me

Pertolongan Pertama Pada Kejang Demam 

Dec 01, 2023.By Nadine
Bagikan

biogesic.co.id
Menangani anak yang sedang mengalami kejang demam supaya mendapat penanganan tepat!

GoApotik

Pertolongan Pertama Pada Kejang Demam — Melakukan pertolongan pertama pada kondisi anak yang mengalami kejang demam adalah salah satu langkah yang bisa membantu mengurangi resiko komplikasi. Kejang demam yang umumnya terjadi pada anak-anak adalah sebuah respons tubuh yang mengalami peningkatan perubahan suhu tubuh dengan cepat.

Walaupun kejang pada demam dianggap nggak berbahaya, tetapi dengan pertolongan pertama yang tepat bisa memberikan dampak positif pada kesehatan anak. Maka dari itu, sebagai orang tua, kita harus memahami dan memberikan pertolongan yang tepat agar anak merasa aman. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang pertolongan pertama kejang demam bisa disimak di sini!

Baca juga:


Apa Penyebab Kejang Demam?

Kejang demam yang dialami oleh anak-anak adalah sebuah respons secara cepat saat mengalami demam tinggi. Penyebab terjadinya kejang demam pada anak-anak masih belum sepenuhnya dipahami, namun ada beberapa faktor tertentu yang bisa membuat anak mengalami hal serupa yaitu:

Suhu Tubuh Naik

Pertolongan Pertama Pada Kejang Demam
klikdokter.com

Kejang demam pada anak bisa terjadi jika suhu tubuh anak mengalami kenaikan dengan cepat selama beberapa jam. Hal ini membuat anak-anak mengalami kejang demam secara mendadak dan membutuhkan pertolongan dengan tepat.

Infeksi 

Pertolongan Pertama Pada Kejang Demam
orami.co.id

Kejang demam pada anak bisa saja terjadi saat anak-anak mengalami infeksi. Apalagi jika anak-anak mempunyai infeksi saluran pernapasan yang bisa memicu kejang demam terjadi.

Riwayat Keluarga atau Faktor Genetik

Pertolongan Pertama Pada Kejang Demam
primayahospital.com

Kejang demam yang dialami oleh anak-anak bisa menjadi faktor keturunan atau genetik. Jika anggota keluarga ada yang pernah mengalami demam, anak akan mempunyai resiko mengalami kejang demam cukup tinggi. Kemudian, kejang demam mempunyai keterhubungan dengan genetik keluarga dan bisa membuat anak mengalami kejang demam.

Imunisasi

genbest.id

Ada beberapa jenis vaksin yang dapat membuat anak-anak mengalami demam dan bisa membuat mereka kejang saat suhu tubuhnya menjadi naik cepat. Tetapi, demam pada anak setelah mendapatkan vaksinasi umum terjadi dan nggak bersifat selamanya. Sebagai orang tua, kamu bisa melakukan pertolongan yang tepat saat anak mengalami kejang demam.

Gejala Kejang Demam

honestdocs.id

Kejang demam yang dialami oleh anak-anak berbeda dengan epilepsy. Kejang demam yang terjadi biasanya ditandai dengan kejang saat mengalami demam. Anak-anak yang mengalami kejang akan menghentakkan lengan dan tungkainya secara berulang. Kemudian, matanya mendelik mengarah ke atas, dan bisa sampai mengalami kehilangan kesadaran.

Kejang demam yang dialami oleh anak-anak bisa terjadi selama 2 menit. tetapi, ada kasus kejang demam yang terjadi selama 15 menit. Anak-anak yang sedang mengalami kejang demam bisa langsung sadar setelah kejadian kejangnya mereda. Mereka akan terlihat bingung, lelah, dan menangis. 

Tetapi, kamu nggak perlu khawatir karena kejang demam nggak mengalami secara berulang selama 24 jam. Kejang demam ini bisa disebut dengan kejang demam sederhana. Jika anak-anak mengalami kejang lebih dari 15 menit dan dalam kurun waktu 24 jam kejang berulang, kamu harus membawanya ke rumah sakit segera.

Anak-anak yang pernah kejang demam cukup beresiko mengalami kejang lagi jika anak tersebut masih di usia 15 bulan. Walaupun kejang demam nggak berbahaya, kamu tetap harus membawa anakmu yang mengalami kejang demam ke rumah sakit. Kamu bisa membawa anak ke rumah sakit jika anak mengalami muntah, leher kaku, sesak napas, dan terlihat mengantuk.

Pertolongan Pertama Kejang Demam

Jika kamu mengalami situasi saat anak kejang demam, berikut ini ada beberapa cara pertolongan pertama yang bisa kamu coba:

Menjaga Ketenangan

merdeka.com

Saat anak kamu mengalami kejang demam, usahakan agar dirimu sendiri bisa tetap tenang. Walaupun terlihat menakutkan, di beberapa kasus, kejang demam yang dialami anak-anak bersifat sementara dan nggak membuat anak-anak mengalami trauma.

Menempatkan Anak di Tempat Aman

popmama.com

Ketika anak-anak mengalami kejang demam, kamu perlu memperhatikan tempatnya. Usahakan anakmu diletakkan di area yang luas, datar, dan bebas supaya mereka nggak terbentur atau tertimpa benda lainnya saat mengalami kejang. Selain itu, singkirkan juga benda berbahaya di area sekitarnya.

Meletakkan dalam Posisi Miring

new.yesdok.com

Saat anak kamu mengalami kejang demam, baringkan anakmu pada posisi yang miring supaya ia nggak tersedak muntahan atau air liur.

Jangan Memasukkan Apapun ke Mulut Anak

primayahospital.com

Saat anak mengalami kejang, jangan coba-coba untuk memasukkan apapun ke mulutnya. Termasuk memasukkan obat karena bisa membuat anak tersedak dan mengalami sesak napas.

Waktu Kejang

dokterpost.com

Ketika anak mengalami kejang, kamu perlu mencatat waktu anak sedang kejang. Jika kejang terjadi selama lebih dari 5 menit dan mengalami kejang tanpa kesadaran, kamu harus membawanya ke rumah sakit segera.

Memantau Pernapasan

herminahospitals.com

Saat anak mengalami kejang, kamu juga perlu memantau pernapasannya. Jika anakmu mengalami kesulitan bernapas bahkan berhenti napas setelah kejang berakhir, kamu harus menghubungi dokter atau melakukan tindakan CPR dengan tepat.

Kejang yang terjadi pada anak harus ditangani oleh yang ahli jika masih berlanjut. langkah-langkah tersebut hanya pertolongan pertama dan nggak bisa menarik kesimpulan medis secara menyeluruh. Apabila anakmu mengalami kejang demam pertama dan sebelumnya belum pernah terjadi pada anak, lebih baik kamu menghubungi layanan medis terdekat.

Kejang Demam yang Membutuhkan Penanganan Medis

orami.co.id

Setelah kamu memberikan pertolongan pertama pada anak yang mengalami kejang demam, kamu tetap harus membawa anak ke dokter. Hal ini sangat perlu diperhatikan supaya dokter bisa memeriksa kondisi anak dan mengetahui penyebab terjadinya kejang yang ia alami. Kamu bisa membawa anakmu ke dokter saat mereka mengalami beberapa tanda.

Misalnya saja seperti mengalami kejang selama lebih dari 5 menit, kejang di beberapa bagian area tubuh, sesak napas, wajah biru, dan kejang berulang selama 24 jam. Ketika anak mulai kejang, anak bisa mendapatkan perawatan obat khusus yang diberikan oleh dokter. Walaupun kejang pada anak terlihat nggak berbahaya, tetapi kamu harus segera membawanya ke dokter.

Anak yang pernah kejang demam nggak membuat mereka mengalami penurunan kemampuan dalam belajar atau terjadi gangguan mental. Tetapi, kamu harus tetap waspada karena di beberapa kasus kejang bisa menjadi tanda meningitis atau gangguan penyakit lainnya. Apabila anakmu mengalami kondisi kejang darurat, kamu bisa membawanya ke dokter agar mendapatkan penanganan tepat.


Baca juga:

Jika anak sedang mengalami demam, kamu bisa membeli obat demam di GoApotik pada Blibli. Dengan membeli di Blibli kamu bisa menambahkan beragam jenis voucher gratis ongkir dan cashback agar belanjaanmu menjadi lebih menyenangkan. Selain itu, kamu juga bisa meluangkan waktu berhargamu untuk melakukan aktivitas lainnya. 

Tunggu apalagi, buruan beli perlengkapan obat di Blibli, supaya anak-anakmu tetap terjaga kesehatannya. 

Tag: