Yang namanya putus cinta memang nggak pernah menyenangkan. Apakah kamu tahu kalau rasa sakit yang dialami ketika patah hati bisa berdampak nyata pada kesehatan fisik tubuh?

Bahkan, ada kasus stress patah hati yang berujung pada stroke atau sakit jantung, loh!

Tapi kamu nggak perlu takut. Walaupun berbahaya, patah hati masih bisa disembuhkan dengan cukup mudah.

Salah satunya mendengarkan lagu cinta melankolik, kamu nggak akan merasa sendiri ketika lagu-lagu tersebut kamu hayati.

Buat kamu yang lagi galau cinta, patah hati, atau baru saja putus, berikut adalah kumpulan lagu-lagu yang cocok untuk kamu dengarkan!

  1. “I’m Not The Only One” – Sam Smith

Tahap pertama dari kegalauan khususnya patah hati adalah pencarian alasan. Kamu akan mencari-cari alasan kenapa hubungan kamu nggak berjalan semulus yang kamu impikan. Mungkin kamu mulai berandai-andai kalau kamu bukan orang satu-satunya yang dicintai sang mantan.

Tapi, kalau memang benar hubungan kamu berakhir karena ada orang ketiga, kamu bisa “nyambung” dengan penyanyi Sam Smith. Lagunya yang berjudul “I’m Not The Only One” menceritakan tentang hubungan yang sudah nggak sehat karena perselingkuhan.

Hal yang bikin sedihnya lagi, mantannya pernah berjanji-janji untuk nggak meninggalkan si Sam. Tapi ternyata semuanya hanya janji palsu.

Diduakan memang sangat menyakitkan, tapi lebih menyakitkan lagi kalau mantan masih nggak mau mengaku walaupun sudah tertangkap basah.

2. “Many The Miles” – Sara Bareilles

Selain diduakan, ada lagi alasan yang bikin kamu menduga-duga kenapa hubungan kamu nggak pernah berjalan lancar. Jarak, ya jarak bisa merupakan faktor pemicu utama kenapa hubungan nggak berujung baik.

Hubungan jarak jauh memang nggak selalu kandas, tapi perlu diingat bahwa untuk menjalani hubungan ini dibutuhkan tekad, komitmen, dan rasa sabar yang sangat tinggi. Belum lagi ditambah rasa kangen yang bikin frustrasi.

Pada lagu “Many The Miles” yang dinyanyikan Sara Bareilles, kamu akan merasa bahwa semua aktivitas sehari-harimu serasa berhenti di tempat ketika kamu nggak bersama dengan kekasihmu.

Kamu juga pasti mengalami kebingungan antara memutuskan hubungan atau tetap berusaha tegar. Tenang, kamu nggak sendirian, pelantun lagu ini juga bergumul untuk mempertahankan hubungannya dengan kekasih yang entah pergi ke mana.

3. “Lonely” – 2NE1

Berbeda dari lagu lainnya, lagu ini cocok untuk kamu yang memutuskan untuk mengakhiri sebuah hubungan. Kamu sudah mengetahui dari awal kalau hubungan kamu ini nggak akan bertahan lama, dan kamu sudah mempersiapkan diri untuk putus.

Lagu ini menunjukkan kalau putusnya hubungan nggak harus karena pertengkaran saja. Kamu lebih baik memutuskan hubungan ketimbang menyakiti perasaan mantan karena rasa cinta terhadap mantan sudah hilang.

Walaupun begitu, yang namanya putus memang sedih, terlepas dari perasaan masih cinta atau nggak-nya. Kamu harus meninggalkan seseorang yang pernah mengisi hari-harimu. Tapi ingat, kalau memang sudah nggak ada perasaan apa-apa, lebih baik ikuti saran dari girlband Korea Selatan 2NE1 ini.

4. “Those Obvious Words” – Jung In

Tahap kedua dari patah hati adalah penyangkalan, di tahap ini kamu masih nggak bisa menerima kalau hubungan kamu telah kandas. Memang sih, butuh waktu yang cukup lama untuk tersadarkan oleh realita yang menyakitkan ini.

Kamu bisa meluapkan kebingunganmu dengan mendengarkan lagu asal Korea Selatan lainnya yang dinyanyikan oleh Jung In ini.

Lagu ini menceritakan tentang semua kenangan yang pernah dilalui bersama dengan mantan, baik dari yang indah sampai ke yang buruk. Kamu juga mengingat-ingat masa-masa dimana mantan pernah bilang kalau dia nggak akan memutuskan hubungan kalian.

Pelantun juga menghindari realita menyakitkan dengan cara mengingat kenangan indah bersama mantan dan berpikir bahwa hubungan masih bisa diperbaiki.

5. “Baby When You’re Gone” – Bryan Adams

Setelah tahap kedua, kamu sampai ke tahap ketiga pada perjalanan patah hati kamu. Di tahap ketiga, kamu akan merasakan motivasi untuk memperbaiki diri. Walaupun begitu, motivasi memperbaiki diri ini ditujukan untuk mengambil hati mantan kembali.

Sama seperti penyanyi Bryan Adams di lagunya yang berjudul “Baby When You’re Gone”, Bryan Adams baru menyadari betapa ia masih mencintai mantannya ketika hubungan mereka telah berakhir. Ia juga berusaha untuk merayu hati sang mantan dengan menceritakan kalau hari-harinya merjadi terasa tersiksa tanpa kehadiran sang mantan. Nggak hanya itu saja, semua hal yang ada juga jadi mengingatkannya pada sang mantan.

