Masih Ragu Beli Produk Lokal? Simak Dulu 4 Pertimbangan Berikut!

produk lokal

Sekarang produk lokal semakin banyak pilihannya! Nggak hanya dalam bentuk kerajinan, produk lokal kini bisa ditemukan di berbagai aspek kehidupan kita, misalnya aja dalam bentuk tas, pakaian, selimut, alat makan, dan sebagainya. Di balik semakin tingginya produk lokal ini, peran masyarakat yang mendukungnya tentu nggak bisa dilepaskan. Apakah kamu termasuk dalam kategori masyarakat ini, Blibli Friends? Kalau iya, pasti kamu udah punya petimbangan belanja produk lokal sendiri.

Kalau belum, itu artinya kamu belum tahu pertimbangan dalam membeli produk lokal. Tenang aja, nggak perlu bingung! Mas Robbi, dari Kingsmith, bakalan bagi-bagi tips soal pertimbangan-pertimbangan membeli produk lokal. Yuk, cari tahu selengkapnya!

DAPATKAN PRODUK LOKAL TERBAIK HANYA DI KREASIKU!!!

1. Harga yang lebih terjangkau dari produk impor berkualitas sama

produk lokal
Via – Daily Hive

Hal pertama yang harus jadi pertimbangan dari versi Mas Robbi adalah harga. Produk lokal pada umumnya dijual dengan harga yang lebih terjangkau. Dalam konteks ini, produknya berkualitas sama dengan produk impor sejenis, bukan impor yang abal-abal.

Sebagai contoh, Kingsmith yang diproduksi Mas Robbi dijual dengan harga sekitar Rp400.000-an saja. Padahal, produk import merk terkenal dengan kualitas produk yang hampir sama dijual seharga Rp1.500.000-an. Bedanya jauh banget, kan?

PRODUK LOKAL TERBAIK DENGAN HARGA TERJANGKAU ADA DI SINI!!!

2. Daya tahan produk yang lebih awet

produk lokal
Via – Elle Decoration

Sebagian besar produk lokal memiliki daya tahan yang lebih awet. Mas Robbi sendiri mengatakan bahwa untuk produknya, dia menggunakan teknik dan mesin yang sama dengan produk impor sejenis. Akan tetapi, bahan dasar yang dipilih justru lebih bagus dari tas impor kebanyakan. Hal itulah yang membuat daya tahan produk lokal terbilang cukup lama, tas Kingsmith bahkan bisa tahan hingga 2 tahun lebih, lho!

TEMUKAN PRODUK LOKAL YANG AWET DAN TAHAN LAMA DI SINI!!!

3. Terlibat dalam memperluas lapangan kerja

produk lokal
Via – Glimageurl

Menggunakan produk lokal nggak hanya menguntungkan dirimu sendiri, namun juga orang lain. Soalnya, secara nggak langsung, kamu ikut terlibat dalam memperluas lapangan kerja di Indonesia. Dari pengalaman Mas Robbi, yang terlibat bukan hanya produsen dan orang yang ikut dalam produksi produk lokal aja. Melainkan juga operasional, pemasaran, dan ukm lain yang terlibat dalam penjualan. Coba hitung, banyak banget orang yang mendapatkan lapangan kerja dari produk yang kamu gunakan, kan?

CARI PRODUK LOKAL YANG SEDANG KEKINIAN? DI SINI AJA!

4. Rasa bangga terhadap kreasi anak bangsa

produk lokal
Via – Olivia Lazuardy

Terakhir, pertimbangan lain dari Mas Robbi dalam menggunakan produk lokal adalah rasa bangga terhadap karya anak negeri sendiri. Mas Robbi juga menambahkan bahwa ini sudah waktunya masyarakat merasa bangga dengan produk buatan lokal. Soalnya, saat ini kualitas produknya nggak kalah dan bahkan ada yang lebih bagus dari produk impor sejenis. Yang terpenting, produk lokal biasanya dibuat dengan banyak pertimbangan, sesuai dengan selera masyarakat, kondisi cuaca, dan warisan budaya yang ada di Indonesia.

PRODUK LOKAL INI SUDAH DIEKSPOR KE BERBAGAI PENJURU DUNIA, LHO!!!


Nah, itu dia pertimbangan-pertimbangan yang bisa mendorong kamu untuk lebih sering menggunakan produk lokal dari versi Mas Robbi. Jadi, pertimbangan apa yang paling jadi perhatianmu? Apapun itu, semoga hal tersebut bisa terus mendorongmu untuk semakin cinta dengan karya anak negeri, ya.

Kalau mau beli produk lokal tanpa ribet, kamu bisa langsung menemukannya dalam kategori Kreasiku (Koleksi Produk Kreasi Lokal) di Blibli.com. Di Kreasiku, semua produk lokal yang kamu mau bisa ditemukan dengan harga yang terjangkau. Yuk, segera #BlibliSekarang dan temukan produk lokal favoritmu!

DAPATKAN PRODUK LOKAL TERBAIK SEKARANG JUGA!!!

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY