. Produk elektronik ini juga memiliki opsi untuk mengubah warna dan kecerahan, yang merupakan fitur tambahan serta poin plus mereka yang menonjol. Selain itu, LED juga bisa terhubung dengan Wi-Fi dengan adanya teknologi IoT (internet of things) dan ini merupakan opsi yang sangat hemat biaya & energi.

Laptop dan Komputer Ramah Lingkungan

Laptop dan Komputer Ramah Lingkungan

leafscore.com

Laptop adalah produk elektronik yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, pilihlah laptop atau PC yang ramah lingkungan, sehingga pada saat perangkat ini digunakan, mereka bisa didaur ulang karena konsumsi dayanya lebih sedikit. Laptop ramah lingkungan ini menggunakan biofuel, OLEDS, dan baterai yang mengandung metanol & gas alam, yang membuatnya ramah lingkungan.

Tantangan dalam Penggunaan Produk Elektronik Ramah Lingkungan

Tantangan dalam Penggunaan Produk Elektronik Ramah Lingkungan

staticelectrics.com.au

Meskipun penggunaan produk elektronik berkelanjutan memiliki nilai esensial yang tinggi, tetapi ada beberapa tantangan yang nggak bisa dihindari. Inilah tantangan dalam penggunaan produk elektronik ramah lingkungan, antara lain kurangnya sumber daya keuangan untuk memperoleh peralatan modern dikarenakan harganya lebih mahal, ketersediaan produknya terbatas, dan masih banyak lagi.

Rekomendasi Produk Elektronik Ramah Lingkungan 

Ingin beralih menggunakan produk elektronik ramah lingkungan? Bisa banget dong! Berikut beberapa rekomendasi produknya untukmu!

Philips Seterika Kering Classic

Philips Seterika Kering Classic

blibli.com

Rekomendasi pertama yaitu setrika kering classic dari Philips, yang merupakan home appliances berkualitas dengan harga terjangkau. Dibekali dengan daya 350 Watt, setrika ini tergolong hemat energi dan bisa difungsionalkan untuk membuat pakaian jadi rapi.

Terbuat dari bahan ramah lingkungan dan bobotnya pun ringan, di mana pada alas bagian bawahnya terdapat lapisan keramik anti lengket sehingga baju yang disetrika lebih cepat licin.

Daikin AC Standard

Daikin AC Standard

blibli.com

Rekomendasi kedua yaitu produk AC merek Daikin, yang hanya membutuhkan penggunaan daya 110 sampai 1.330 Watt saja untuk membuat seluruh ruangan lebih sejuk.

Selain hemat energi, penggunaan AC ramah lingkungan ini sangat efisien karena hembusan anginnya kencang berkat adanya teknologi Inverter.

Cosmos Blenz Blender

Cosmos Blenz Blender

blibli.com

Rekomendasi ketiga yaitu Cosmos Blenz Blender, yang merupakan blender serbaguna dengan 4 fungsi sekaligus yang terdiri dari blender bumbu basah, bumbu kering, penyaring, dan chopper.

Menggunakan mesin bertenaga 250 Watt yang super hemat daya, blender ini bisa menghaluskan semuanya hanya dalam hitungan menit saja.

Hannochs Bohlam Lampu LED

Hannochs Bohlam Lampu LED

blibli.com

Rekomendasi produk keempat yaitu Bohlam Lampu LED by Hannochs. Bohlam lampu ini sudah diklaim hemat energi sehingga kamu bisa membiarkannya menyala kapan saja tanpa khawatir tagihan listrik naik.

Dengan harga yang terjangkau, kamu bisa mendapatkan produk ramah lingkungan ini untuk penerangan rumahmu.

Lenovo Laptop IdeaPad 3i

Lenovo Laptop IdeaPad 3i

Rekomendasi terakhir yaitu laptop IdeaPad 3i dari Lenovo. Laptop ini sudah dilengkapi teknologi rapid charge untuk pengisian daya baterai secepat mungkin selama 1 jam sudah terisi 80%.

Menggunakan bahan material polikarbonat sehingga bobitnya lebih ringan. Sementara untuk spesifikasinya sangat gahar dan bisa diandalkan untuk berbagai aktivitas.


Baca juga: 5 Rekomendasi Kulkas Kecil 1 Pintu Terbaik 

Jadi, itulah sedikit ulasan tentang produk elektronik ramah lingkungan beserta beberapa rekomendasi produknya. Jika Blibli Friends ingin memiliki perlatan elektronik berteknologi ramah lingkungan, kamu bisa mendapatkan produknya dengan mudah hanya di Blibli. Dapatkan potongan harga dan layanan pengiriman secara gratis ke seluruh Indonesia. Segera cek Blibli sekarang, karena stok produk terbatas!