Mungkin kamu juga mengalami hal yang sama seperti lagu ini, dan kamu berjanji untuk mengubah diri kamu menjadi pacar yang lebih baik atau perhatian demi mantan. Nggak ada salahnya mencoba, tapi ingat hubungan yang sudah rusak akan susah untuk diperbaiki lho.

Kalau kamu penggemar lagu-lagunya Bryan Adams, pasti kamu nggak mau ketinggalan konser pernyanyi bersuara berat ini di Jakarta tahun 2017 awal. Yuk, segera beli tiket konsernya via Blibli.com.

6. “Just Give Me A Reason” – Pink

Melanjutkan ke tahap patah hati keempat, kamu akan mencoba untuk balikkan sama mantan. Kamu akan mencari berbagai alasan untuk kembali menjalani hubungan dengan mantan walaupun terkesan sedikit memaksa.

Lagu yang paling cocok menemani kamu di masa-masa ini adalah “Just Give Me A Reason” dari Pink. Sama seperti kamu, penyanyi lagu ini mencoba mencari 1001 alasan seolah-olah nggak ada orang lain yang bisa jadi pacar seperti dia. Kamu juga menunjukkan diri kamu yang lebih baik dengan harapan si do’i mau diajak balikan.

Kamu juga mulai meyakinkan dirimu bahwa hubungan kamu nggak sehancur itu, dan semua masih bisa diperbaiki. Kamu mungkin berhasil menjalin kembali hubunganmu, tapi belum tentu alasan yang sama nggak akan memecah belah hubungan kamu lagi di masa datang.

7. “Skinny Love” – Bon Iver

Setelah mencoba untuk kembali dengan mantan, kamu akan masuk ke tahap selanjutnya. Di tahap kelima ini kamu akan mulai merasakan amarah, baik terhadap diri kamu sendiri, hubungan, atau terhadap sang mantan.

Kamu bisa mengasosiasikan amarahmu dengan lagu “Skinny Love” yang dinyanyikan oleh Bon Iver. Lagu ini menceritakan tentang rasa frustrasi seseorang yang ingin mempertahankan hubungannya, walaupun sebenarnya ia tahu tidak mungkin.

Dalam lirik lagu, Bon Iver terlihat menyalahkan mantan atas perilakunya. Hal yang umum dilakukan seseorang ketika sedang marah. Apakah kamu juga termasuk mantan yang seperti itu?

8. “Karena Ku Sanggup” – Agnes Monica

Yang namanya patah hati karena cinta, pasti kamu pernah merasa kesal karena nggak diperlakukan seperti yang kamu harapkan. Sama seperti lagu dari Agnes Monica satu ini, yang bercerita tentang kebingungan dan kemarahannya atas apa yang dilakukan sang mantan.

Kamu mulai sadar akan nilai kamu di sebuah hubungan, dan kamu mulai melakukan pembelaan diri. Kamu juga akan sadar kalau kamu bisa hidup tanpa sang mantan kalau kamu benar-benar mau walaupun sebenarnya kamu mungkin masih ingin untuk kembali.

Sama seperti lagu ini, kamu bergumul dengan diri kamu sendiri untuk merelakan hubungan kamu. Ya, karena kamu yakin kamu sanggup!

9. “One Last Cry” – Brian Mcknight

Setelah melewati pergumulan pada tahap sebelumnya, kamu memasuki tahap awal penerimaan. Di tahap ini ada dua kemungkinan kamu bisa menerima nasib, pertama kamu merasa lelah setelah bergumul dan marah-marah.

Kedua, kamu menerima fakta kalau hubunganmu sudah nggak bisa dilanjutkan karena nggak ada jalan lain.

Nggak cuma lagu “Marry Your Daughter” saja yang terkenal. Lagu “One Last Cry” yang dinyanyikan oleh Brian McKnight ini bisa menjadi prinsip hidup kamu, lho. Di lagunya, Brian bertekad menjadikan kegalauannya menjadi yang terakhir kalinya sebelum ia akhirnya menerima kenyataan dan move on.

Kamu sadar kalau kamu nggak bisa terus-terusan bersedih dan memikirkan hal yang sudah lewat. Maka kamu memutuskan untuk melepaskan perasaan apapun yang mengikat kamu dan bersiap-siap untuk menjalani hidup yang baru tanpa sang mantan.

Kabarnya, penyanyi ini juga akan mengadakan konser di Jakarta pada bulan Desember tahun ini lho. Memang sudah tinggal beberapa hari lagi, tapi Blibli.com masih menawarkan tiket konser dengan harga yang bersahabat.

10. “Titanium” – David Guetta

Akhirnya kamu sampai ke tahap terakhir patah hati, setelah memutuskan untuk move on, kamu akhirnya mempunyai harapan baru. Kamu mulai mengarahkan fokus kamu ke hal-hal lain yang penting untuk diri kamu.

Seperti lagu “Titanium” yang menunjukkan bahwa sang penyanyi bisa bangkit dari keadaan-keadaan menyakitkan, dan kamu pun pasti bisa! Lagu ini juga menunjukkan semangat dan kekuatan baru yang didapatkan karena berhasil melewati berbagai cobaan.

Memang benar kata pepatah bahwa sehabis gelap terbitlah terang, semua kejadian pasti ujungnya akan berakhir indah. Kalau kamu sudah sampai ke tahap ini, selamat!

Kamu sudah melewati masa-masa sulit dari patah hati dan sekarang kamu bisa melanjutkan kehidupan kamu dengan hati yang lebih lega. Stay tuned untuk playlist lagu dari Blibli.com ya!

Nadine

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.
Nadine

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY