6 Persiapan Travel Untuk Liburan Jangka Panjang yang Bisa Menolong Kamu

Bayangkan kalau kamu kelupaan hal penting selama liburanmu. Wah, pastinya akan menyebalkan banget ya. Oleh karena itu, persiapan travel harus menjadi prioritas kamu selama beberapa hari menjelang hari liburan. Selain busana untuk bergaya, setidaknya ada 6 barang penting persiapan travel yang nggak boleh kamu lupakan!

1. Kelengkapan dokumen

persiapan travel
Via – Hannatravels

Ketika merencanakan liburan, kelengkapan dokumen bagaikan hidup matimu. Ya, satu dokumen yang hilang saja sudah bisa membuat kamu repot banget.

Sebelum kamu liburan panjang di luar negeri, pastikan dulu paspor kamu mempunyai tanggal masa berlaku yang valid yaitu 6 bulan sebelum masa berlaku habis sampai pada tanggal pulang! Jika berpergian ke luar negeri, pastikan juga kamu sudah menerima visa untuk menginap lama di negara tersebut.

Untuk menghindari kehilangan dokumen penting, kamu juga bisa menggunakan dompet paspor yang bisa menyimpan banyak dokumen.

2. Budget lebih, jangan bawa pas-pasan!

persiapan travel
Via – Rent

Persiapan travel yang satu ini juga sangat penting, lho. Selalu bawa uang lebih. Jangan takut khilaf, kontrol dirimu! Daripada kamu kekurangan uang, lebih parah yang mana?

Pastikan kamu sudah menghitung seluruh biaya transportasi, penginapan, serta tiket pesawat atau kereta. Nah, ketika sudah menghitung biaya untuk hal mendasar, barulah kamu perhitungkan lagi biaya yang kira-kira akan kamu keluarkan untuk makanan dan hiburan. Tambah sekitar 20% lagi untuk jaga-jaga! Semua kartu finansial dibawa ya!

3. Tas lipat untuk barang-barang tambahan

persiapan travel
via – Clayton Whites Hotel

Berlibur panjang pasti punya godaannya sendiri deh. Secara logika, ketika kamu berlibur panjang pasti barang atau oleh-oleh yang kamu bawa pulang juga banyak.

Nah, hal ini memang terkesan tidak berbahaya tapi pastikan kamu mempunyai tempat untuk menampung semua barang-barang kamu. Untuk lebih mudah, langsung saja siapkan tas lipat kosong di dalam kopermu ketika kamu berangkat. Dengan begini, kamu nggak perlu susah-susah mengatur isi koper untuk memasukkan barang oleh-oleh.

Oh ya, jangan lupa juga untuk memperhatikan berat barang bawaan kamu ya. Walaupun kamu memesan tiket pesawat dengan tambahan bagasi, akan tetap ada berat maksimum per orangnya!

4. Obat-obatan pribadi

persiapan travel
Via – Weekend Notes

Nah, hal inilah yang umumnya membuat kamu panik dan khawatir. Semua orang pasti mempunyai daya tahan tubuh dan sensitivitas yang berbeda-beda. Begitu pula dengan reaksi tubuh untuk setiap lingkungan baru obat. Usahakan untuk selalu membawa obat-obat andalanmu ketika kamu sedang berlibur.

Obat-obatan sudah menjadi barang yang wajib bawa ketika kamu memikirkan persiapan travel penting.

Kamu juga bisa menghemat banyak biaya jika kamu mempunyai obat-obatanmu sendiri. Kini, nggak perlu takut lagi ketika ada yang sakit. Langsung saja hajar dengan obat-obatan dari tempat asal.

5. Powerbank dan kelengkapan gadget lainnya

persiapan travel
Via – St Christopher’s Inn

Persiapan travel yang satu ini sih memang sepertinya nggak mungkin dilupakan. Apalagi melihat seringnya anak muda yang vlogging ketika liburan.

Namun, nggak ada salahnya mengecek kelengkapan peralatan gadget-mu. Jangan lupa untuk membawa powerbank dikala darurat.

Selain itu, sediakan juga universal travel charger yang lengkap dengan colokan USB. mengapa? Karena tidak semua tempat memiliki ujung colokkan berlubang dua seperti yang umumnya kita gunakan.

6. Terakhir: sandal jepit!!

persiapan travel
Via – Wallpaperpulse

Apapun alasannya dan dimanapun tempat destinasi kamu berlibur, jangan pernah melupakan sandal jepit.

Nggak hanya bisa menolong ketika kaki sedang terluka, tapi sandal jepit bisa menjadi alternatif sepatu ketika cuaca sedang nggak mendukung.

Pastinya, kamu nggak ingin dong sepatu kamu yang kece terkena hujan? Nah, di sinilah peran sandal jepit datang. Apalagi ketika kamu berlibur ke tempat dengan cuaca panas.

Nah, dengan 6 persiapan travel ini, kamu nggak mungkin akan panik lagi! Sudah siap kamu untuk petualangan selanjutnya! Oh ya, untuk kamu yang sedang merencanakan liburan panjang, yuk kunjungi Blibli.com sekarang! Banyak sekali promosi dan pilihan destinasi wisata dengan berbagai penawaran paket yang bersahabat, serta alternatif transportasi yang beragam! Nggak lengkap perencanaanmu tanpa pilihan yang banyak!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY