Destinasi liburan yang wajib kamu datangi selama kamu masih muda dan sanggup berjalan jauh adalah puncak gunung. Nggak hanya karena kamu bisa menikmati indahnya alam, kamu juga bisa menemukan berbagai manfaat dari mendaki gunung!

Tentunya untuk dapat menaklukkan gunung hingga sampai ke puncaknya, kamu harus menyiapkan berbagai peralatan yang sangat penting untuk berekspedisi. Jadi, kamu jangan berangkat dulu sebelum mempersiapkan barang-barang berikut!

1. Sepatu gunung
sepatu-gunung

Use the right shoes and you can conquer the world! Modifikasi dari quotes yang dikemukakan Marilyn Monroe ini wajib kamu tanamkan di pikiran saat ingin mendaki gunung.

Pasalnya, medan jalur yang akan kamu lewati saat mendaki pasti akan sangat beragam dan nggak mungkin rata. Salah melangkah, kamu bisa saja jatuh atau terpeleset.

Karena itu kamu harus memakai sepatu yang tepat untuk menaklukkan gunung. Pakailah sepatu khusus untuk mendaki gunung agar kamu bisa melangkah dengan mantap di setiap medan jalur.

Pastikan juga sepatu tersebut waterproof dan juga nyaman bagi kakimu. Kaki yang nyaman akan membuat pendakianmu terasa lebih menyenangkan!

2. Jaket, sarung tangan, topi kupluk, dan kaos kaki

jaket

Via Lrytas

Selain sepatu, atribut berpakaianmu yang lain juga sangat penting saat mendaki gunung lho! Semakin tinggi kamu mendaki maka suhu udara pun akan semakin dingin, terlebih lagi saat kamu sudah sampai di puncak. Karena itu kamu harus menyiapkan jaket yang bisa menjagamu tetap hangat selalu.

Pastikan jaketmu benar-benar bisa melindungi dari cuaca dingin ya! Jangan sampai karena kecerobohanmu memilih jaket, kamu malah terkena hipotermia saat di atas sana.

Pakai juga topi kupluk agar kepala hingga telingamu tetap hangat. Jangan lupa gunakan sarung tangan serta kaos kaki untuk menjaga kehangatan tangan dan kakimu!

Selain untuk melindungi dari dingin, sarung tangan juga bisa melindungi tangan agar nggak lecet saat memegang ranting pohon. Kaos kaki juga turut membantu menjaga kakimu dari lecet akibat bergesekan dengan sepatu.

Jangan lupa juga untuk membawa pakaian ganti serta sarung tangan dan kaos kaki cadangan ya guys!

3. Backpack khusus untuk mendaki

backpack

Saat mendaki gunung, kamu pasti akan membawa berbagai macam perlengkapan yang umumnya cukup berat. Karena itu kamu harus menggunakan backpack khusus untuk mendaki yang memang sudah dirancang berkapasitas besar agar bisa memuat seluruh perlengkapan dalam daftar ini.

Pastikanlah agar kamu menggunakan backpack yang terbuat dari bahan yang kuat dan berkualitas bagus agar nggak dobol saat di perjalanan. Akan lebih baik bila backpack-mu sudah berbahan waterproof. Jadi kamu nggak perlu khawatir lagi ada barang yang kebasahan.

4. Jas hujan

jas-hujan

Via Andrew Skurka

Tekanan udara yang rendah, suhu yang dingin serta padatnya udara membuat hujan lebih sering turun di daerah pegunungan. Cuaca seperti ini membuat peralatan anti hujan juga menjadi satu hal wajib yang harus kamu persiapkan untuk mendaki.

Kamu bisa menyiapkan jas hujan ponco yang memiliki berbagai fungsi untuk melindungimu dan teman-teman saat hujan. Selain menjaga tubuhmu agar tetap kering, jas hujan ponco juga bisa kamu gunakan untuk mendirikan bivak atau tenda darurat ketika cuaca sedang nggak mendukung. Jadi, kamu nggak perlu repot memasang tenda terlalu lama saat keadaan darurat.

Oh ya, jangan lupa juga untuk memakaikan ‘jas hujan’ untuk backpack kamu jika masih belum waterproof! Dengan begitu perlengkapanmu bisa tetap utuh dan kering.

5. Coklat atau manisan lainnya

cokelat

Via 1zoom

Mendaki gunung hingga ke puncak sangatlah membutuhkan stamina yang kuat dan banyak energi. Jadi kamu harus menyiapkan makanan yang mengandung karbohidrat untuk menjaga staminamu di sepanjang perjalanan.

Biasanya para pendaki gunung akan selalu membawa coklat atau gula aren saat pergi mendaki. Dengan memakan manisan-manisan tersebut, kamu nggak akan merasa lemas dan tetap bisa fokus saat menghadapi medan jalur yang cukup ekstrem.

6. Minum!

minum

Cemilan untuk menjaga stamina memang penting untuk dibawa, akan tetapi hal lain yang jauh lebih penting dan sangat wajib kamu bawa adalah air putih!

Perjalanan yang jauh akan membuat tubuhmu kehilangan banyak cairan. Kalau kamu nggak menyiapkan minuman yang cukup, bisa-bisa kamu malah dehidrasi di tengah perjalanan!

Siapkanlah kira-kira 4 sampai 8 L air minum sesuai dengan jauhnya perjalananmu. Jangan lupa untuk selalu mencari tahu terlebih dahulu apakah terdapat mata air di gunung yang kamu tuju. Jika nggak ada mata air (yang bersih), kamu benar-benar harus menyiapkan banyak air putih untuk dibawa.

7. Tenda, matras, dan sleeping bag

tenda-matras-sleeping-bag

Via Busted Wallet

Bagi kamu yang sudah berencana untuk mendaki gunung selama beberapa hari, kamu harus menyiapkan ketiga perlengkapan ini. Untuk melindungimu dari cuaca dingin saat ingin tidur, kamu harus membangun tenda yang bisa menghalangi angin dingin tersebut.

Siapkan juga matras untuk melapisi bagian alas tenda saat ingin tidur. Kamu juga bisa menggunakan matras sebagai alas saat ingin duduk beristirahat sejenak.

Nah, agar tidurmu lebih nyaman dan benar-benar terlindungi dari angin gunung yang dingin, kamu harus menyiapkan sleeping bag. Carilah sleeping bag yang benar-benar bisa menjaga kehangatanmu.

8. Peralatan memasak sederhana

peralatan-masak

Via Outdoor Herbivore Blog

Satu hal yang nggak boleh ketinggalan saat ingin melakukan pendakian dalam waktu panjang tentunya adalah peralatan memasak. Pendakian bersama teman nggak akan seru kalau kamu nggak makan bersama di atas sana. Lagi pula, kamu nggak mungkin bisa bertahan di gunung jika hanya mengandalkan makan snack saja.

Jadi, siapkanlah kompor portable dan gas kaleng kecil untuk dibawa. Jangan lupa juga membawa nesting untuk memasak makananmu. Jika kamu mau yang lebih praktis, kamu bisa membawa trangia, cooking set praktis yang sudah memiliki kompor kecil di dalamnya.

Oh ya, jangan lupa membawa korek api dan juga peralatan makan ya!

9. Pisau serba guna, tali, plastik, P3K, dan senter

pisau-serbaguna

Via Ingenyooz

Kamu nggak tahu situasi seperti apa yang akan kamu hadapi saat sedang mendaki, jadi kamu harus siap untuk segala keadaan. Bawalah pisau serba guna yang dapat membantumu dalam segala situasi.

Jika ada ingin memotong tali untuk tenda atau memotong-motong bahan makanan, kamu bisa langsung mengerjakannya dengan satu alat.

Jangan lupa bawa tali untuk mendirikan tenda dan juga peralatan keselamatanmu. Siapkan juga plastik untuk menaruh semua barang-barangmu. Jangan meninggalkan sampah di atas sana ya guys!

Bawa juga kotak P3K untuk berjaga-jaga bila ada yang tergores karena ranting ataupun batu. Kamu juga harus membawa obat-obatan pribadi milikmu sendiri. Bawa juga tisu kering dan tisu basah untuk membersihkan tubuhmu.

Nah, yang terpenting untuk dibawa adalah senter atau headlamp. Kamu akan sangat kesulitan untuk mendaki tanpa alat yang satu ini. Pepohonan yang lebat di gunung akan membuat jalanmu gelap dan nggak bisa melihat apa-apa. Jangan lupa bawa baterai cadangan ya!

10. GPS

gps

Meskipun medan jalur di gunung biasanya sudah ada jalur resminya, nggak jarang ada orang yang masih tersesat ketika mendaki gunung. Jalur yang penuh dengan pepohonan mirip dan jalan setapak ambigu memang gampang membuat bingung.

Nah, agar kamu tetap jelas dengan arah jalan pulang, jangan lupa untuk selalu membawa GPS. Jika nggak punya alatnya, kamu bisa memanfaatkan teknologi offline mode dari Google Map yang memperlihatkan lokasimu meski sedang nggak ada jaringan. Selama kamu tahu di mana posisi dan lokasi kamu pasti bisa menemukan jalan.

Untuk berjaga-jaga, kamu juga bisa sedia kompas dan juga peta. Terkadang, menyiapkan barang-barang manual dan tradisional seperti ini justru bisa mengangkatmu dari mara bahaya.

Sebelum pergi menaklukkan gunung, kamu harus menyiapkan 10 hal penting ini terlebih dahulu. Karena di gunung kamu nggak bisa menemukan banyak orang berjualan (yaiyalah), kamu harus benar-benar mempersiapkan semuanya dari rumah.

Selain menyiapkan semua hal ini, jangan lupa untuk merencanakan perjalanan pendakianmu. Buat yang bingung mau ke mana, nggak usah pusing-pusing merencanakan destinasimu. Kamu tinggal belanja dan ikuti promo My Big Wish dari Blibli  yang memberkan kesempatan buatmu untuk #GratisKelilingIndonesia sepanjang tahun! Tunggu apa lagi, yuk cari tahu lebih banyak!

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY