Bentar Lagi Mudik Lebaran, Harus Siapin Apa, Ya?

Mudik Lebaran menjadi salah satu ciri khas perayaan hari raya Idul Fitri di Indonesia. Bermula dari kebiasaan para perantau di kota besar yang ingin menikmati momen Lebaran di kampung halaman, beberapa hari sebelum Lebaran biasanya menjadi puncak kepadatan arus mudik dari kota besar menuju ke daerah-daerah.

Persiapan mudik juga harus dilakukan dengan matang agar suasana mudik menjadi lebih nyaman dan lancar. Apalagi jika kita harus menghadapi kemacetan panjang di perjalanan. Nah, berikut ini 7 hal yang perlu kamu persiapkan sebelum pergi mudik. Apa saja, sih? Yuk, intip!

1. Tabungan sudah cukup, belum?

Via - The Telegraph

Selain ongkos pergi dan pulang, kamu juga perlu menyiapkan tabungan untuk membawa oleh-oleh buat keluarga tercinta di kampung. Bahkan, kamu juga juga pasti perlu membeli oleh-oleh dari kampung halaman untuk kerabat kamu di kantor atau tetangga di kota rantau ketika kamu pulang, bukan?

Belum lagi, biasanya kalau keluarga di kampung halaman mengajak pergi rekreasi. Jadi, jangan lupa siapkan tabungan dari jauh-jauh hari kalau nggak ingin THR kamu ludes begitu saja di hari raya.

2. Siapkan uang pecahan kecil

Via - SwaraGuNa

Kedatanganmu biasanya nggak hanya dinantikan oleh orang tua atau sanak saudara di rumah. Keponakan-keponakanmu yang masih kecil biasanya akan ikut serta menyambutmu untuk menagih uang Lebaran!

Untuk itu, siapkan uang pecahan kecil dari sekarang, ya! Kalau perlu, kamu juga bisa membeli amplop angpao lucu agar lebih berkesan. Siapa tahu kamu bisa menjadi om atau tante terbaik bagi mereka. Tapi ingat, jangan memberikan uang secara berlebihan, ya! Agar keponakan-keponakana kesayanganmu terhindar hidup boros.

3. Catat daftar barang bawaan

Via - Huffington Post

Urusan packing biasanya menjadi hal yang merepotkan menjelang mudik Lebaran. Agar nggak kerepotan saat packing, lebih baik catat dulu barang apa saja yang akan kamu bawa.

Misalnya pakaian, kue Lebaran, obat-obatan, peralatan mandi, dan perlengkapan lainnya yang akan kamu butuhkan selama ber-Lebaran di kampung halaman. Baju Lebaran juga jangan sampai lupa, ya!

4. Cek jadwal keberangkatan

Via - Aktual.com

Bagi kamu yang akan mudik dengan kendaraan umum seperti kereta api atau pesawat, sebaiknya kamu pesan tiket dari jauh-jauh hari agar nggak kehabisan. Apalagi, sekarang kamu bisa pesan tiket kereta di Blibli.com dengan hanya klik dan swipe dari smartphone kamu.

Tentukan juga jadwal keberangkatan dari jauh-jauh hari agar kamu bisa pesan tiket, ambil cuti, dan juga mempersiapkan hal lainnya.

5. Up-to-date dengan info jalur mudik

Via - BIT Inti Teknologi

Bagi kamu yang akan mudik Lebaran dengan kendaraan roda dua atau empat, sangat penting untuk mengetahui informasi terkini mengenai jalur mudik yang akan kamu lalui. Hal ini bertujuan agar kamu bisa mempersiapkan plan B saat perjalanan jalur tersebut terhambat.

Misalnya jika terjadi perbaikan jalan, kamu bisa memilih jalur lain agar nggak terjebak macet. Jangan lupa untuk gunakan gadget kamu biar tetap up-to-date dengan jalur mudik yang kamu lalui.

6. Cek kondisi kendaraan

Via - mechanic.chicago

Bagi kamu yang akan pergi dengan kendaraan pribadi, jangan lupa cek dulu kondisi kendaraan untuk menghindari hal-hal yang nggak diinginkan di perjalanan. Pastikan kamu melakukan service secara berkala sebelum membawa kendaraan kamu untuk perjalanan jauh.

Sebagai ancang-ancang, bawa juga perlengkapan otomotif darurat seperti ban cadangan, dongkrak, dan perlengkapan lainnya.

Baca juga: Tips Memilih Ban Mobil Berkualitas

7. Perhatikan kondisi keamanan rumah

Via - ECmag

Pastikan kondisi rumah kamu dalam keadaan aman sebelum kamu berangkat! Apalagi jika kamu meninggalkan benda berharga di rumah. Pastikan semua pintu terkunci dan kalau perlu gunakan kunci tambahan di beberapa area seperti pagar atau pintu utama.

Kalau perlu, pasang juga CCTV di beberapa titik penting untuk keamanan maksimal. Perhatikan juga kondisi listrik, kompor gas, dan air. Cukup lampu teras saja yang dinyalakan.

8. Kondisi tubuh yang bugar

Via - Fimela

Semua yang sudah disiapkan tentu akan percuma jika kondisi badan nggak memungkinkan. Oleh karena itu, tetap jaga kesehatan dengan olahraga rutin dan makan makanan sehat selama Ramadhan agar badan tetap fit. Jangan juga jadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan, ya!

Bukan hanya momen untuk berkumpul dengan keluarga, mudik Lebaran juga terkadang menjadi sarana untuk refreshing bersama keluarga tercinta. Jangan sampai momen ini jadi berantakan atau sia-sia hanya karena persiapan yang asal dan sembarangan. Apalagi kalau kamu harus menempuh perjalanan jauh untuk mudik.

Agar pengalaman mudik Lebaran kamu kali ini menyenangkan, aman, dan nyaman, Blibli.com menyediakan beragam perlengkapan yang kamu butuhkan. Mulai dari cemilan untuk di perjalanan, spare part kendaraan, hingga tiket kereta api. Yuk diintip beragam koleksinya dan beli sebelum kehabisan!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY