Tampaknya baru kemarin buah hati hadir di dunia ini. Namun sekejap mata si kecil yang kemaren masih perlu digendong ke mana-mana akhirnya akan segera masuk TK! Selamat ya moms!

Berbeda dengan suasana rumah yang ada bimbingan dari moms, ketika masuk TK, si kecil harus belajar mandiri! Momen transisi ini sangat krusial bagi pertumbuhan si kecil kedepannya.

Karena itu, moms harus mempersiapkan banyak hal dari jauh-jauh hari dengan cermat. Tahan harunya dulu, moms! Yuk, siapkan 7 hal ini sebelum sekolah dimulai!

1. Ajak ia berkenalan dan berteman sebanyak-banyaknya!

ajak-berkenalan

 

Via Parenting With Understanding

Si kecil bakal bertemu dengan banyak teman baru. Namun, akan bermasalah bila ia belum terbiasa dengan orang asing. Mungkin ia akan malu-malu, kebingungan, dan menangis! Proses belajar pun beresiko terhambat.

Nah, sebelum sekolah, moms bisa mengajaknya berkenalan dengan anak-anak lain. Anggap ini sebagai sejenis ‘orientasi’ untuk si kecil. Dari taman bermain, mall, tempat penitipan, dan bahkan TK tempat ia akan bersekolah nantinya!

Ajarkan ia cara berkenalan, berinteraksi, serta berikan ia kebebasan dalam beraktivitas dengan teman-teman barunya. Si kecil pun akan lebih percaya diri ketika masuk TK nantinya!

2. Ajari ia untuk memperkenalkan diri dan menulis namanya

memperkenalkan-diri

Via Shinshu Life

Pada saat hari pertama masuk sekolah nanti, si kecil pasti akan disuruh memperkenalkan diri kepada teman-temannya. Agar si kecil siap berbicara di depan nanti, pastikanlah untuk melatihnya terlebih dahulu.

Mulailah mengajarinya untuk berkata “Halo nama saya Gunawan, umur saya 3 tahun.” Ajari juga untuk cara untuk mengeja namanya. Dengan latihan lebih awal, si kecil akan lebih lancar dan percaya diri nantinya.

Nggak hanya secara verbal, moms juga harus mengajarinya cara untuk menulis namanya terlebih dahulu. Tentunya untuk dapat melakukan hal ini, moms harus:

3. Memperkenalkannya pada huruf, angka serta cara menulis

huruf-dan-angka

Via Learning 4 Kids

Curi start dengan mengenalkan si kecil dengan huruf dan angka. Moms bisa melakukannya dengan menyanyikannya lagu ABC dan juga membuat angka menjadi sebuah lagu yang mudah untuk diingat si kecil.

Moms juga bisa mengajarinya angka dan berhitung dengan menghitung jumlah permen ataupun buah. Moms juga dianjurkan mengajarkan pembentukan kata dan bahkan kalimat!

Untuk menulis, moms bisa mulai menuntun dan menggerakkan tangan si kecil saat menggenggam pensil. Jika dilakukan secara berulang-ulang, si kecil pasti bisa menulis dengan cepat!


BACA JUGA Ayo Lakukan Moms: 5 Tips Membantu Si Kecil Membuat Resolusi Tahun Baru!


4. Ajari si kecil untuk memberi salam kepada guru dan juga teman-temannya

salam-pada-guru-dan-teman

Via Huffington Post

Anak yang baik dan sopan tentunya akan disenangi oleh guru dan teman-temannya di sekolah. Jadi ayo moms mulai ajari dia tata krama sejak dini.

Ajarilah untuk selalu menyapa dan memberi salam kepada orang-orang yang ditemuinya. Beri tahu dia untuk mengucapkan “halo” dan juga “selamat pagi” ketika bertemu dengan teman dan gurunya.

“Maaf”, “Permisi”, dan “Terima kasih” juga nggak boleh dilupakan ya! Ajari ia bertanya juga kepada hal yang nggak ia menegerti! Gurunya pasti akan memuji kalau dia anak yang pintar, terlebih lagi bila moms mengajari si kecil untuk:

5. Menuruti instruksi dari guru

instruksi

Via Success For Kids With Hearing Loss

Saat kegiatan belajar mengajar dan juga bermain, sang guru pasti akan memberi instruksi untuk bermain berkelompok ataupun mengikuti gerakannya saat sedang bernyanyi sambil menari.

Agar si kecil mau mendengarkan dan menuruti instruksi dari guru, moms harus mendidiknya agar ia mau mendengarkan dan menurut kepada moms. Karena itu sejak masih di rumah, moms harus mengajarinya untuk mau mengikuti instruksi dari moms.

6. Ajari ia agar bisa fokus dan duduk diam

fokus-duduk-diam

Via The Mabelhood

Si kecil yang nggak mau diam dan duduk tenang mendengarkan guru berbicara dapat menyulitkan sang guru dan juga teman-temannya. Karena itu moms harus mengajarinya untuk disiplin duduk tenang. Ia juga perlu fokus mendengarkan saat orang lain berbicara.

Janganlah manjakan dia ketika ia nggak mau menurut untuk duduk tenang. Moms harus menegurnya agar ia bisa diam. Tapi jangan terlalu galak ya moms, nanti si kecil malah takut dan trauma.

7. Kenalkan dia dengan perlengkapan sekolahnya

perlengkapan-sekolah

Via PS 79 Queens

Supaya si kecil nggak merasa asing dengan perlengkapan sekolah, moms bisa mengenalkannya terlebih dahulu dengan perlengkapannya! Selain itu, moms juga perlu melatihnya agar menyiapkan perlengkapan tersebut secara mandiri.

Berikanlah ia tas sekolah, buku-buku, kotak pensil beserta isinya. Moms bisa melatihnya menggunakan semenjak di rumah. Pesankan bahwa ia perlu membawa dan menjaga barang-barangnya di sekolah nanti.

Masuk TK merupakan sebuah pengalaman yang sangat baru bagi si kecil. Karena itu moms harus menyiapkannya agar ia nggak kaget saat mulai masuk sekolah nanti.

Dengan mempersiapkan 7 hal tersebut, moms sangat membantu si kecil dalam menghadapi situasi yang asing baginya. Selain membantunya dalam bersosialisasi, hal-hal yang moms lakukan juga membantu proses belajarnya.

Supaya kegiatan di sekolah semakin menyenangkan, jangan lupa berikan ia perlengkapan sekolah yang ia sukai. Ia pasti akan semangat saat menggunakan tas, pensil, dan juga buku favoritnya! Yuk moms, mumpung lagi ada diskon 50% untuk berbagai item loh! Off to a great start!

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY